Cara Menghapus File dan Folder Thumbnail

Cara Menghapus Thumbnail Android

Tanpa kita sadari, sejatinya di HP Android itu terdapat banyak file dan folder yang tersimpan dalam jumlah cukup banyak. Utamanya di bagian memori internal.

Kalau jumlahnya sedikit, mungkin tidak masalah. Namun jika banyak dan menumpuk, tentu akan mempengaruhi ke kapasitas memori. Apalagi kalau size-nya besar-besar.

Di antara file dan folder tersebut, ada yang namanya folder thumbnail.

Banyak yang belum tahu apa saja fungsinya. Untuk itu, berikut ini akan saya bahas penjelasannya secara lengkap, serta bagaimana cara menghapus folder thumbnail atau thumbdata tersebut.

Apa Itu Thumbnail?

Thumbnail adalah data preview media (foto dan video) yang tersimpan. Fungsinya agar Android tidak perlu menampilkan file asli dari foto atau video tersebut.

Preview yang dimaksud di sini ialah gambar berukuran kecil yang menggambarkan media secara visual. Misalnya saya punya video. Nah, di galeri, video tersebut terlihat gambar sekilas bukan? Inilah yang dinamakan thumbnail.

Data thumbnail akan secara otomatis muncul ketika file-file media tersimpan. Lebih tepatnya ketika user sedang melihat file-file media tersebut.

Di antara manfaat thumbnail adalah untuk mempercepat proses loading. Bayangkan jika Anda menyimpan banyak data foto dan video di galeri. Butuh berapa lama supaya galeri bisa memuat semuanya?

Sebagai tambahan, coba deh buka Google, lalu cari kata kunci “Apa itu Cache”. File thumbnail kurang lebih sama seperti cache.

Pentingkah Data Thumbnail?

Bisa dibilang file dan folder thumbnail yang tersimpan ini penting tidak penting. Tergantung, balik lagi ke kebutuhan masing-masing.

Contohnya kalau Anda punya ribuan file media, baik itu foto atau video. Tentu data thumbnail akan cukup membantu untuk mempercepat proses akses ketika sedang membuka galeri.

Namun yang bikin jadi agak masalah, ialah karena data thumbnail tersebut kadang punya size yang sangat besar. Bisa mencapai beberapa GB, akibat jumlahnya yang banyak.

Data Thumbnail Besar Android

Lebih dari itu, kadang-kadang bahkan ada juga duplikat, serta mungkin preview-preview dari data galeri tersimpan yang sudah terhapus sebelumnya, di waktu yang lama.

Oleh karenanya, file thumbnail akhirnya semakin menumpuk jumlahnya.

Baca Juga: Cara Menyalakan Senter Flashlight HP Android

Amankah Data Thumbnail Dihapus?

Data thumbnail bisa menjadi sangat besar. Dampaknya, bisa berpengaruh ke memori internal yang menjadi penuh terisi, dan membuat performa sistem melambat secara keseluruhan.

Yang jadi pertanyaan, apakah aman kalau data ini dihapus?

Jawabannya, iya. Data thumbnail bisa dihapus tanpa memberikan efek sama sekali ke sistem. Saya sendiri cukup menyarankannya. Apalagi kalau HP sudah dipakai dalam kurun waktu yang relatif lama.

Dengan catatan, ada sedikit efeknya, ya. Yakni ketika Anda membuka galeri, maka proses loading awal akan jadi melambat (karena harus loading ulang).

Baca Juga: Cara Melihat RAM HP Android – Semua Tipe

Cara Menghapus Data Thumbnail (Thumbdata)

Thumbdata adalah salah satu bagian dari data thumbnail. Intinya sih keduanya sama.

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai langkah-langkah untuk menghapusnya. Mengingat tidak sedikit orang yang membutuhkan informasi ini.

Silakan disimak, ya:

  1. Pertama-tama, buka File Manager di HP Anda.
  2. Aktifkan fitur Berkas Tersembunyi.
  3. Pergi ke DCIM > Thumbnail.
  4. Hapus file-file yang ada di sana.

Detailnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka terlebih dahulu File Manager di HP Anda. Pakai yang bawaan juga cukup, atau kalau mau bisa instal juga dari Google Playstore. Apa saja, asalkan punya fitur untuk menampilkan file yang tersembunyi.

File Manager Cek Thumbnail

Langkah 2: Di File Manager, buka terlebih dahulu Setelan. Kemudian cari dan aktifkan pengaturan Tampilkan Berkas Tersembunyi.

Fitur Tampilkan Data Thumbnail

Langkah 3: Selanjutnya di Memori Internal > Pergi ke DCIM > Thumbnail > Kemudian hapus file-file thumbnail yang diinginkan, atau hapus semuanya.

Hapus Thumbnail Android

Contoh di atas terlihat gambar-gambar thumbnail. Jika file-file tersebut dihapus, maka tidak akan berpengaruh ke file aslinya, karena pada dasarnya keduanya berbeda.

Dengan demikian, semua data thumbnail pun akan terhapus. Memori internal yang penuh bisa jadi lega kembali.

Sebagai tambahan, bisa coba juga untuk menghapus cache Galeri. Agar efek dari penghapusan thumbnail barusan bisa lebih efektif lagi. Langkah-langkahnya begini:

  1. Buka Setelan Android.
  2. Geser ke bawah, kemudian buka menu Aplikasi Terinstal.
  3. Setelah itu, cari dan buka aplikasi Galeri.
  4. Di sana, cari dan ketuk tombol Hapus Data.
  5. Tutup semua jendela yang terbuka.

Kemudian, barulah Anda bisa coba buka Galerinya lagi.

Baca Juga: Cara Mengunci Galeri di HP Android dengan Pola

Akhir Kata

Cara menghapus file dan folder thumbnail itu ternyata mudah banget! Bahkan kita bisa melakukannya langsung melalui File Manager saja, tanpa perlu bantuan aplikasi tambahan apa pun.

Di sini, saya lengkapi juga penjelasannya tentang apa itu thumbnail di Android, serta jawaban buat Anda yang bingung apakah aman atau tidak kalau file tersebut dihapus.

Tutorial di sini bisa diterapkan untuk semua merk dan tipe HP Android. Iya, seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Lenovo, ASUS, Huawei, Samsung, dan lain-lain sebagainya.

Punya pertanyaan tentang topik kita kali ini? Atau mungkin ada langkah-langkah yang kurang jelas? Jangkan sungkan untuk mengirim komentar melalui kotak yang telah tersedia, ya.

Mungkin sekian dulu pembahasan ktia pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat buat Anda sekalian.

2 comments
  1. Mohon maaf ingin tanya, di hp saya ada 2 thumbdata yg gb nya cukup besar. Jika saya menghapus kedua thumbdata tersebut apakah berpengaruh kepada file aslinya? Maksud saya, apakah file aslinya (kebanyakan foto dan video) akan terhapus? Terima kasih 🙂

    1. Harusnya nggak ya, karena foldernya hanya thumbnail. Kalau khawatir, saya sarankan disalin dulu foldernya ke komputer atau laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like