√ Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10 [Mudah]

Cara Mematikan Notifikasi Windows 10

Cara mematikan notifikasi Windows 10.

Seperti yang kita tahu, di Windows 10 terdapat menu notifikasi yang akan menampilkan pesan-pesan yang masih berkaitan dengan sistem.

Kebanyakan, pesan-pesan tersebut memang bisa cukup membantu. Misalnya ketika ada pemberitahuan saran update. Sistem akan jadi selalu optimal.

Tapi, di sisi lain notifikasi tersebut bisa malah jadi mengganggu. Misalnya jika muncul secara terus-menerus, atau kebanyakan yang muncul kurang penting.

Lebih baik dihilangkan saja kalau begitu.

Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

Nah, kita bisa menghilangkan notifikasi-notifikasi yang ada pada sistem tersebut kalau memang mau.

Berikut ini akan dibahas langkah-langkahnya. Silakan ikuti.

Cara Menghilangkan Semua Notifikasi di Windows 10

Cara paling sederhana, melalui Settings. Di sana kita bisa mengatur setting dari pesan notifikasi. Untuk caranya klik Start lalu klik lagi logo Settings (atau tekan saja tombol Windows + I)

Selanjutnya pergi ke menu Sistem > Klik pada bagian Notifications & Actions.

Setelah itu, matikan notifikasi utnuk setiap aplikasi pada sistem. Caranya pada kolom “Get Notifications from Apps And Orther Senders” silakan atur ke Off.

Kalau sudah, secara otomatis semua pesan notifikasi yang biasanya muncul akan hilang.

Normal Lagi – Cara Memperbaiki Registry Windows 10 Bermasalah

Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi Windows 10

Kalau hanya ingin menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja, silakan buka menu System > Notifications & Actions > Kemudian lanjut geser ke bawah. Di sana akan ada menu “Get Notifications from these senders.”

Melalui menu ini, fitur sistem, Windows Store dan aplikasi-aplikasi bawaan Windows mengirim notifikasi.

Nah, untuk menonaktifkannya cukup klik saja tombol Off pada aplikasi-aplikasi yang diinginkan.

Cara ini berfungsi, dengan catatan untuk beberapa aplikasi yang memiliki fitur notifikasi custom tidak berpengaruh banyak.

Cara Mematikan Notifikasi Windows 10 Sementara

Bagaimana kalau kita hanya ingin menonaktifkan notifikasinya sementara saja?

Tentu saja bisa. Dengan catatan, kalau sebelumnya Windows 10 sudah diperbarui, minimal versi Creators Update atau Fall Update.

Mengapa? Karena minimal pada dua versi tersebut, terdapat suatu fitur yang bernama “Quiet Hours.” Melalui fitur ini semua notifikasi yang biasa muncul akan hilang sementara, dan baru bisa kembali setelah melewati waktu yang ditentukan.

Misalnya, kita mengatur fitur Quite Hours pada jam 12 siang. Maka setelah batas waktu yang ditentukannya sudah lewat, dan fiturnya sudah nonaktif, semua notifikasi Windows akan muncul lagi seperti sedia kala.

Untuk cara pakai fiturnya sendiri tidak sulit. Aksesnya bisa ditemukan melalui Settings > System > Focus Assist. Atau bisa juga dengan membuka menu khusus notifikasi pada bagian kanan bawah (tombol Windows + A) kemudian tekan tombol Focus Assist.

Windows Store Tidak Bisa Dibuka – Penyebab +Solusinya

Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan

Notifikasi penawaran iklan juga terkadang bisa masuk di sistem Windows 10.

Misalnya muncul di taskbar notifikasi maupun pesan-pesan yang didapat di browser bawaan juga bisa jadi notifikasi iklan.

Iklan ini biasanya hanya muncul setelah Windows tersambung ke internet. Dan kalau mau, kita bisa menghilangkannya melalui menu Settings > Notifications & Actions. Pada kolom Get Tricks, Suggestion silakan ganti pengaturannya dari On ke Off.

Dengan demikian semua pesan notifikasi akan nonaktif.

Cara Menghilangkan Notifikasi di Menu Start

Kalau kita membuka start menu, pada dasarnya tidak ada apa-apa di sana.

Hanya saja, beda hal ketika Windows sedang terhubung ke internet. Mungkin akan muncul notifikasi-notifikasi dari situs berita, sosial media, Email dan aplikasi-aplikasi lainnya di start menu.

Kita bisa menghilangkan notifikasi-notifikasi tersebut dengan cara klik kanan pada Start Menu, pilih More > dan klik Turn Live Tile Off. Atau bisa juga dengan cara klik kanan > lalu pilih Unpin from Start.

Cara Menghilangkan Notifikasi Lock Screen

Di Windows 10, tepatnya di Lock Screen, terdapat sebuah notifikasi yang muncul di Lock Screen. Notifikasi ini bisa berbentuk pesan, dan bisa dihapus kalau mau.

Untuk caranya bisa langsung pergi ke Settings > Personalizations > Lock Screen. Kemudian di sana akan terlihat aplikasi-aplikasi yang muncul di Lock Screen.

Silakan pilih yang ingin dihilangkan dengan cara disable Quick Status.

Tapi sedikit catatan, untuk beberapa versi Windows 10 ada yang berbeda (nggak bisa diterapkan). Jadi silakan dicoba terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Notifikasi Aplikasi di Taskbar (Start Menu)

Setelah semua notifikasi sudah kita nonaktifkan, mungkin masih ada banyak icon aplikasi-aplikasi lain yang masih muncul di area notifikasi (biasa disebut sebagai Taskbar).

Di menu ini, aplikasi-aplikasi sering memunculkan pesan-pesan tertentu untuk membuat informasi status.

Kita bisa meminimalisir notifikasi di area Taskbar ini. Dengan cara klik, tahan kemudian geser icon aplikasinya ke bagian System Tray Panel, dimana icon-icon tersebut bisa disembunyikan.

Sebenarnya kita bisa juga mengaturnya lewat Settings. Yakni pada Settings > Personalizations > Taskbar. Kemudian pada bagian panel sebelah kanan, geser ke bawah dan cari menu Notifications Area.

Di sana akan muncul pilihan “Select which icons appear on the Taskbar.” Silakan setting di sini.

Akhir Kata

Begitulah ulasan mengenai cara menghilangkan notifikasi di Windows 10. Langkah-langkah di sini ditujukan untuk sistem-sistem versi baru, tapi tidak menutup juga untuk Windows 10 versi lama.

Kalau ada perbedaan langkah, atau muncul suatu notifikasi tertentu yang tidak bisa hilang, bisa coba kirimkan diskusi melalui kolom komentar di bawah. Karena siapa tahu itu virus bukan? Karena kalau iya, bisa beda lagi solusinya.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like