3 Cara Menghubungi CS Tokopedia (Customer Care) Agar Dibalas

Tokopedia adalah salah satu online marketplace populer di Indonesia dengan pengguna yang sangat banyak. Saya sendiri sebagai penulis adalah salah satu member yang juga sering membeli barang disana.

Selama saya belanja disana jujur, belum ada masalah berarti. Sekalipun ada, saya bisa menyelesaikannya dengan cepat, karena bisa dibilang sistem Tokopedia ini memang sangat bagus.

Namun, untuk Anda yang sedang ada masalah lain yang belum diselesaikan, dan mungkin Anda sedang perlu bantuan, Anda bisa memakai salah satu cara terbaik, yakni dengan menghubungi Call Center atau CS Tokopedia.

Cara kontak tokped

Untuk menghubungi CS Tokped, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Karena sebenarnya disana ada beberapa halaman yang disediakan khusus untuk kontak.

Dan disini saya ingin berbagi sedikit tutorial caranya, khusus untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Berikut pembahasannya :

Cara Kontak Tokopedia Supaya Chat Cepat Dibalas

1. Melalui Halaman Layanan Pengguna

Halaman ini adalah halaman yang paling sering digunakan pengguna Tokopedia, khususnya yang sedang butuh bantuan atau ada pertanyaan. Lewat halaman ini Anda nanti akan dibantu oleh salah satu CS Tokopedia sesuai standar operasional. Caranya seperti ini :

1. Pertama buka terlebih dahulu halaman Pusat Bantuan di https://www.tokopedia.com/bantuan

2. Geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami 

Pusat bantuan tokped

3. Selanjutnya, silakan pilih salah satu kategori sesuai yang Anda butuhkan

Kategori Tokopedia Resolusi

4. Pilih lagi detail masalah atau pertanyaan yang Anda alami secara spesifik

Kategori Bantuan Pengiriman

5. Setelah berhasil diarahkan ke halaman yang sesuai, Anda akan melihat sebuah artikel tentang detail dari pertanyaan atau masalah tersebut, serta jawaban atau solusinya. Jika Anda tetap butuh bantuan CS, silakan geser kebawah, kemudian klik Hubungi Kami

Mengirim Pesan ke CS Tokped

6. Kirimkan pertanyaan Anda disana, disertai foto atau screenshots yang dibutuhkan.

Kolom pesan tokopedia


7. Terakhir tinggal tunggu saja jawaban dari CSnya.


Untuk melakukan seluruh langkah diatas, Anda perlu login terlebih dahulu ke akun Anda. Dan perlu diketahui, tidak semua kategori ada tombol ‘Hubungi Kami’. Jadi silakan sesuaikan kembali.

2. Melalui Halaman Fanspage Facebook

Hampir semua marketplace online saat ini punya Fanspage Facebook, termasuk Tokopedia. Di Facebook, terdapat fitur kirim pesan, dan jika kita memakai fitur ini di halaman Tokopedia, kita bisa dibantu oleh CSnya disana. Caranya seperti ini :
1. Silakan login terlebih dahulu akun Facebook Anda seperti biasa.
2. Kemudian cari Fanspage Tokopedia pada kolom search. Pastikan yang sudah verified atau sudah ada centang biru. Atau kalau mau cepat bisa buka https://facebook.com/tokopedia
  

Tokped di FB

3. Klik Kirim Pesan di bagian kanan atas

Facebook Tokped
4. Selanjutnya akan muncul kotak chat. Silakan kirim pesan atau pertanyaan disana sesuai yang Anda butuhkan disana. Anda juga bisa menambah lampiran screenshots.

Inbox di Facebook
5. Tunggu beberapa saat sampai CSnya menjawab pertanyaan Anda. Biasanya kurang dari 10 menit.
Saya pribadi juga suka menggunakan cara ini. Alasannya karena setiap hari saya selalu membuka Facebook, dan menghubungi CS juga bisa dilakukan dengan mudah lewat Messenger. Bagaimana kalau Anda belum punya akun Facebook? Nah, mungkin Anda juga bisa menggunakan Twitter.

3. Melalui Halaman Resmi Twitter

Sama seperti Facebook, Tokopedia juga memiliki akun Twitter dimana kita bisa mendapatkan berita atau promo terbaru. Dan jika ada pertanyaan, kita juga bisa mengirimkannya langsung disana. Caranya seperti ini :
1. Silakan login terlebih dahulu ke akun Twitter Anda. Dan pastikan Anda sudah Follow Tokopedia di @TokopediaCare.
2. Silakan buka salah satu post pada timeline Tokopedia Care (Yang mana saja), kemudian tanyakan hal yang Anda butuhkan disana.

Tokopedia Care Twitter
3. Setelah itu Anda tinggal menunggu saja sampai CSnya menjawab pertanyaan Anda. 
Selain komentar pada salah satu Tweet, Anda juga bisa mengirimkan pesan (DM).

Adakah Cara Lainnya?

Secara umum, 3 metode diatas adalah cara yang biasa dipakai, dan menurut saya sudah mencukupi. Apalagi penerapannya mudah, hanya beberapa menit. 
Sebenarnya ada beberapa cara lain, seperti memakai Chat Bot atau Live Chat. Namun, kedua fitur tersebut terbatas untuk member dengan status Gold dan Platinum saja keatas saja.
Ada juga cara dengan menghubungi Instagram dan melalui Call Center. Untul Call Center Tokopedia, dari beberapa sumber katanya sudah dinonaktifkan (Tapi mungkin Anda bisa mencobanya).

Sedangkan Instagram, setahu saya dikhususkan untuk berita atau promo saja. Tapi saya lihat disana banyak juga follower yang mengirimkan pertanyaan mereka. Kalau Anda ingin mencobanya juga, silakan follow dulu instagram Tokopedia (@Tokopedia) atau di www.instagram.com/tokopedia.

Kemudian coba DM atau kirimkan pertanyaan Anda dengan cara komentar pada salah satu postingan disana.

Penutup…

Menghubungi CS Tokopedia, tidaklah sulit. Namun terkadang masih banyak juga yang belum paham, terutama untuk orang-orang yang baru mengenal  dan baru menggunakan Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa membantu Anda menyelesaikan pertanyaan atau masalah Anda.
Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada penulis, silakan kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini. Akan sebisa mungkin saya bantu.
Sekali lagi, semoga bermanfaat.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like