Contoh Pola Unik dan Sulit

Contoh Pola Sulit Susah Ditebak Unik

HP Android punya beberapa jenis sistem pengaman. Setidaknya ada 4 yang paling sering ditemui, yaitu password, pattern atau pola, face unlock, serta fingerprint.

Bahkan untuk beberapa HP, ada yang sudah membuat sistem keamanan ganda. Misalnya pola + fingerprint.

Tapi, kalau bicara soal mana yang paling digemari, maka pola adalah salah satunya.

Kenapa? Karena sandi pola di Android sudah ada sejak lama, dan fiturnya masih dipertahankan hingga kini.

Beda dengan dulu, user Android kini semakin kreatif! Pola HP dibuat menjadi seunik mungkin, keren, susah ditebak, atau bahkan simpel namun tidak terpikirkan.

Kalau penasaran, di sini ada beberapa contoh pola Android yang bisa dicoba.

Baca Juga: Cara Mengunci Galeri di HP Android dengan Pola

Contoh Pola Unik, Sulit, Bagus dan Simpel

Ngomong-ngomong, kalau dicontohkan langsung dengan gambar, pastinya bakal sulit dipahami, mengingat bentuk polanya yang polos.

Oleh karena itu, untuk mempermudah, maka kita pakai angka saja, ya.

Angka Pattern

Oh ya, sebagai pengingat, untuk pengaturan polanya sendiri bisa diakses melalui setelan HP. Caranya:

  1. Buka Setelan Android.
  2. Masuk ke menu Pengamanan, Keamanan, Security, atau sejenisnya.
  3. Pilih Layar Kunci.
  4. Kemudian pilih opsi Bentuk Pola.

Semua HP, kurang lebih punya pengaturan yang serupa. Kalau kurang cocok tinggal sesuaikan lagi saja.

Baca juga: Sudah tahu fitur izin aplikasi? Sudah diaktifkan? Kalau belum, wah, padahal ini penting, lho. Coba baca Cara Mengaktifkan Izin Aplikasi HP Android.

Biar mempersingkat waktu, kita langsung masuk ke contoh-contoh polanya yuk. Berikut di antaranya:

Pola Simpel HP

Pola: 4 → 2 → 3 → 1 → 7

Pola ini terbilang simpel, lho. Namun, di balik ‘kesederhanaannya’ tersebut, ternyata memerlukan beberapa letak yang agak memutar. Kalau sudah hapal, kamu bisa membuka HP dengan cepat.

Pola Mudah

Pola: 5 → 1 → 9 → 2 → 3 → 7 → 4

Contoh pola kedua ini, masih bisa dikategorikan simpel, meski cenderung agak panjang. Sekilas sih polanya dimulai dari angka 9, tapi nyatanya bukan. Melainkan dari angka 5 → 1 → 9 → dan seterusnya.

Jadi bakal susah ditebak deh.

Kunci Layar Gampang Dibuka

Pola: 7 → 3 → 1 → 6 → 9 → 5 → 1 → 4 → 8

Pola ini sedikit agak rumit. Karena selain panjang (memakai semua kotak yang
ada), juga di beberapa bagiannya ada putaran yang sulit ditebak.

Mending dicoba saja deh, nanti juga paham sendiri gimana maksudnya.

Pattern Unik

Pola: 9 → 4 → 3 → 8 →1

Kalau Anda sedang mencari pola yang susah ditebak, mungkin bisa coba pola yang satu ini.

Sebenarnya memang terlihat simpel. Namun waktu dicoba sendiri, faktanya memang agak rumit, karena harus lompat dari angka-angka tertentu. Efeknya, kalau nggak biasa, bisa-bisa kita sendiri yang sering salah.

Pola Garis Simpel

Pola: 6 → 8 → 3 → 2 → 5 → 1 → 4 → 7

Terlihat panjang sih. Tapi sejatinya, pola ini jauh lebih simpel ketimbang sebelum-sebelumnya, lho. Karena pada dasarnya, letak kode yang dipakai dalam pola ini berurutan. Dengan begitu, pola tersebut bisa dibuka dalam waktu yang relatif cepat.

Kode Pola Berurutan

Pola: 1 → 2 → 6 → 9 → 5 → 3 → 4 → 7 → 8

Kalau pola yang selanjutnya ini, bisa saya sebut seperti pengembangan dari pattern sebelumnya. Ada sedikit gerakan memutar dari angka 3 → 5 → 9.

Cukup rumit dan aman. Tertarik menggunakannya?

kunci pola HP simple keren

Pola: 2 → 5  →  9 → 1 → 4 → 8 → 6 → 3 → 7

Pola ini simpel, keren, serta menggunakan seluruh pattern yang tersedia. Titik mulainya juga bisa dibalik, lho. Sesuaikan saja dengan keinginan atau kebutuhan Anda.

Di antara keunggulan pola ini, orang lain yang nggak tahu, mungkin akan kesulitan untuk memulainya dari mana.

Pola Keren Banyak Dipakai

Pola: 6 → 8 → 3 → 5 → 7 → 2 → 4

Jujur saja, di Indonesia, pola ini banyak sekali dipakai, lho.

Alasannya, karena selain terlihat rumit, polanya mudah dan cepat dibuka. Bagaimana tidak? garis-garisnya saja terlihat begitu simpel. Sudah pernah pakai atau lihat pola ini belum?

Pola Keamanan Bentuk Bintang

Pola: 9 → 5 → 1 → 6 → 2 → 4 → 3 → 7

Nah, pola ini agak susah untuk ditebak kan?

Pola ini bentuknya menyerupai bintang. Sekilas, akan membuat orang-orang berpikir dari mana sih mulainya. Jadi, dijamin deh pola ini rumit sekali untuk ditebak orang lain.

Contoh Pola Unik

Pola: 6 → 1 → 5 → 9 → 2 → 7 → 3 → 4

Pengembangan dari yang sebelumnya, masih mirip-mirip dengan bentuk bintang.

Menurut saya sendiri, pola yang ini nampaknya lebih sulit. Sebab, polanya lumayan memutar dari satu titik ke yang titik lainnya.

Oh ya, pola ini sebenarnya bisa dimulai juga dari angka 4. Coba kreasikan saja lagi.

Kode HP Keren

Pola: 1 → 8 → 3 → 4 → 9 → 2 → 7 → 6 → 5

Pola ini merupakan versi yang lebih lengkap dari 2 pola bentuk bintang sebelumnya. Hanya saja, bentuknya memang agak acak. Tapi kalau bicara soal sulit nggaknya, jelas sangat sulit.

Rasanya pola ini nggak akan cocok buat Anda yang sering terburu-buru.

Pola Sangat Simpel

Pola: 7 → 5 → 8 → 3 → 4

Kode ini nggak akan pernah terpikirkan oleh orang-orang yang iseng ingin membuka HP kita.

Akan tetapi, sewaktu kita ingin membukanya, maka harus sedikit teliti. Sebab, dari angka 8 → 3 → 4 bisa-bisa salah menyambungkannya.

Contoh Kunci Pola Layar Susah Dibuka

Pola: 1 → 2 → 4 → 5 → 6 → 8 → 9 → 7 → 3

Mungkin banyak sekali pengguna Android yang pernah mencoba, atau bahkan menggunakan pola jenis ini. Alasannya, karena semua pattern terpakai.

Di pola ini, seenggaknya ada 3 jenis tempat start yang akan membingungkan orang-orang, yakni titik 1, 3, dan 9.

Pattern Paling Mudah Dibuka

Pola: 8 → 9 → 6 → 5 → 4 → 1 → 2

Simpel kan? Iya simpel. Banget malah.

Tapi, jangan salah, kebanyakan orang cenderung lebih sering memulai pola dari pojok kiri atau kanan.

Nah, sedangkan pola ini mulainya dari tengah dan berhenti di tengah pula. Dengan begitu, bisa dikatakan pola ini lumayan aman. Cocok buat cari pola yang cepat dibuka.

Letak pattern susah

Pola: 7 → 8 → 9 → 4 → 5 → 6 → 2 → 1 → 3

Pola ini juga simpel. Lihat saja bentuknya.

Tapi, ada yang bisa bikin bingung di sini, tepatnya pada bagian atas. Entah berhenti di angka 1 atau 3. Begitu juga dengan tempat di mana mulainya.

Ini masih bisa dikembangkan lagi sih, silakan dicoba-coba saja. Kali saja dapat pola yang lebih sempurna lagi.

Kunci Unik Susah Dibuka

Pola: 1 → 7 → 3 → 2 → 6 → 9 → 8 → 4

Kode pola yang satu ini, sebenarnya start dari angka 1. Tapi, yang terlihat ada 3 titik start, lho, yakni 1, 4, dan 7.

Selain itu, pada angka 1 juga agak memutar, sehingga bisa dibilang pola ini lumayan sulit ditebak.

Aman kan?

Contoh Pola Susah Ditebak

Pola: 5 → 4 → 6 → 3 → 9 → 8 → 7 → 1

Kalau dilihat sekilas, pola kunci ini memang terlihat gampang.

Tapi titik mulainya memutar, bahkan nggak terpikir kalau mulainya dari angka 5. Pola ini bagus sekali untuk diterapkan, buat Anda yang ingin HP aman. Tapi jangan sampai lupa urutannya, ya.

Baca Juga: Cara Melihat RAM Semua Tipe HP Android

Buat Apa Sih Pakai Pola yang Rumit?

Ternyata banyak juga yang berpikir, buat apa sih pakai pola yang rumit-rumit gini?

Padahal, manfaatnya bisa dikatakan lumayan banyak, lho.

Di antaranya, tentu saja HP kita akan menjadi lebih aman, persis seperti yang saya bilang tadi. Karena dengan begitu, orang lain butuh banyak sekali percobaan untuk menebak pola yang kita buat.

Alasan lainnya, ialah pola tetap sulit diingat meskipun pernah dilihat orang lain. Apalagi kalau kita pakai pattern hasil pengembangan kita sendiri. Wah, bisa makin sulit.

Tapi pola sulit biasanya butuh sedikt waktu lebih untuk membuka layar kunci. Apalagi waktu baru-baru mengaturnya. Namun tenang saja, semakin lama tangan kita akan semakin terbiasa, kok.

Yang penting, jangan sampai lupa kodenya, ya. Catat saja kalau perlu.

Akhir Kata

Begitulah 16+ contoh pola unik, keren, dan sulit yang dijamin bikin HP Anda tambah aman.

Nggak ada yang namanya pola tersulit di dunia, karena semuanya relatif. Bahkan semuanya masih bisa dikembangkan kembali.

Buat yang punya rekomendasi pola lain, boleh dong kasih pattern angkanya lewat komentar di bawah. Supaya nanti artikel ini bisa diperbarui kembali.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like