√ Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp (Berhasil!)

Tidak jauh beda dari aplikasi-aplikasi chatting lain, WhatsApp juga memiliki fitur foto profil yang mana bisa kita ubah dan simpan sesuai yang kita inginkan.

Setelah foto profil tersebut kita pasang di akun kita, maka umumnya akan terlihat oleh orang-orang yang telah menjadi kontak kita, atau yang satu grup dengan kita.

Dengan adanya foto profil, selain mempercantik tampilan di profil WhatsApp, juga memiliki peran sebagai identitas. Sehingga, akun kita bisa lebih dikenali saat pengguna lain melihat foto profil kita.

Nah, walaupun memang dari bawaannya sudah seperti itu, tapi ternyata ada sebagian orang yang tidak ingin foto profil mereka terlihat oleh orang lain di WhatsApp, lho.

Dan Anda yang sedang membaca artikel ini, mungkin termasuk salah satu dari mereka bukan?

Entah itu oleh orang yang tidak Anda kenali (orang asing), teman, keluarga, guru atau dosen, hingga kontak tertentu lainnya.

Nah, untungnya WhatsApp sendiri juga menyadari akan hal ini. Sehingga, mereka tidak lupa memberikan solusi agar penggunanya bisa menyembunyikan foto profil mereka.

Hal ini tentunya demi menjaga privasi para penggunanya.

Apa Tujuan Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp?

Seseorang yang ingin membuat foto profil WhatsApp-nya tidak terlihat oleh orang lain, biasanya dibutuhkan untuk beberapa tujuan, di antaranya:

  • Menjaga privasi agar foto tidak dilihat orang-orang tertentu.
  • WhatsApp sebagai akun dua fungsi. Misalnya, selain menjadi akun pribadi, juga menjadi akun pekerjaan, sehingga mungkin kurang formal atau kurang sopan jika menggunakan foto profil yang kesannya santai.
  • Dan berbagai tujuan lainnya.

Kebanyakan sih mungkin ditujukan untuk menjaga privasi, ya? Apalagi jika memang di WhatsApp kita terdapat banyak kontak-kontak yang tidak dikenali.

Bahkan mungkin kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman jika fotonya dilihat oleh orang asing.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp?

Cara menyembunyikan foto profil WhatsApp sebenarnya tidak sulit, kok. Permasalah ini letaknya masuk bagian ke pengaturan privasi.

Bikin Foto Profil WhatsApp Tanpa Crop! Yuk Dicoba

Sebelumnya, saya juga malah pernah membuat tutorial bagaimana cara mengatur privasi WhatsApp, supaya tidak bisa dilihat orang lain.

Dan ternyata, kalau kita perhatikan, cara menyembunyikan foto profil WA kali ini justru jauh lebih mudah dan simpel.

Nah, berikut ini, Anda bisa membaca tutorial cara supaya foto profil WhatsApp tidak diketahui orang lain, yang tentunya work 100%.

Ikuti langkahnya satu per satu, ya.

Langkah-Langkah Menyembunyikan Foto Profil WA dari Orang lain

Langkah 1: Pertama, buka pengaturan WhatsApp terlebih dahulu. Caranya:

Klik tombol titik tiga (sebelah kanan atas) > Kemudian klik Setelan.

Tombol Settings WA

Langkah 2: Setelah jendela pengaturan terbuka, selanjutnya klik bagian Akun.

Setting Akun whatsapp

Kemudian, silakan masuk ke bagian Privasi.

Pengaturan privasi WA

Nah, sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, di bagian ini seluruh pengaturan privasi bisa diatur, lho.

Anda bisa mengatur setelan privasi status, info WA, terakhir dilihat, lokasi terkini, dan tentunya setting pengaturan foto profil.

Langkah 3: Klik terlebih dahulu pada bagian Foto Profil.

setting foto profil pada aplikasi whatsapp

Kemudian ubah pengaturan foto profil tersebut menjadi Kontak Saya atau Tidak ada.

Foto profil supaya tidak bisa dilihat kontak tertentu

Nah, apa sih perbedaan dari ketiga opsi tersebut? Simak tabel berikut:

Semua OrangBerarti, foto profil WA Anda akan terlihat oleh semua pengguna WA, termasuk pengguna yang belum Anda kenal sekalipun. Misalnya, terlihat oleh anggota di grup-grup WhatsApp.
Kontak SayaDi setting ini, foto profil orang-orang yang bisa melihat foto profil Anda akan dibatasi dalam lingkup hanya pada kontak-kontak Anda saja (yang nomornya sudah disimpan). Di luar itu, foto profil Anda tidak akan terlihat.
Tidak AdaNah, ini yang paling tertutup. Di setting ini foto profil Anda sama sekali tidak akan terlihat oleh orang lain. Entah itu oleh orang yang Anda tidak kenal, maupun kontak Anda sendiri. Hanya Anda pribadi yang bisa melihatnya.

Pengaturan mana yang harus dipilih? Jawabannya, tentu saja tergantung kebutuhan. Kalau saya pribadi, lebih memilih opsi pengaturan Kontak Saya, sehingga hanya orang yang nomornya saya simpan saja yang bisa melihat foto profil saya.

Tapi jika Anda ingin foto profilnya disembunyikan dari semua orang, maka Anda bisa pilih opsi pengaturan Tidak Ada. Dengan begitu, tidak akan ada orang yang bisa melihat foto profil Anda, kecuali Anda sendiri.

Kalau suatu saat ingin pengaturannya dikembalikan bagaimana? Bisa nggak?

Jawabannya bisa, kok. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah tadi, kemudian memilih opsi Semua Orang. Setelah itu, maka foto profil Anda akan bisa dilihat lagi oleh semua orang seperti semula.

Cukup membantu bukan fitur WhatsApp ini? Walaupun mungkin saat ini kita belum bisa menyeleksinya tiap kontak, sehingga kita bisa memilih lebih detil ingin menampilkan foto profil ke siapa, dan menyembunyikannya ke siapa pula.

Sudah coba? Begini cara membuat link invite chat WhatsApp.

Akhir Kata

Setelah memilih salah satu pengaturan, biasanya WA butuh sedikit waktu untuk menyimpan pengaturan tersebut, dan menerapkannya pada akun Anda.

Tapi tidak lama kok, paling hanya 5 sampai 15 detik saja, tergantung kecepatan koneksi yang digunakan.

Nah, jika sudah tersimpan, otomatis sekarang foto profil Anda akan disembunyikan, tergantung dari opsi setting mana yang Anda pilih.

Anda bisa mengeceknya lebih lanjut meminjam akun WhatsApp punya teman, kemudian melihatnya sendiri jika belum yakin.

Sebagai penutup, jika ada langkah yang membingungkan, Anda bisa menanyakannya lewat kotak komentar di bawah ini. Nanti akan saya coba bantu, entah dalam bentuk artikel lagi, atau dijawab langsung.

Semoga bermanfaat, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like