√ 24 Arti Emoticon WhatsApp • Jangan Sampai Salah Ya!

Arti Emoticon WA Terbaru

Siapa sih yang nggak suka pakai emoji atau emoticon saat mengetik? Wah, kayanya hari ini sudah nggak ada lagi ya orang yang nggak pernah coba pakai emoticon sama sekali.

Alasannya satu, menggunakan emoticon dalam obrolan rasanya lebih mengeluarkan ekspresi dari kata-kata yang kita ketik, sehingga suasana dalam obrolan semakin cair tentunya.

Dulunya, variasi emoticon sangat terbatas, hanya gitu-gitu saja. Beda halnya dengan sekarang, di era smartphone dan sosial media sudah semakin canggih fiturnya.

Memakai emoticon sebenarnya sih bebas-bebas saja. Namun saking banyaknya, pernah gak sih kepikiran soal arti emoticon?

Untuk itu, di sini Leskompi.com akan membahas 24 arti emoticon WhatsApp. Yup, khusus untuk aplikasi WA.

Buat yang belum tahu, yuk cek di sini:

Arti Emoticon WhatsApp yang Paling Banyak Dipakai

Ada banyak sekali varian emoticon saat ini. Di antara yang paling populer digunakan, akan kami bahas berikut ini lengkap dengan penjelasannya.

Emoticon Happy (Senang)

Ciri emoticon ini tersenyum dengan mata lebar. Bahasa inggrisnya grinning yang berarti tersenyum lebar, dan big eyes yang artinya mata besar.

Emoticon ini paling banyak dipakai dari dulu sampai sekarang. Kenapa? Karena kesannya sama seperti :D.

Emoticon happy menggambarkan kesenangan, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Juga menunjukkan keramahan, ya, kurang lebih?

Emoticon Laughing (Tertawa)

Emoticon ini punya ciri khas mulut dan mata yang terkesan tertawa lebar. Yap, biasanya memang dipakai sebagai ekspresi ketika melihat sesuatu yang lucu.

Kalau dalam bahasa inggris, emoticon ini disebut big grin (tersenyum lebar), dengan kesan lebih dari grinning.

Emoticon ini juga terkesan ramah dan bisa digunakan kepada siapa saja.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Profil WA Menjadi Full Tanpa Terpotong, Ada Cara Unik Banget Loh!

Emoticon Smiling (Senyum)

Emoticon dengan ciri khas mata yang tertutup, namun mulutnya tersenyum manis. Apalagi ditambah dengan pipi yang memerah.

Biasa digunakan untuk menggambarkan ekspresi senang dengan perasaan tersentuh.

Contohnya, untuk orang tua yang melihat pertumbuhan anak, dan lain sebagainya. Biasanya sering sekali memakai emoticon ini, khususnya antara orang-orang yang memiliki hubungan cukup dekat.

Emoticon ini juga terkesan ramah, serta banyak dipakai di WA untuk keperluan chat (obrolan) formal. Misalnya dalam pekerjaan, seperti seorang Customer Service toko online.

Emoticon Savoring Food

Dalam bahasa inggris, savoring food berarti menikmati makanan. Yap, emoticon ini sejatinya untuk menggambarkan ekspresi ketika ingin atau telah menghabiskan makanan lezat.

Tapi dalam prakteknya di Indonesia, emoticon ini lebih banyak dipakai untuk menunjukkan ekspresi iseng. Mungkin karena persepsi masyarakat kita lebih terkesan seperti itu.

Tidak bisa disalahkan sih, ini hanya soal sudut pandang. Bebas-bebas saja kok.

Emoticon Laughing With Tears

Dalam bahasa Indonesia, maknanya tertawa sampai air mata keluar. Maksudnya, emoticon ini menggambarkan bahwa kita tertawa karena suatu hal yang amat teramat lucu. Saking lucunya sampai keluar air mata.

Emoticon ini di WA merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Karena memang sih cocok sekali dengan kosa kata sehari-hari. Bisa dipakai untuk berbagai kalangan, walau kebanyakan memang digunakan oleh para remaja.

Emoticon Wonder Face

Sebenarnya emoticon ini bisa diartikan beberapa hal. Bisa terkejut, bisa juga fokus, tapi yang paling tepat itu kurang lebih menggambarkan ekspresi heran, takjub, atau bertanya-tanya akan sesuatu.

Misalnya teman Anda mengirim foto di WhatsApp, tapi Anda nggak paham apa maksudnya. Anda bisa deh kirim emoticon ini.

Kalau menurut Anda sendiri, bagaimana pendapatnya? Punya sudut pandang lain barangkali?

Emoticon Nervous

Emoticon ini menggambarkan ekspresi gugup akan suatu hal. Mau menjalani ujian, wawancara pekerjaan, atau hal apapun deh!

Jadi agak kurang tepat ya kalau kesannya takut. Walaupun gugup sama takut ga beda-beda jauh banget sih, hehe.

Emoticon nervous memang agak kurang dimengerti banyak orang. Selain karena tidak terlalu sering digunakan, emoticon ini juga lebih terlihat seperti ekspresi “nyengir”.

Emoticon Neutral

Emoticon ini menggambarkan ekspresi netral. Jadi cocok buat Anda yang habis dengerin temen curhat, obrolan, atau hal lain sebagainya, tapi nggak tahu harus buat ekspresi seperti apa.

Emoticon neutral ini juga biasa dipakai ketika Anda tidak tertawa setelah mendengar jokes yang nggak lucu, atau menggambarkan bahwa Anda sedang terganggu akan sesuatu.

Bisa dibilang, pandangan tiap orang agak beda-beda sih mengenai emoticon ini. Tapi kurang lebih begitu deh maksudnya.

Emoticon With Sunglasses

Emoticon ini kesannya bukan karena silau yah (pasti sudah tahu ini juga, hehe). Emoticon with sunglasses menggambarkan ekspresi bersikap keren, merasa kece, tenang, dan lain sebagainya.

Penggambaran emoticon ini, kalau dari mulutnya sih beda-beda. Gambar di atas adalah contoh dengan mulut tersenyum, tapi ada juga yang tidak.

Namun kesannya selalu sama kok!

Emoticon Angel

Emoticon senyum yang menggambarkan kebaikan. Misalnya memberikan suatu nasihat, kata mutiara, dan lain sebagainya, bak seorang malaikat.

Pokoknya, sesuatu yang bisa membuat seseorang menjadi lebih bersemangat.

Tidak semua orang sering menggunakan emoticon ini. Tapi kalau Anda termasuk yang sering menggunakannya, sekarang Anda sudah mengetahui apa arti dari emoticon ini.

Emoticon Smile With Sweat

Ada beberapa hal yang bisa digambarkan menggunakan ekspresi dari emoticon ini. Contohnya bingung akan suatu hal, menangkap sesuatu yang lucu dengan heran, ragu saat memilih sesuatu, dan lain-lain.

Bahkan ada juga, lho, yang menggambarkan emoticon ini sebagai ekspresi kelelahan setelah baru menjalani suatu aktifitas, seperti olahraga misalnya.

Saya pribadi termasuk yang cukup sering menggunakan emoticon ini di WhatsApp.

Emoticon Love

Sebenarnya agak kurang tepat kalau disebut emoticon love saja ya. Namun intinya, emoticon ini menggambarkan Anda kalau ingin memberikan suatu ekspresi yang romantis.

Pakai emoji ini hanya untuk orang-orang yang dekat dengan Anda saja ya, hehe.

Emoticon Reverse Smile

Emoticon ini unik. Senyum, namun gambarnya terbalik.

Pada dasarnya, emoticon ini bermakna sama saja seperti emoticon smile biasa yang sempat kita bahas tadi. Hanya saja, posisinya yang terbalik memberikan kesan lebih menggemaskan ketimbang ekspresi senyum biasa.

Jadi memakainya sih bebas-bebas saja. Mau pakai yang biasa bisa, mau pakai yang terbalik ini pun bisa.

Emoticon Winking Face With Smiling

Banyak, lho, yang menggunakan emoticon ini. Bermakna untuk beberapa hal, seperti menunjukkan kalau kita bisa diandalkan, menunjukkan ekspresi “tenang saja”, atau lainnya yang berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Secara garis besar, seperti inilah makna dari emoticon winking face with smiling. Walau memang ada juga sebagian orang yang punya pendapat lain.

Emoticon Smiling With Tongue

Berbeda dengan emoticon savoring food tadi, emoticon smiling with tongue ini barulah menunjukkan ekspresi iseng.

Cocok banget buat Anda yang suka bercanda dengan teman, karena emoticon ini bisa menggambarkan secara langsung ekspresi Anda.

Juga cocok buat Anda yang ingin tertawa lucu, karena temanmu mengirimkan pesan humor di WhatsApp misalnya.

Emoticon Smiling With Glasses

Sebenarnya ini merupakan emoticon yang sama saja seperti smiling biasa. Hanya ada tambahan variasi kacamata saja.

Anda merasa lucu, bahagia akan suatu hal? Memakai emoticon smiling with glasses ini bisa coba pertimbangkan. Apalagi kalau Anda memang termasuk pengguna kacamata. 😀

Emoticon Whistling

Emoticon ini ada dua arti, salah satunya adalah bersiul. Kesan di sini bukan benar-benar bersiul ya, melainkan pura-pura tidak mengerti akan suatu hal, tapi masih dalam konteks bercanda tentunya.

Emoticon ini cocok banget buat Anda yang suka iseng. Anda bisa menambahkan rasa humor lebih dengar emoticon ini.

Namun sebagian orang juga menggunakannya sebagai emoticon kiss. Kurang tepat sih, karena ada emoticon lain untuk menunjukan ekspresi seperti itu. Namun karena ini soal persepsi, tidak bisa disalahkan juga ya.

Emoticon Disappointed

Emoticon ini khusus buat Anda yang ingin menunjukkan ekspresi rasa sedih atau sangat kecewa terhadap sesuatu.

Anda gagal ujian, Anda punya masalah, dan lain sebagainya. Tapi ini kesannya masih kecewa ya, nggak sampai menangis.

Kalau di WhatsApp, kadang ada tuh ya pesan-pesan yang bikin kita sedih. Emoticon ini cocok untuk dipakai agar lebih menjiwai pesan seperti itu.

Emoticon Half Disappointed

Emoticon ini menunjukkan rasa kecewa Anda, memang nggak sampai kecewa-kecewa banget.

Contohnya urusan-urusan yang Anda kerjakan tidak berjalan lancar, atau Anda punya suatu masalah yang bikin suasana menjadi bad mood.

Agak susah ya jelasinnya sih, coba deh Anda bayangkan sendiri.

Emoticon Crying

Nah, emoticon ini baru cocok untuk menunjukkan kalau Anda sedih akan sesuatu. Benar-benar sedih sampai air matamu keluar, alias menangis.

Emoticon crying banyak sekali dipakai tentunnya. Dan biasanya, penggambaran di setiap HP berbeda-beda tampilannya, khususnya untuk aplikasi WhatsApp.

Contoh pada gambar di atas adalah salah satunya.

Emoticon Face With Rolling Eyes

Emoticon ini biasanya dipakai untuk menunjukkan suatu hal yang nggak bikin kita tertarik, atau tidak begitu peduli.

Anda bisa lihat sendiri, kesannya memang begitu kan?

Sebagian orang juga memaknai emoticon ini untuk menunjukan bahwa kita bingung, bertanya-tanya, atau tidak memahami maksud teman chat kita.

Di WhatsApp, emoticon ini bisa Anda pakai di obrolan pribadi maupun grup. Apapun dan dimanapun deh.

Emoticon Wihout Expression

Emoticon ini menggambarkan kesan tanpa ekspresi. Misalnya teman Anda bercanda dan Anda merasa “duh, ada-ada aja”. Kurang lebih seperti itu maksudnya.

Sebenarnya, bisa berarti hal lain juga sih. Misalnya Anda lagi merasa malas, Anda merasa aneh ketika melihat sesuatu, merasa sebal, dan lain sebagainya.

Sesuaikan saja dengan situasi.

Emoticon Disappointed With Eyes

Emoticon ini menunjukkan bentuk kekecewaan biasa akan sesuatu. Kurang lebih sama seperti yang kita bahas sebelumnya.

Hanya gambarnya saja yang agak berbeda. Untuk bentuk emoticon ini matanya terbuka, sedangkan emoticon disappointed yang sebelumnya matanya tertutup.

Juga bisa menunjukan perasaan sedih, membuat kita cemberut, tapi belum sampai menangis.

Emoticon Angry

Emoticon ini biasa dipakai untuk menunjukkan rasa kesal atau marah akan sesuatu. Bisa dilihat dari emoticonnya yang berwarna merah penuh amarah, padahal yang lainnya berwarna kuning bukan?

Emoticon angry punya berbagai variasi gambar lain. Kesan marahnya juga agak berbeda-beda, namun intinya sih mirip-mirip.

Coba deh cek sendiri keyboard HP Anda di WA. Pasti ada kok.

Akhir Kata

Begitulah ulasan tentang arti emoticon WhatsApp. Banyak ya? Sampai ada 24. Padahal ini masih sebagian saja, karena saya yakin Anda pasti pernah juga lihat emoticon lainnya.

Sebagai tambahan, tiap smartphone biasanya memiliki penggambaran emoticon yang berbeda-beda. Namun kurang lebih tidak jauh berbeda dengan gambar-gambar yang kita bahas tadi.

Jadi, kalau ada perbedaan, Anda hanya perlu coba menyamakan saja dengan arti emoticon WA di atas.

Ada lagi nggak yang mau ditanya? Kalau ada, langsung kirimkan saja lewat kolom komentar yang tersedia di bawah, yaa…

Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like