Mengenal Ghosting Pada Keyboard

Mengenal Istilah Ghosting Pada Keyboard

Saat main game, kita harus menekan banyak sekali tombol keyboard. Misalnya tombol untuk gerak, C atau CTRL untuk crouch, tombol spasi untuk jump atau lompat dan lain-lain.

Seringnya, secara tidak sengaja kita menekan tombolnya secara bersamaan. Kalau merespon mungkin tidak masalah, tapi bagaimana kalau kebalikannya, justru tidak merespon?

Nah, ini ada istilahnya, yaitu ghosting. Buat yang sedang mengalami dan belum tahu lebih lanjut mengenai ghosting pada keyboard, berikut akan saya jelaskan di sini.

Apa itu Ghosting Pada Keyboard?

Maksud Ghosting Pada Keyboard

Ghosting pada keyboard adalah masalah yang muncul ketika Anda menekan beberapa kombinasi tombol tapi tidak berfungsi.

Umumnya masalah ghosting ini sering dialami ketika bermain game.  Contohnya saat bermain game FPS. Biasanya kita selalu menekan tombol W untuk maju, Shift ke mode lari dan space untuk melompat.

Kalau normal, maka ketiga tombol tersebut akan berfungsi. Tapi saat ghosting, maka yang berfungsi hanya 1 atau 2 tombol saja.

Penyebab Ghosting Pada Keyboard

Penyebab ghosting pada keyboard secara garis besar disebabkan komponen keyboardnya itu sendiri. Umumnya karena jalur tombol keyboardnya yang tidak mendukung.

Ghosting ini sendiri lebih sering ditemui di keyboard berjenis rubber dome. Untuk keyboard mechanical biasanya sudah ada fitur anti ghosting-nya.

Dan meski jarang, ghosting bisa juga disebabkan karena aplikasi yang dipakai terdapat bug, yang membuat kombinasi tombol suatu keyboard jadi tidak bisa berfungsi dengan sempurna.

Cara Mengatasi Ghosting Pada Keyboard

Solusi Keyboard yang Ghosting

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ghosting pada keyboard. Berikut di antaranya:

1. Gunakan Keyboard Anti Ghosting

Satu-satunya solusi untuk mengatasi ghosting ialah dengan menggunakan keyboard anti ghosting.

Sesuai namanya, keyboard jenis ini didesain khusus agar bisa ditekan banyak tombolnya di waktu yang sama.

Harga keyboard anti ghosting biasanya mulai dari 150 ribu rupiah ke atas, tergantung kualitas dan fitur yang ditawarkan.

Khusus kalau Anda memakai keyboard anti ghosting di bawah 300 ribu, jangan lupa cek juga apakah anti ghosting-nya sudah full atau belum. Karena biasanya ada yang hanya support sekian tombol saja.

2. Jangan Tekan Terlalu Banyak Tombol

Kalau Anda memakai keyboard biasa (dan tidak ada rencana ganti), solusi selanjutnya jangan tekan terlalu banyak tombol sekaligus di waktu yang sama.

Coba cari tahu dulu, berapa banyak kombinasi tombol keyboard yang bisa ditekan dalam satu waktu. Kemudian waktu dipakai, pastikan tidak melebihi batas kombinasi tombolnya.

Misalnya maksimal tombol yang bisa ditekan dua. Kalau main game, usahakan saat tekan tombol bersamaan, cukup dua saja. Sisanya bergantian.

3. Garansikan Keyboard Kalau Rusak

Anti ghosting merupakan fitur yang secara otomatis aktif ketika keyboard disambung ke komputer.

Nah, kalau Anda memakai keyboard anti ghosting, tapi fiturnya tidak berfungsi, Anda bisa mengembalikan keyboardnya ke vendor untuk klaim garansi.

Tujuannya agar keyboard bisa diperbaiki atau diganti ke yang baru. Karena bisa saja keyboard tersebut mengalami kerusakan di komponennya.

Ketahui juga yuk: Fungsi Heatsink di Komputer

Akhir Kata

Kesimpulannya, penyebab utama keyboard ghosting terletak pada komponennya, apakah sudah mendukung anti ghosting atau belum.

Kalau belum mendukung, mau tidak mau Anda harus mengganti keyboard ke jenis yang lain. Alternatifnya dikondisikan saja saat memakai keyboard, agar tidak menekan tombol terlalu banyak.

Kalau ada hal lain yang perlu ditanyakan lebih lanjut, silakan kirim saja ya melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like