Perbedaan Windows XP Vista 7 8 10

Perbedaan Windows 7 Windows 8 dan Windows 10

Sistem Operasi Windows saat ini bisa dibilang merupakan salah satu di antara yang paling populer, bersanding dengan Linux dan MacOS.

Dalam aktivitasi sehari-hari, kita bisa menemukan komputer atau laptop berbasis OS (Operating System) Windows dengan mudah. Mulai dari milik pribadi, warnet, sekolah, dan lain sebagainya.

Umumnya, Windows yang paling sering dijumpai saat ini ada 5 versi, yakni Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Nah, bedanya apa sih? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Membuat Graphic Chart (Diagram) Simpel Tanpa Excel. Keren, Nih!

Perbedaan Windows XP, Vista, 7, 8, 10 Lengkap

Bagi yang sudah paham sih pasti tahu bedanya, dong. Tapi, bagaimana dengan yang masih awam? Pasti bingung bukan?

Untuk itulah di sini saya ingin menjelaskannya.

Kebetulan saya sudah pernah memakai semua dari versi Windows tersebut. Jadi, kurang lebih saya cukup paham mengenai perbedaannya, serta apa saja kelebihan di setiap sistemnya.

Apa saja? Yuk, kita bahas di bawah ini:

1. Waktu Perilisannya

Perbedaan Windows 7 Dan Windows 10

Yang paling mudah, kita bisa mengetahui perbedaannya dari tanggal perilisannya. Windows XP merupakan sistem paling lama dalam pembahasan ini, sedangkan Windows 10 adalah yang terbaru.

Hasilnya, tentu saja akan terlihat pada pembaruan sistem yang diberikan Microsoft. Dalam kata lain artinya:

Semakin baru = semakin bagus.

Untuk data rilisnya, silakan lihat pada tabel berikut:

Sistem OperasiWaktu Rilis
Windows XP25 Oktober 2001
Windows Vista22 Juli 2005
Windows 722 Juli 2009
Windows 826 Oktober 2012
Windows 1029 Juli 2015

Dengan mengetahui data di atas, pasti sekarang Anda sudah paham perbedaan utama dari semua versi Windows pada pembahasan ini.

Lalu, apakah hanya itu saja bedanya? Tidak tentunya. Mari kita lanjut lagi.

2. Tampilan

Tampilan Windows

Setiap versi Windows tersebut punya tampilan yang berbeda-beda, meski beberapa di antaranya tetap punya beberapa kesamaan.

Ciri khas dari versi-versi Windows tersebut kurang lebih seperti berikut:

  • Windows XP dengan menu bar berwarna hijau dan wallpaper pemandangan.
  • Windows vista dan 7 dengan Start Menu Windows Aero.
  • Windows 8 dengan ciri khas tanpa Start Menu.
  • Windows 10 dengan ciri khas kembalinya Start Menu yang hilang sebelumnya.

Semua tampilan yang ada, sejatinya menyesuaikan trend dan zaman pada saat versi Windows tersebut dirilis.

Selain itu, juga sudah disesuaikan dengan kemampuan sistem rata-rata komputer pada saat itu.

3. Kompabilitas

Kompabilitas Software

Dalam masalah penginstalan aplikasi, kompabilitas jelas tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kalau berbicara soal kompabilitas ini, maka setiap versi Windows yang ada, jelas punya perbedaan satu sama lain.

Perbedaan paling mencolok bisa dilihat antara Windows XP dan Windows 10, di mana keduanya memeiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal support aplikasi.

Lain halnya dengan Windows 7, di mana versi ini hampir support terhadap semua aplikasi yang ada di Windows XP dan Windows 10.

4. Fitur

Perbedaan Fitur

Baik Windows XP, Vista, 7, 8, sampai 10, semuanya punya fitur yang berbeda-beda di setiap versinya. Namun satu hal yang dapat dipastikan, semakin baru versinya, maka semakin lengkap pula fiturnya.

Misalnya, fitur Windows Aero yang sempat saya sebut di atas tadi. Itu adalah fitur yang umumnya bisa ditemukan pada Windows Vista dan 7, namun tidak ditemukan di Windows XP.

Atau fitur Cortana yang bisa membuat pengguna memberikan suatu perintah terhadap sistem Windows 10 hanya dengan menggunakan suara.

5. Keamanan

Perbedaan Fitur Keamanan

Pada dasarnya, keamanan pada Windows akan disesuaikan ketika baru dirilis, serta akan diperbarui pula seiring berjalannya waktu.

Jadi, masalah keamanan ini bisa dibilang tergantung penggunanya juga. Jika mereka rutin memperbarui sistemnya, maka tingkat keamanan sistem akan semakin baik.

Tapi jika tidak, mungkin bedanya tidak terlalu terasa.

Suka Pakai GOM Player? Cek Yuk, Cara Memperbaiki Tampilan GOM Player yang Bermasalah.

6. Support Update

Update Windows

Microsoft akan terus memberikan support update pada sistemnya dari tahun ke tahun. Namun untuk beberapa sistem, ada juga yang sudah tidak mendapatkan support lagi.

Misalnya support Windows XP yang sudah berakhir pada tanggal 8 April 2014, Windows Vista pada 11 April 2017, serta Windows 8 juga telah dihentikan pada tanggal 14 Januari 2020 lalu.

Pada intinya, setiap versi Windows yang kita bahas di sini, ada yang masih mendapat support update, dan ada juga yang sudah tidak lagi.

Apa dampaknya jika sudah tidak memiliki support update tersebut? Di antaranya, tentu bisa berpengaruh terhadap keamanan atau pada penggunaan lainnya.

Perbedaan Versi Windows Secara Spesifik

Di bawah ini, saya akan menjelaskan perbedaan Windows secara spesifik, namun hanya untuk yang paling sering ditanyakan saja.

Misalnya, perbedaan antara Windows 7 dengan Windows 8, atau perbedaan antara Windows 8 dengan Windows 10.

Tujuannya, supaya Anda bisa membandingkan perbedaan mencolok antar setiap versi Windows yang ada.

1. Perbedaan Windows XP dan Vista

Windows XP dirilis pada tahun 2001, sedangkan Windows Vista yang merupakan penerusnya dirilis pada tahun 2005.

Dari segi tampilan, Windows Vista bisa dibilang lebih modern, karena sudah menggunakan fitur Windows Aero. Namun jika bicara soal stabilitas, nyatanya Windows XP lebih banyak disukai pengguna, lho.

Dari segi kompabilitas, keduanya sama. Kemudian dari segi keamanan juga tidak begitu jauh, karena support keduanya sudah dihentikan beberapa tahun yang lalu.

2. Perbedaan Windows 7 dan Windows 8

Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Juli 2009, sedangkan Windows 8 pada tanggal 26 Oktober 2012.

Dari segi tampilan, Windows 7 masih mirip dengan pendahulunya (Windows Vista). Untuk Windows 8, punya desain flat dengan ciri khas tanpa Start Menu di bagian bawahnya.

Secara support atau kompabilitas aplikasi, keduanya relatif sama. Namun Windows 8 bisa dibilang lebih multifungsi, karena punya fitur yang lebih lengkap, serta sudah dioptimalkan untuk penggunaan touchscreen juga.

3. Perbedaan Windows 8 dan Windows 10

Windows 8 dirilis pada 26 Oktober 2012, sedangkan Windows 10 pada 29 Juli 2015.

Tampilan kedua versi Windows ini bisa dibilang mirip. Hanya saja, Windows 10 bisa dibilang sudah melewati tahap penyempurnaan dari Windows 8. Jadi, cocok untuk digunakan di banyak perangkat (smartphone, tablet, laptop touchscreen).

Dari segi kompabilitas pun keduanya sama. Namun kalau bicara soal fungsi gaming, maka Windows 10 lebih direkomendasikan, karena sudah support DirectX 12 versi terbaru.

4. Perbedaan Windows 7 dan Windows 10

Jika Anda sudah membaca pembahasan di atas, maka Anda sekarang pastinya sudah mengetahui jangka waktu rilis antara Windows 7 dan 10 yang berjarak sekitar 6 tahun.

Dari segi tampilan, tentu keduanya sangat berbeda. Windows 10 punya desain modern, sedangkan Windows 7 memiliki ciri khas dengan tampilan Aeronya.

Dari segi stabilitas, Windows 7 dikenal lebih ringan dan support terhadap hardwarehardware lama. Sedangkan Windows 10 sebaliknya.

Dari segi kompabilitas, kalau berbicara soal aplikasi atau game terbaru, maka Windows 10 punya kompabilitas yang lebih baik. Tapi tentu akan berbanding terbalik, kalau kita bicara soal aplikasi keluaran lama.

Penutup

Artikel ini saya tujukan untuk Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara versi Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10.

Semuanya sudah saya tulis sejelas dan semudah mungkin, agar dapat dipahami oleh yang masih awam soal ini sekalipun.

Tapi kalau masih nggak paham, Anda tidak perlu khawatir. Cukup tanyakan saja bagian mana yang ingin diketahui lebih lanjut melalui kolom komentar di bawah. Nanti biar saya jelaskan lebih lanjut jika sempat.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like