Merk Power Bank Terbaik

Memilih merk power bank terbaik, memang tidak semudah memilih merk HP.

Selain karena banyak sekali merk yang ada, kebanyakan di antaranya bahkan tak familiar namanya.

Kemudian, dari banyaknya varian merk power bank tersebut, juga terdapat pula beragam pilihan kapasitas yang berbeda. Ada yang hanya sekian ribu mAh saja, hingga ada pula yang mencapai puluhan ribu mAh.

Tentu saja kapasitas power bank yang besar akan terdengar menggiurkan. Karenanya, tidak sedikit pengguna HP yang tertarik untuk membelinya.

Ini Resikonya, Jika Anda Salah Menggunakan Power Bank

Kurangnya pengetahuan akan power bank yang baik, justru bisa jadi petaka, lho. Sebab, pemakaian power bank yang tidak jelas bisa saja malah merusak HP itu sendiri.

Lebih dari itu, power bank yang tidak jelas juga sering kali memiliki masalah dalam hal masa pakainya, sehingga tidak akan bisa awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Maksud power bank yang tidak jelas di sini, bisa meliputi power bank KW, serta power bank dengan merk abal-abal (berkualitas rendah).

Berikut ini adalah beberapa contoh resiko, jika Anda menggunakan power bank yang salah:

  • Power bank yang tidak jelas, sangat mungkin memiliki daya tahan charging yang buruk. Dalam beberapa kasus terparah, power bank semacam ini bahkan hanya bisa dipakai satu kali saja, itu pun sebelum baterai HP-nya penuh.
  • Power bank KW, biasanya sering menghasilkan panas berlebih, yang mana disebabkan oleh komponennya yang buruk. Kondisi ini jelas berbahaya, karena memiliki resiko tinggi akan meledak.
  • Mayoritas HP Android saat ini memiliki pengisian daya dengan output sebesar 5V. Sedangkan pada power bank jelek, output tersebut biasanya tidak stabil. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada HP.
  • Penggunaan power bank yang tidak jelas juga kadang mengakibatkan masalah pada HP, ketika digunakan. Contoh yang paling sering terjadi, seperti touchscreen menjadi error ketika HP sedang dicas.

Baca Juga: Cara Memindahkan Foto HP ke Laptop

Bagaimana Cara Memilih Power Bank yang Baik?

Dari pembahasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa memakai power bank abal-abal itu sangat merugikan. Apalagi kalau power bank tersebut sampai merusak HP Anda.

Wah, jangan sampai deh, ya!

Nah, untuk itu, perlu Anda ketahui bahwa power bank yang tidak berkualitas itu biasanya dicirikan dengan 2 hal berikut, pada saat dijual:

1. Kapasitas

Power bank murahan, biasanya mengklaim punya kapasitas yang sangat besar. Misal, mengklaim kapasitasnya puluhan ribu mAh, apalagi ratusan ribu mAh.

Untuk power bank puluhan ribu mAh, sekarang memang sudah ada. Tapi untuk power bank yang mencapai ratusan ribu mAh, itu masih sangat jarang.

2. Harga

Patokan selanjutnya, ada pada segi harga.

Power bank KW, rata-rata memiliki harga yang tergolong murah, namun tidak masuk akal. Hal ini berbanding terbalik dengan kapasitas yang ditawarkan.

Sebagai contoh, power bank berkapasitas 20.000 mAh hanya dijual di kisaran 50 ribu rupiah saja. Padahal, harga power bank untuk kapasitas sebesar itu, normalnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Jadi, jika Anda melihat ada orang yang menjual power bank dengan kapasitas besar, tapi harganya sangat miring, Anda harus berhati-hati bila tergiur untuk membelinya.

Rekomendasi Merk Power Bank Terbaik

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menggunakan power bank bagus yang benar-benar terbukti kualitasnya.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih merk-merk power bank terkenal, yang mana kualitasnya sudah benar-benar terbukti aman.

Sejauh yang saya ketahui, ada beberapa merk-merk power bank berkualitas, dengan review positif dari penggunanya.

Langsung saja, berikut ini saya akan membagikan 6 merk power bank terbaik, untuk HP Android dan iPhone. Berikut ulasannya:

Anker

Anker merupakan salah satu perusahan kelas dunia yang bermain di bidang produk-produk elektronik, khususnya power bank.

Merk ini menawarkan beragam produk power bank dengan pilih kapasitas yang bervariasi.

Soal kualitas, Anker sudah tidak perlu diragukan lagi. Di kalangan pengguna gadget, Anker ini sudah cukup terkenal, bahkan sudah banyak memperoleh review dan hasil yang positif, baik dalam maupun luar negeri.

Untuk harganya sendiri bervariasi. Mulai dari ratusan ribu rupiah, sampai ada juga yang tembus jutaan rupiah.

Kemudian untuk kapasitasnya, Anker menyediakan power bank dengan kapasitas mulai dari 3.000 mAh, 5.000 mAh, sampai puluhan ribu mAh, yang mana tersedia juga fitur fast charging atau quick charging.

Selanjutnya dari segi model. Anker menawarkan desain yang juga bervariasi, seperti yang modelnya biasa, sampai dengan yang modelnya slim.

Jika Anda tertarik, Anda bisa melirik produk-produknya melalui situs resmi Anker itu sendiri, yang mana kini telah tersedia pula untuk region Indonesia.

Xiaomi

Kalau merk ini, Anda pasti sudah tahu bukan? Ya, Xiaomi merupakan perusahaan teknologi yang terkenal dengan produk-produk smartphone, yang mana menawarkan spesifikasi tinggi, namun dengan harga yang terjangkau.

Selain smartphone, Xiaomi juga bergerak dalam bidang produk lainnya, seperti headset, kamera, laptop, dan juga power bank.

Xiaomi memiliki beberapa macam produk power bank, dengan kapasitas mulai dari 5.000 hingga 20.000 mAh, serta dibanderol di kisaran harga yang terjangkau.

Nah, kalau soal kualitas, power bank Xiaomi juga tidak perlu diragukan lagi, mengingat merk Xiaomi sudah sangat terkenal saat ini.

Tapi, yang perlu Anda perhatikan, pastikan Anda membeli power bank Xiaomi yang benar-benar original, bukan KW. Karena ada beberapa seller nakal yang menjual produk Xiaomi KW dengan harga murah.

ASUS ZenPower

Sama halnya dengan Xiaomi, ASUS juga merupakan salah satu brand raksasa dunia saat ini bergerak di bidang teknologi. Dari sekian banyak produk elektronik yang dikeluarkannya, ASUS juga merilis varian produk power bank, lho.

Produk power bank ASUS ini bernama ASUS ZenPower.

ASUS ZenPower ditawarkan dalam beberapa tipe, mulai dari 3.000 mAh, hingga 10.500 mAh.

Power bank ini memiliki desain yang simpel, namun tetap elegan. Praktisnya lagi, ASUS ZenPower ini juga memiliki desain yang compact, sehingga lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Untuk fiturnya, ASUS ZenPower juga mendukung berbagai jenis protection yang bisa melindungi HP Anda ketika sedang berada dalam proses charging.

Soal kualitas, mengingat ASUS juga merupakan salah satu brand raksasa dunia, maka kualitas power bank dari ASUS ini tidak perlu diragukan lagi.

Tapi perlu diingat, sama halnya dengan Xiaomi, ada produk-produk ASUS KW yang ditawarkan dengan harga murah. Biasanya, produk-produk KW ini memiliki model berbeda dengan yang tertera di website resmi ASUS.

Jadi, pastikan juga ASUS ZenPower yang Anda beli adalah produk original ASUS, ya.

Vivan

Kalau berbicara tentang power bank, maka Vivan merupakan salah satu merk yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, di Indonesia ini, Vivan sudah cukup dikenal oleh kalangan pengguna gadget.

Vivan memiliki banyak pilihan produk power bank yang bisa Anda pilih. Kapasitas yang tersedia mulai dari 5.000 mAh hingga 20.000 mAh ke atas, dengan harga di kisaran 100 sampai 500 ribuan. Sangat terjangkau.

Power bank Vivan juga memiliki beragam fitur di setiap produknya. Di antaranya, ada yang sudah mendukung fitur dual output, quick charging, bahkan senter

Untuk kualitas, Vivan sudah banyak mendapat tanggapan positif, serta banyak direkomendasikan oleh orang-orang dari kalangan pengguna gadget. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Lebih dari itu, karena namanya yang sudah terkenal di kalangan pengguna gadget, produk Vivan ini bisa dicari di konter maupun sellerseller HP terdekat di kota Anda.

Aukey

Selanjutnya adalah Aukey.

Kalau Anda sedang mencari power bank berkualitas, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli produk keluaran Aukey.

Aukey merupakan perusahaan power bank yang sudah bersaing di kancah internasional, sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Aukey memiliki puluhan tipe power bank yang bisa Anda pilih, dengan desainnya yang khas berwarna hitam, serta memiliki dimensi dan model yang berbeda-beda.

Setiap tipe power bank tersebut juga memiliki fitur yang berbeda-beda. Mulai dari fitur senter, quick charging, hingga sunpanel.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencari power bank Aukey di kota Anda, atau membelinya secara online. Sudah banyak kok yang menjualnya.

Hippo

Sedang mencari power bank dengan harga yang miring? Maka Anda bisa mempertimbangkan Hippo.

Hippo merupakan salah satu merk power bank yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Power bank Hippo memiliki berbagai keunggulan, seperti cell baterai yang berkualitas, real capacity, desain yang unik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Hippo juga memiliki berbagai safe protection, seperti short sircuit protection, temperature protection, dan overcharging protection.

Ditambah lagi, Hippo juga sudah mendapat sertifikasi standar keamanan yang menjamin bahwa power bank ini aman dan layak dipakai.

Untuk harga, power bank Hippo ditawarkan di kisaran harga 100 hingga 300 ribuan, untuk ukuran kapasitas 4.500 hingga 24.000 mAh.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang 6 merk power bank terbaik yang bisa Anda pilih.

Selain 6 merk power bank di atas, pastinya masih ada beberapa merk lagi yang juga memiliki kualitas baik, namun belum saya ulas di sini karena berbagai alasan.

Namun, 6 merk power bank di atas pun sejatinya sudah merupakan merk-merk yang terbukti memiliki kualitas bagus, awet, dan aman untuk dipakai.

Jadi, merk apakah yang ingin Anda pilih?

Rekomendasi di atas, saya ambil berdasarkan hasil pertimbangan dari rekan-rekan pengguna gadget, yang sudah memiliki cukup pengalaman dalam menggunakan power bank.

Tapi yang terpenting, pastikan Anda hanya membeli produk yang original, dan bukan KW, ya. Karena percuma saja jika Anda membeli produk non original.

Untuk memastikan produk yang Anda beli adalah produk original, selain mempertimbangkan harga dan kapasitas yang masuk akal, sebaiknya Anda juga hanya membeli power bank melalui sellerseller populer yang sudah terpercaya saja.

Misal, Anda bisa membelinya di situs jual beli online besar, yang menjamin keaslian produknya (toko resmi).

Selain karena di sana tersedia banyak pilihan produk power bank yang recommended, hal ini pun bisa meminimalisir resiko Anda mendapatkan produk yang bukan original.

Punya pertanyaan seputar artikel ini? Silakan kirim melalui kotak komentar di bawah, ya!

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like