Spesifikasi Minimal PC / Laptop Untuk Main Game Berat Baru

Game Berat

Seorang PC gamer memiliki masalah serius terhadap satu masalah abadi, yaitu spesifikasi perangkat yang mereka punya, apakah sudah sesuai dengan game yang akan dimainkan atau tidak.

Berbeda dengan konsol, di PC atau laptop, kita harus mengecek kesanggupan perangkat kita terlebih dahulu untuk memainkan sebuah game.

Di sekitaran tahun 2016-2017, saya melihat banyak system requirements yang mulai meningkat.

Walau tidak semua, tapi kebanyakan developer besar semacam Bethesda, Konami, dan sebagainya, sudah semakin meningkatkan kualitas game yang mereka buat.

Perubahan ini terasa cukup drastis buat saya. Bahkan dengan spesifikasi yang biasa saya gunakan, kini sangat terbatas untuk memainkan gamegame keluaran baru.

Cerita Sedikit Dulu, ya

Saya build PC pertama itu tahun 2013, di mana saya menggunakan spesifikasi Intel Pentium G2020, RAM 4GB, VGA HD 7730 dengan harddisk 1 Tera.

Sebenarnya bisa dapat lebih. Sayangnya di kota saya harga komponen tergolong sangat mahal, ditambah sialnya lagi kala itu saya beli berbarengan pada saat kurs dollar sedang menanjak drastis. Akhirnya jadi begitu, deh.

Akan tetapi, ketika itu (tahun 2013) gamegame berat seperti Tomb Raider 2013, PES 2013, Battlefield 3, Bioshock Infinite, Farcry 4, Dishonored, Hitman Absolution, Watch Dog, dan sebagainya masih bisa dijalankan dengan mudah.

Bahkan di resolusi HD, saya bisa mendapatkan FPS 30 ke atas dengan pengaturan High sampai Ultra.

Karena memang pada waktu itu, processor Dual-Core ditambah RAM 4GB masih cukup untuk memainkan gamegame dengan grafis yang terbilang oke.

Nah, ketika negara api menyerang mulai muncul gamegame baru, maka spesifikasi minimal rata-rata game saat itu pun meningkat.

Seingat saya ada GTA V yang minimal butuh Quad-Core processor supaya game berjalan optimal. Kemudian disusul dengan system requirements untuk game lainnya yang juga mulai berubah.

Lalu pada awal tahun 2015, saya mulai meng-upgrade part PC saya sedikit demi sedikit.

Dimulai dari power supply, harddisk, dan casing. Harddisk saya rusak karena PSU yang jelek (bawaan casing). Dampaknya, sekitar 800GB data saya hilang semua.

Kemudian saya juga mulai upgrade part lainnya, dengan tujuan bisa memainkan game dengan lebih lancar.

Karena saat itu saya pikir ke depannya mungkin game membutuhkan spesifikasi minimal Quad-Core, maka saya upgrade processor terlebih dahulu ke AMD Athlon 860K, ditambah HSF Gammax 400, menambah RAM hingga 8GB, serta menambah pula harddisk dan SSD.

game

Tapi sebenarnya, Denuvo sudah mulai ‘mengamankan’ gamegame baru, sehingga mengakibatkan banyak game kelas atas yang tidak bisa dimainkan karena kerasnya sistem keamanan tersebut.

Akhirnya saya malah jadi tidak bisa memainkan gamegame baru lagi. Ya maklum sih, saya hanya penikmat game tani, hehe. Karenanya, saya jadi tidak update game lagi, deh.

Kemudian dari tahun 2016 sampai saat ini (2017), gamegame keluaran baru ternyata sudah benar-benar berubah spesifikasi minimalnya.

Berikut perbedaan spesifikasi yang dibutuhkan oleh game keluaran 2013/2014 dengan game keluaran 2017:

Spesifikasi Watch Dogs (2014)

  • CPU: Intel Core 2 Quad Q8400 @ 2.66Ghz or AMD Phenom II X4 940 @ 3.0Ghz.
  • RAM: 6 GB.
  • OS: Windows Vista (SP2), Windows 7 (SP1), or Windows 8 (64 bit only).
  • Video Card: DirectX 11 graphics card with 1 GB Video RAM – Nvidia Geforce GTX 460 or AMD Radeon HD 5770/Intel Iris Pro HD 5200.
  • Sound Card: Yes.
  • Free Disk Space: 25 GB.

 Spesifikasi Watch Dogs 2 (2016)

  • CPU: Intel Core i5 2400s @ 2.5 GHz, AMD FX 6120 @ 3.5 GHz or better.
  • CPU Speed: Info.
  • RAM: 6 GB.
  • OS: Windows 7 SP1, Windows 8.1, Windows 10 (64 bit versions only).
  • Video Card: NVIDIA GeForce GTX 660 with 2 GB VRAM or AMD Radeon HD 7870, with 2 GB VRAM or better.
  • Sound Card: DirectX compatible using the latest drivers.
  • Free Disk Space: 50 GB.

Pada perbandingan di atas, Anda bisa melihat loncatan kebutuhan spesifikasi antara 2 game yang sama, dengan seri berbeda. Watch Dogs dirilis pada awal 2014, sedangkan Watch Dogs 2 dirilis pada akhir 2016.

Untuk perbandingan, sengaja saya tulis mininum system requirements, supaya sesuai dengan tema artikel ini.

Saat tahun 2014, saya bisa bermain Watch Dogs dengan sangat lancar. Walaupun saat itu processor saya masih Dual-Core. VGA pun bisa dibilang masih di bawah dari tipe minimal yang dibutuhkan.

Tapi pada Watch Dogs 2, spesifikasi saya saat ini (Athlon 860K, 8GB RAM, HD 7730) ternyata sangat tidak worth it untuk memaikan game tersebut.

Terus terang, saya belum pernah memainkan Watch Dogs 2. Tapi kenapa saya bisa tahu?

Ini dikarenakan saya pernah mencoba Just Cause 3 yang kebutuhan spesifikasinya hampir sama. Di sini, saya hanya mendapatkan FPS di bawah 30, dan terasa sangat tidak nyaman.

Oleh karena itu, mengingat VGA yang saya gunakan sekarang sudah sangat lemah, maka saya memilih untuk menghindari game yang membutuhkan GTX 660 / HD 7870 sebagai spesifikasi minimalnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Game PC yang Lag.

Spesifikasi Minimal untuk Game Baru

Jadi, bagaimana kira-kira spesifikasi minimal yang dibutuhkan laptop atau PC, agar bisa digunakan untuk bermain gamegame baru dengan lancar?

Akan coba saya bahas satu per satu, berikut ini:

1. Spesifikasi untuk Processor

Untuk spesifikasi processor, disarankan minimal Quad-Core agar bisa mengangkat gamegame terbaru.

Perlu diketahui, Quad-Core yang dimaksud di sini adalah Quad-Core yang kira-kira setara atau setidaknya mendekati performa Intel Core i5 2400. Hal ini dimaksudkan agar game yang dimainkan bisa berjalan dengan lancar.

Jika menggunakan processor Intel, minimalnya Core i5 Sandy Bridge (seri 2000). Amannya sih Ivy Bridge (seri 3000), dengan catatan performanya sesuai dengan system requirements yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk AMD, sekiranya minimal gunakan AMD FX 6300 (Vishera), karena AMD Vishera ini sudah bisa mendekati Core i5 Sandy Bridge.    

2. RAM Minimal 6GB 

Walaupun RAM efeknya kecil sekali buat game, tapi RAM memiliki peran untuk menampung resource yang dikeluarkan oleh game.

Saya ingat, pada tahun 2013 lalu, banyak orang bilang bahwa RAM 4GB sudah sangat mencukupi untuk memainkan game dengan grafis Ultra sekalipun.

Tapi untuk gamegame terbaru saat ini, minimal RAM yang direkomendasikan untuk gamegame baru minimal 6GB.

Tapi kalau saya lebih merekomendasikan setidaknya 8GB, karena memikirkan faktor futureproof. Ditambah lagi, kebanyakan motherboard mainstream hanya memiliki 2 slot. Jadi saya kira tanggung.

3. VGA Minimal GTX 650ti/HD 7790

Kalau Anda lihat minimum requirements game sekarang, VGA yang dibutuhkan adalah seri GTX 660. Tapi kenapa di sini saya menyarankan GTX 650ti atau HD 7790?

Karena saya pikir, GTX 650ti/HD 7790 sudah cukup playable untuk digunakan bermain game baru dengan setting menyesuaikan di resolusi HD.

Tapi kalau ingin benar-benar aman, bisa gunakan GTX 650Ti Boost/HD 7850 yang sudah playable dan benar-benar mendekati minimum requirements game sekarang.

4. Harddisk

Untuk harddisk, sebenarnya tergantung dari seberapa banyak game yang ingin Anda mainkan, karena tidak ada patokan pasti.

Saya ambil rata saja, ya. Anggaplah minimal 1TB untuk bermain gamegame baru dengan tenang.

Pada gamegame baru, saat ini rata-rata kapasitasnya butuh setidaknya 50GB per game, bahkan lebih dari itu.

Jika Anda ingin memainkan setidaknya 4 game AAA terbaru, maka harddisk sebesar 500GB bisa jadi sangat pas-pasan. Apalagi mengingat kapasitas tersebut masih terpakai untuk data-data lainnya juga.

Perhatikan!

Kembali ke tema artikel ini, yakni pembahasan tentang spesifikasi minimal untuk memainkan game baru di laptop atau PC.

Nah, spesifikasi-spesifikasi di atas, setidaknya bisa jadi patokan buat Anda yang ingin memainkan gamegame keluaran baru.

Pertanyaannya, kenapa sih tidak langsung ambil dari system requirement saja?

Pada dasarnya, spesifikasi sistem minimum yang dibutuhkan itu tergantung dari situasi, pengaturan, resolusi, serta hardware apa yang Anda pakai. Jadi, system requirements dari developer menurut saya tidak mengikat.

Pun untuk patokan spesifikasi minimal yang saya sebutkan di atas, juga tidak mengingat, karena dalam prakteknya bisa kurang dan bisa juga lebih.

Untuk mematoknya agar sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa melihat benchmark dari hardware yang Anda gunakan.

Spesifikasi yang saya sebutkan di atas, juga direkomendasikan oleh banyak situs lainnya. Lebih bagus lagi kalau Anda langsung mengetesnya sendiri.

Kecuali untuk harddisk dan RAM. Sebab, dua komponen ini nyaris tidak ada pengaruhnya di game. Intinya, semakin besar kapasitas RAM dan harddisk yang Anda gunakan, maka akan semakin baik pula hasilnya.    

Baca Juga: Cara Hapus Bersih Aplikasi dan Game di PC atau Laptop.

Untuk Anda yang Ingin Build PC 

Jika Anda ingin build PC, maka siapkanlah dana setidaknya 5.5 juta khusus untuk CPU-nya saja.

Dengan dana tersebut, Anda seharusnya sudah bisa memainkan gamegame terbaru dengan lancar, meski dengan pengaturan yang harus disesuaikan.

Untuk VGA, minimal ambil GTX 1050 atau RX 460, untuk bermain game di resolusi full HD. Apalagi HD sudah cukup untuk mengangkat gamegame terbaru (pengaturan menyesuaikan).

Sedangkan untuk processor, silakan sesuaikan lagi budget Anda dengan komponen-komponen lainnya. Boleh ambil Ryzen, i5 seri Haswell, atau 6000 ke atas. Kalau budget masih di luar batas, silakan downgrade dan sesuaikan lagi.    

Untuk Anda yang Ingin Membeli Laptop

Untuk laptop pasti jatuhnya bakal lebih mahal dibanding PC. Ditambah lagi, performa yang didapat pun bisa jadi lebih sedikit.

Terus terang, saya juga kurang update dengan spesifikasi-spesifikasi laptop baru. Jadi, Anda bisa mencari benchmark laptop masing-masing sesuai budget yang dimiliki.  

Kesimpulan

Sekali lagi, artikel di atas bisa saja tidak mengikat, tergantung situasi real yang Anda miliki. Artikel ini hanya dibuat dengan tujuan membantu Anda yang ingin mematok spesifikasi minimal untuk memainkan gamegame keluaran baru.

System requirement game yang saya sebut di atas pun tidak mengikat. Banyak game yang lebih rendah kebutuhannya dari apa yang saya sebutkan tadi, dan banyak pula yang kebutuhannya jauh lebih tinggi.

Semoga saja artikel ini cukup membantu, ya.

2 comments
  1. Bang… kalo spek udah lumayan bagus… trus mau main game low spek banget …

    tapi gamenya masih ngelag………..

    cara fixnya gimana ??

    saya ngetes game "NFS MW 2005 & CS 1.6" di laptop saya… tapi masih nge lag……

    padahal saya bisa main game bf3 di settingan high (dapet 55 fps) ………

    plis halp !! 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like