√ (Akurat) Ukuran Foto 3×4 Dalam Pixel dan Cara Membuatnya

Foto 3x4 Dalam Pixel

Ukuran foto 3×4 memiliki banyak sekali peruntukan. Biasanya, yang paling sering ditemui adalah untuk keperluan pas foto dalam pengurusan dokumen, seperti:

  • KTP.
  • Ijazah.
  • Buku nikah.
  • Sertifikat.
  • Kelengkapan daftar sekolah, universitas, atau melamar pekerjaan.
  • dan lain sebagainya.

Pertama-tama, foto akan diambil terlebih dahulu menggunakan kamera. Namun foto yang diambil menggunakan kamera biasanya punya resolusi tinggi, sehingga ukurannya pun belum sesuai dengan kebutuhan.

Dengan begitu, kita harus mengeditnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi editing saat akan membuat foto 3×4.

Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto Secara Online (Tanpa Ribet).

Ukuran Foto 3×4 Dalam Pixel

Seperti yang saya singgung tadi di pembukaan, untuk membuat foto 3×4, kita perlu mengeditnya terlebih dahulu.

Masalahnya, satuan resolusi foto di aplikasi edit itu kebanyakan menggunakan pixel. Sedangkan foto 3×4 itu kita hitung dalam satuan cm. Maka tentu saja hasilnya akan berbeda.

Perbedaan antar satuan pixel ini sangat jauh dengan cm, lho.

Dulu, salah seorang teman saya juga pernah cpba mengatur pas fotonya sendiri menjadi 3×4 pixel.

Hasilnya?

Tentu saja ketika di-print hasilnya tidak akurat. Gambarnya jadi buram dan pecah karena perbedaan ukuran yang sangat signifikan.

Pertanyaannya sekarang, berapa sih sebenarnya ukuran yang harus kita setting untuk membuat foto 3×4?

Ukuran foto 3×4 dihitung dalam satuan cm. Sedangkan kalau kita ubah ke pixel, ukuran yang paling tepat adalah 354×472 pixels dalam 300 dpi.

Ini sudah masuk ke standar internasional. Maksudnya, ukuran satuan pixel tersebut bukan hanya digunakan di negara Indonesia saja, melainkan di luar negeri pun demikian.

Jika Anda berkunjung ke situs luar yang berhubungan dengan fotografi misalnya, maka Anda bisa mendapati ukuran pixel tersebut.

Perlu diketahui juga, meski dihitung 3cm x 4cm, sebenarnya ukuran foto 3×4 harus sedikit dikurangi menjadi 2.8cm x 3.8cm. Salah satu tujuannya, agar mempermudah kita saat akan memotong hasil fotonya nanti.

Untuk lebih jelasnya, ukuran foto 3×4 adalah sebagai berikut:

Pixel354px x 472px
Milimeter28mm x 38mm
Centimeter2.8cm x 3.8cm
Inchi1.1in x 1.5in

Nah, kalau Anda ingin sekalian coba untuk mengaturnya, berikut tutorial membuat foto 3×4 menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Cara Mengatur Ukuran Foto 3×4 di Photoshop

Sebelum mulai mengatur ukuran fotonya, pertama-tama, silakan siapkan terlebih dahulu bahan pas fotonya. Disarankan menggunakan foto dengan resolusi yang agak tinggi, agar saat diubah nanti hasilnya nggak pecah.

Selanjutnya, silakan pindahkan pas foto tersebut ke PC atau laptop Anda untuk diedit menggunakan Photoshop.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mengubahnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Install dan buka aplikasi Adobe Photoshop di PC atau laptop Anda.

2. Setelah Photoshop terbuka, lihat di bagian kiri atas. Klik File > Klik Open > Kemudian buka bahan pas foto yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Buka gambar 3x4

3. Selanjutnya, klik Image > Pilih Image Size (atau bisa juga Ctrl + Alt + I).

Image size pas foto 3x4

4. Hilangkan centang Constrain Proportions, kemudian atur ukurannya:

Width354 Pixels
Height472 Pixels
ukuran foto 3x4 dalam cm ke pixel

Jika sudah, tinggal klik OK saja.

Terakhir, Anda bisa langsung mencetaknya, atau menyimpannya terlebih dahulu. Caranya:

Klik File > Save as > Lalu atur pengaturan penyimpanan dengan format gambar JPG agar hasilnya lebih bagus.

Tutorial yang saya buat ini, hanyalah salah satu dari sekian metode yang ada untuk membuat pas foto ukuran 3×4.

Jika Anda tidak punya aplikasi Photoshop, maka Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk mengatur ukurannya, seperti menggunakan aplikasi Paint atau secara online.

Untuk mempelajari bagaimana caranya, silakan baca saja artikel Leskompi.com yang lain, yaitu cara mengubah foto 3×4 di Paint atau cara mengubah foto 3×4 secara online (tanpa aplikasi).

Oh ya, tutorial ini juga hanya membahas soal mengatur ukurannya saja. Mungkin Anda juga perlu mengatur warna background, yang mana biasanya menggunakan warna merah atau biru.

Jika ada ketentuan tersebut dalam persyaratan pas foto, maka hal itu pun tak boleh luput dari perhatian Anda, sehingga Anda juga harus mengeditnya.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi seputar foto 3×4, mulai dari pembahasan berapa ukurannya dalam pixel, hingga bagaimana proses membuatnya melalui aplikasi Adobe Photoshop.

Bagaimana, nih? Sekarang Anda jadi sudah mengetahuinya bukan, mengenai berapa sih ukuran yang tepat untuk membuat pas foto 3×4?

Rasanya, untuk mengatur ukuran pas foto ini teramat mudah untuk dilakukan, ya? Pada intinya, yang harus Anda lakukan hanyalah mengatur ukurannya saja, dengan ukuran yang sudah ditetapkan.

Apalagi, ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatur ukurannya tersebut. Adobe Photoshop hanyalah salah satu di antaranya saja.

Nah, saya harap, dengan adanya artikel ini, bisa menginformasikan kepada Anda yang membutuhkannya, agar tidak mengalami kesalahan ukuran saat membuat pas foto 3×4 sendiri.

Anda juga sangat diperkenankan untuk bertanya melalui kolom komentar yang tersedia, jika sekiranya ada pembahasan yang kurang jelas atau tidak dipahami.

Jika ingin mengoreksi atau menambahkan informasi, hal ini juga tentu kami terima, dong. Silakan kirimkan saja melalui komentar, ya.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like