Begini Cara Menggabungkan Foto Di Paint (Dijamin Mudah!)

Menggabungkan foto, kadang cukup dibutuhkan untuk sebagian orang. Terutama untuk orang-orang yang telah mengabadikan momen tertentu, namun gambarnya terpisah-pisah.

Nah, dengan cara digabung, kita tentu saja bisa menyatukan seluruh momen tadi kedalam satu gambar. Sehingga selain bisa ‘menghemat’, dengan digabung foto-foto tadi akan menjadi lebih bagus dilihat.

Ada beberapa cara untuk menggabungkan foto. Salah satunya adalah dengan memakai aplikasi Paint dari bawaan Windows.

Cara menggabungkan foto dengan Paint

Ya, walau programnya yang sebenarnya biasa dipakai untuk menggambar, Paint sebenarnya bisa juga dipakai sebagai aplikasi foto editor ringan.

Contoh fungsi editingnya seperti memotong foto, merubah ukuran foto, merubah format foto dan masih banyak lagi. Bahkan, hampir 80% gambar atau foto di situs ini saya edit dulu memakai Paint lho..

Nah, untuk menggabungkan 2 atau beberapa foto jadi satu, tentu saja bisa. Karena saya sendiri juga pernah mencobanya.

Dan pada artikel ini saya ingin membahas hal tersebut, yakni bagaimana caranya untuk menggabungkan beberapa foto jadi satu memakai Paint, untuk Anda yang barangkali sedang butuh. Berikut caranya :

Baca juga : Resolusi Gambar JPG Kecil? Ini Cara Menaikkannya!

Cara Menggabungkan Foto Di Paint

Sebelum memulai, tentunya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu foto-foto yang ingin digabung. Rekomendasi saya taruh didalam satu folder agar nanti mudah mencarinya :

gabung foto paint

Jika sudah, kita mulai caranya :

Persiapan :

Langkah 1 : Pertama, silakan buka dulu foto atau gambar yang ingin digabung dengan Paint. Caranya klik kanan foto / gambar tersebut >> pilih open with >> lalu klik Paint :

Buka gambar 1

Langkah 2 : Nah, setelah fotonya terbuka, Anda akan melihat sebuah kotak kecil (batas) dari foto tersebut. Fungsinya untuk melebarkan halaman putih pada Paint :

perbesar resolusi paint

Langkah 3 : Pilih kotak yang ada di ujung bawah kanan >> Klik dan tahan kotak tersebut >> kemudian lebarkan sesuai kebutuhan. Contoh jadinya seperti ini :

Foto 1 dilebar

Langkah 4 : Selesai dilebarkan, otomatis foto yang dibuka tadi akan menempel tepat dipojok. Silakan geser dulu sesuai kebutuhan (Pakai tool Select di menu bagian atas).

Geser foto 1

Setelah Anda selesai mengikuti langkah-langkah diatas, sekarang foto tersebut siap digabungkan.

Tutorialnya sendiri memang sengaja saya pisah supaya lebih mudah dimengerti. Nah, kita lanjut lagi :

Cara Menggabungkan Foto Kedua :

Langkah 5 : Klik tombol Paste (Tanda panah kebawahnya) >> Lalu klik Paste from :

Tool paste from


Langkah 6 : Silakan cari foto kedua yang ingin Anda gabungkan >> Setelah ituk klik Open :

buka foto kedua

Langkah 7 : Geser fotonya ke tempat yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengubah ukuran foto tersebut dengan cara klik ujung kotak kecil di sudut-sudut foto (Sama seperti sebelumnya). Contohnya jadi seperti ini :

Gabung foto di paint

Dan seperti yang Anda lihat, foto sudah berhasil saya gabung. Tapi disini total cuma ada 2 foto saja. Nah, jika Anda ingin menggabungkan beberapa foto lagi, langkahnya seperti ini :

Cara Menggabungkan Foto Ketiga Dan Seterusnya :

 

Langkah 8 : Klik lagi tombol Paste From :

paste from foto ketiga

Langkah 9 : Setelah itu pilih foto ketiga yang ingin Anda tempel :

Buka foto ketiga

Langkah 10 : Geser dan ganti ukuran foto tersebut sesuai yang Anda butuhkan. Jika digabung dengan Foto 1 dan Foto 2 sebelumnya, contoh jadinya seperti ini :

Hasil 3 foto

Nah, untuk menggabung Foto keempat dan seterusnya, cukup ulangi saja Langkah 8 sampai Langkah 10, karena pada dasarnya sama. Misalnya begini :

gabung 4 foto

Tapi perlu diingat, jika Anda ingin memasukkan banyak foto sekaligus (10 misalnya), lebih baik perbesar saja dulu halaman putihnya (Cek Langkah 3).

Atau sebelum digabung, akan lebih baik juga jika fotonya dikecilkan terlebih dahulu resolusinya supaya bisa muat banyak dan tidak terlalu besar. Caranya bisa baca di Cara mengecilkan ukuran foto atau memakai Cara Kompress File JPG.

  • Jika semua prosesnya selesai, klik CTRL + S untuk menyimpan foto

Penutup…

Kesimpulannya, menggabungkan foto menggunakan Paint sangatlah mudah. Saya sendiri jujur, cukup sering menggabungkan beberapa foto sekaligus menggunakan cara diatas.

Jika Anda belum paham, coba Anda ulangi lagi langkah-langkahnya, supaya nanti bisa lebih cepat mengerti. Tapi jika ada yang bingung, Anda tentu saja bisa menanyakannya lewat kotak komentar dibawah.

Sekian, semoga bermanfaat.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like