Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Cara Mengatasi D3DX9 43 is Missing

D3DX9_43.DLL is Missing – Setelah selesai melakukan instalasi game, maka akan ada banyak sekali kemungkinan masalah (error) yang bisa saja muncul, mulai dari yang terbilang ringan sampai yang berat.

Masalah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi karena spesifikasi PC atau laptopnya yang kurang mumpuni, akibat kurangnya file sistem yang dibutuhkan, atau lain sebagainya.

Nah, pada pembahasan kali ini, saya ingin sedikit membahas tentang penyebab dan solusi masalah missing D3DX9_43.DLL.

Masalah ini banyak sekali terjadi pada gamegame populer, seperti PES, GTA V, Euro Truck Simulator, dan lain-lain.

Penyebab Pesan “D3DX9_43.DLL is Missing

Untuk penyebabnya sendiri, saya kira nggak begitu rumit, ya.

Kata “missing“, kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “hilang”. Maka pesan ini menandakan bahwa ada satu file yang hilang atau tidak ditemukan pada sistem kita.

Iya, file yang dimaksud tersebut adalah D3DX9_43.DLL.

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya file sistem yang terinstal. Saya sendiri pun nggak heran, karena memang nggak sedikit yang belum paham akan hal ini.

Terus bagaimana cara mengatasinya? Kita lanjut di poin berikutnya, ya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error Code 43 Windows Stopped This Device.

Cara Mengatasi “D3DX9_43.DLL is Missing” Semua Game (GTA, PES, dll)

Untuk mengatasi file DLL yang hilang ini sangat mudah.

Karena file yang dibutuhkan hilang, maka kita hanya perlu memasang lagi saja file yang hilang tersebut. Dengan begitu, sistem akan bisa membacanya, bukan?

Pertanyaannya sekarang, bagaimana nih cara untuk menambahkannya?

Nah, terus terang, di sini setidaknya saya punya 3 metode. Anda bisa mencoba metode-metode tersebut, yang mana akan saya bahas detailnya di bawah ini.

Semoga saja bisa menormalkan game-nya, ya.

1. Melalui DirectX

Install DirectX

D3DX9_43.DLL adalah sebuah file yang asalnya dari sistem DirectX. Tapi Anda sudah tahu belum apa itu DirectX?

Singkatnya, DirectX ini adalah sebuah kumpulan program yang berfungsi untuk memproses kerja dari sebuah game. Misalnya seperti:

  • Font.
  • Grafis 3D.
  • Grafis 2D.
  • Audio.
  • Proses GPU (VGA).
  • Dan lain-lain.

Oleh karena itu, file dari DirectX ini bisa dibilang sangat penting.

Nah, sekarang bagaimana nih cara menginstalnya? Caranya nggak sulit, kok. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah 1. Pertama-tama, tentu saja Anda harus mendapatkan file DirectX terlebih dahulu. Bisa didapatkan langsung dari situs resmi Microsoft.
  • Langkah 2. Kalau sudah, silakan buka aplikasinya > Klik Accept This Agreement > Klik Next > Lalu tunggu proses instalasinya seperti biasa.
  • Langkah 3. Kalau sudah selesai, restart dulu PC atau laptop Anda, lalu coba lagi game-nya. Maka seharusnya game tersebut akan normal kembali, atau minimal pesan “missing” tadi telah teratasi.

Bukan hanya ketika akan bermain game. Cara ini biasanya langsung saya lakukan sewaktu habis install ulang Windows, supaya nggak repot lagi nantinya.

Bisa dibilang cara ini super efektif. Sekitar 90% masalah missing DLL, baik itu pada D3DX9_43.DLL maupun file DLL sejenisnya, bisa teratasi dengan cara ini. Jadi, silakan dicoba, ya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi HRESULT-0XC8000222.

2. Melalui File Redist

Folder DirectX Sistem

Di beberapa game, ada developer yang menyimpan folder bernama Redist, yang mana di dalamnya terdapat sekumpulan filefile sistem.

Nah, ini wajib Anda install, ya. Terutama jika di dalamnya ada folder DirectX, maka file D3DX9_43.DLL harusnya sudah satu paket.

Untuk cara menginstalnya sendiri kurang lebih sama seperti sebelumnya. Anda hanya perlu membuka saja file DXSETUP di folder DirectX tadi.

Oh ya, bukan cuma DirectX, install juga filefile lainnya, seperti Microsoft Visual C++ dan sejenis, agar error lain tidak muncul.

Baca Juga: Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll is Missing.

3. Memasang Sendiri Secara Manual

D3DX9

Cara terakhir ini harus kita lakukan, jika sekiranya cara pertama dan cara kedua masih belum berhasil setelah diterapkan.

Pada dasarnya, pemasangan secara manual ini sebenarnya lebih bertujuan untuk membuat file tertentu secara exact (tepat). Misalnya untuk pembahasan kali ini, D3DX9_43.DLL.

Hasilnya? Ya seharusnya sih lebih efektif untuk mengatasi masalah ini.

Cara memasang file-nya secara manual:

  • Langkah 1. Pertama, kunjungi dulu halaman DLL-Files.com untuk mendapatkan file D3DX9_43.
  • Langkah 2. Silakan download file-nya. Sesuaikan dengan versi Windows yang Anda gunakan. Apakah 32 bit atau 64 bit?
  • Langkah 3. Kalau sudah, ekstrak file-nya menggunakan aplikasi WinRAR atau sejenisnya.
  • Langkah 4. Salin file DLL hasil ekstrak tadi, kemudian paste tepat di folder game tujuan (yang ada .exe-nya, ya).
  • Langkah 5. Kalau sudah, coba tes kembali game-nya.

Oh ya, cara ini bisa dibilang alternatif saja, ya. Karena dari hasil pengalaman saya, jenis file D3DX9_43 ini ada banyak, dan nggak semua game bisa kompatibel dengan satu file tersebut.

Jadi, kalau belum berhasil, coba tes kembali dengan menginstal file DirectX seperti yang telah saya jelaskan.

Walaupun begitu, saya sendiri sudah banyak berhasil menghilangkan masalah hilangnya file D3DX9_43.DLL menggunakan cara ini. Jadi, menurut saya patut dicoba.

Akhir Kata

Itulah kira-kira 3 metode yang saya maksudkan untuk mengatasi D3DX9_43.DLL yang error karena hilang.

Mungkin masih banyak metode lainnya untuk mengatasi kondisi error tersebut. Saya sendiri masih terpikirkan cara lainnya. Namun jika dibahas, dikhawatirkan akan mengurangi relevansi cara tersebut dengan tema yang dibahas di sini.

Anda punya tips dan trik lainnya? Saya akan sangat terbantu dan berterima kasih jika Anda mau membagikannya dengan para pengunjung lain di situs ini.

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like