Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca

Cara Mengatasi DVD Tidak Terbaca

CD dan DVD adalah di antara media penyimpanan data yang masih populer digunakan hingga saat ini untuk menyimpan berbagai macam data, seperti data pribadi, film, game, musik, foto, dan lain-lain.

Ini dibuktikan dengan masih banyaknya laptop-laptop saat ini yang memiliki slot DVD sebagai salah satu fiturnya.

Kerusakan Pada CD/DVD

Sama halnya seperti penyimpanan pada umumnya yang bisa mengalami kerusakan, CD dan DVD pun pastinya demikian.

Kerusakan yang bisa terjadi misalnya, data corrupt, film macet saat diputar, sampai tidak terbaca.

Cerita sedikit, ya. Saya ini dulu punya banyak sekali DVD yang berisi koleksi film, data pribadi, juga game. DVD-DVD tersebut dikumpulkan selama bertahun-tahun sebelum saya simpan di sebuah album.

Entah berapa banyak data yang telah tersimpan. Kalau saya hitung, mungkin sudah mencapai angka ribuan GB, atau bahkan tembus satuan TB.

Lewat pengalaman mengumpulkan DVD tersebut, saya jadi pernah mengalami dan paham soal kerusakan-kerusakan yang biasa terjadi pada DVD.

Nah, salah satu yang paling sering adalah DVD tidak terbaca.

Masalah DVD tidak terbaca inilah yang ingin saya bahas secara khusus di sini, khususnya untuk Anda yang barangkali sedang mengalami masalah ini.

Penyebab CD/DVD Tidak Terbaca

Apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan CD atau DVD tidak terbaca?

  • DVD Rusak: Bisa dipicu karena berbagai hal lagi. Bisa jadi karena tergores, terkena air, panas, atau retak. Semua faktor tersebut sangat berpengaruh.
  • Salah Burning: Sebelum data dimasukkan ke dalamnya, kita harus melakukan proses burning terlebih dahulu. Nah, proses burning ini tidak selalu berhasil. Kalau gagal, maka bisa mengakibatnya jadi tidak terbaca.
  • Optik Drive Lemah: Di dalam DVD itu ada alat yang namanya optik. Ini berfungsi untuk membaca DVD yang sedang berjalan. Kalau optik lemah, otomatis kekuatan pembacaan DVD juga akan berkurang, dong. Biasa terjadi saat DVD Drive Tidak Bisa Dibuka.
  • DVD Drive Kotor: Memang nggak selalu, tapi debu bisa saja masuk ke dalam DVD Drive. Akibatnya, hal ini bisa membuat DVD Drive jadi sulit membaca DVD yang sedang dimasukkan.

Lalu, bisakah diperbaiki?

Tentu. Tapi jangan berharap 100%, ya. Karena keselamatan data di dalam disc tersebut tergantung juga dengan kondisi dari masing-masing perangkat, terutama DVD itu sendiri.

Faktor keberuntungan sangat berpengaruh tentunya.

Baca Juga: Cara Membuka File ISO Memakai Aplikasi.

Cara Mengatasi CD/DVD yang Tidak Terbaca

Nah, berikut ini cara mengatasi CD/DVD yang tidak terbaca di PC maupun laptop:

1. Coba ke DVD Drive Lain

Dari pengalaman saya, optik DVD Drive lemah adalah penyebab sulitnya pembacaan DVD yang paling sering ditemui.

Optik ini punya sensitivitasnya masing-masing. Kalau Anda baru beli, optik tentu saja masih bagus. Namun ibarat mata yang semakin menua, maka akan semakin melemah pula penglihatannya.

Ibarat mata yang makin tua makin lemah penglihatannya.

Selain itu, faktor pemakaian juga berpengaruh.

Contohnya Anda memakai CD atau DVD dalam jangka waktu yang lama. Mungkin itu dalam hitungan jam, bahkan hari. Hal ini akan membuat optik pada DVD Drive jadi semakin melemah.

Saya sendiri pun pernah mengalami hal ini sendiri.

Dulu saya pernah memasukkan DVD ke DVD Drive di laptop saya. Ketika akan mengeluarkannya, eh malah macet (susah keluar).

Sudah dicoba berkali-kali, masih gagal. Karena malas karena gagal terus, akhirnya saya biarkan dulu.

Beberapa hari kemudian, saya berhasil mengeluarkan DVD tersebut dengan menggunakan jarum yang dimasukkan ke dalam lubang kecil di bawah slot DVD Drive.

Sayangnya, ketika saya coba memasukkan DVD lain ke Drive tersebut, ternyata tidak ada DVD yang terdeteksi. Akhirnya mau tidak mau saya harus membeli DVD Drive eskternal.

Tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini:

Jika Anda mengalami DVD tidak terbaca di laptop atau komputer Anda, silakan coba dulu DVD tersebut di komputer lain.

Jika terbaca di komputer lain, kemungkinan optik DVD Drive di komputer pertama sudah bermasalah.

Solusinya, Anda harus mengganti DVD Drive tersebut, atau membeli DVD eksternal dengan port USB sebagai media penghubungnya.

2. Melakukan Burning Ulang DVD

Masih lanjutan dari yang sebelumnya.

Jika Anda memasukkan DVD yang tidak terbaca tadi ke komputer lain, namun hasilnya masih sama, berarti kerusakannya memang terletak pada DVD-nya.

Salah satu penyebabnya adalah masalah burning yang tidak sempurna. Persis seperti yang saya bilang di atas.

Jadi begini. Melakukan burning itu biasanya kan pakai aplikasi-aplikasi tertentu. Ada yang pakai aplikasi bawaan Windows, ada yang pakai Nero, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Caranya dilakukan dengan memasukkan DVD tersebut ke dalam DVD Drive, kemudian memasukkan data ke dalamnya.

Nah, yang jadi masalah ada pada prosesnya. Saat proses burning tiba-tiba terhenti, padahal belum selesai, besar kemungkinan data yang ada di dalamnya bakal rusak atau corrupt.

Contoh tiba-tiba berhenti ini seperti karena mati listrik, buru-buru dibuka secara paksa, dan sebagainya.

Solusinya:

Nggak ada cara lain selain burning ulang dengan DVD baru. Pastikan data yang di-burning sudah benar-benar sempurna, agar tidak mengalami kejadian yang sama.

Melakukan burning ulang DVD baru juga wajib hukumnya, jika DVD Anda mengalami kerusakan fisik seperti yang saya jelaskan tadi.

3. Membersihkan DVD

Selain masalah optik lemah dan gagal burning, adanya kotoran juga bisa menyebabkan DVD menjadi tidak terbaca, lho.

Ini sering terjadi, terutama jika Anda sering meletakkan DVD tersebut di sembarang tempat, dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan mengakibatkan banyak kotoran menempel, sehingga berefek ke proses pembacaan disc yang berkurang.

Solusinya:

Cara yang paling sering digunakan, adalah dengan membersihkan bagian belakang DVD.

DVD

Anda bisa menggunakan kain lembut yang sekiranya tidak menggores. Kalau saya sendiri sih biasa membersihkannya pakai tisu.

Untuk ke depannya, simpan CD/DVD di tempat yang seharusnya. Kalau bisa, simpan di album khusus DVD yang memang didesain menutup. Saya sendiri menyimpannya bertahun-tahun di wadah ini aman-aman saja.

4. Membersihkan DVD Drive

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, optik pada DVD Drive yang kotor juga akan menyebabkan sulitnya CD/DVD menjadi terbaca.

Hal ini biasanya disebabkan oleh debu yang masuk ke dalamnya.

Terlebih lagi jika Anda punya kebiasaan membuka DVD Drive dalam jangka waktu yang lama dan tidak langsung menutupnya kembali, sehingga membuat debu masuk ke dalamnya.

Solusinya:

Cara membersihkannya mudah. Cukup semprotkan kompresor udara ke dalam DVD Drive. Otomatis, debu di dalam DVD drive tersebut akan keluar semua.

Nggak punya kompresor?

Pergi ke tukang bengkel tambal ban. Anda bisa meminta untuk menyemprotkannya di sana.

Ingat! Untuk laptop, DVD Drive-nya juga wajib dilepas terlebih dahulu, karena dikhawatirkan anginnya ada yang masuk terlalu dalam.

Akhir Kata

Melalui 4 cara di atas, saya biasa mengatasi masalah untuk memperbaiki CD/DVD yang sulit terbaca.

Jika kita bicara soal solusi, mungkin masih banyak lagi tips yang bisa dilakukan untuk memperbaiki DVD Drive yang tidak bisa membaca disc ini. Tapi semoga saja 4 tips di atas pun sudah cukup berguna dan bermanfaat untuk mengatasinya.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar jika masih ada yang ingin ditanyakan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mount File ISO di Windows 7, 8, dan 10.

0 Shares:
4 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like