Perbedaan NTFS dan FAT32

Perbedaan NTFS dan FAT32

Di Windows, ketika kita ingin memformat harddisk atau flashdisk, maka kita akan mendapati dua opsi tipe drive, yakni:

  • FAT32
  • NTFS

Sering kali, kebanyakan orang akan kebingungan pada saat harus memilihnya. Apakah FAT32 atau NTFS? Apalagi mengingat keduanya memang sering sekali dipakai, baik itu di flashdisk maupun harddisk eksternal.

Padahal, perbedaan dari keduanya itu sederhana banget buat dipahami, kok.

Nggak percaya? Coba deh simak artikel ini sampai habis, karena di sini Leskompi akan jelaskan secara eksklusif buat Anda yang ingin mengetahuinya.

Tapi sebelum itu, kita ketahui dulu yuk, mengenai NTFS dan FAT32 tadi.

Apa Itu NTFS?

Apa itu NTFS

NTFS ini adalah singkatan dari NT File System. Merupakan format drive standar yang biasa dipakai pada harddisk saat ini, baik itu internal maupun eksternal. 😀

Nah, sebenarnya sih NTFS ini sudah lama ada, lho. Terhitung sejak Windows 2000 sampai Windows 10, NTFS masih banyak digunakan.

Fitur-fitur yang ada pada NTFS ini di antaranya meliputi access control, compress data, serta fitur keamanan berupa enkripsi data.

Apa Itu FAT32?

Apa itu FAT32

FAT32 adalah pengembangan dari sistem FAT16. Format ini sudah dirilis jauh lebih lama ketimbang NTFS. Tepatnya yakni pada masa Windows 95 (20 tahun lebih).

FAT32 ini umum dipakai di berbagai perangkat. Mulai dari harddisk, kartu memori, sampai flashdisk. Karena format ini memang didukung di banyak sistem operasi.

Malah bukan PC atau laptop saja, lho. Kalau kita pakai harddisk di konsol juga, biasanya yang digunakan adalah format FAT32 ini.

Sudah Tahu Belum, Cara Cek Versi BIOS?

Perbedaan Antara NTFS dan FAT32

Perbedaan Antara NTFS dan FAT32

Barusan kita sudah bahas sekilas mengenai NTFS dan FAT32.

Itu masih sekilas, ya. Jadi, untuk memahami perbedaannya secara lebih lengkap, saya buatkan dalam bentuk tabel di sini, supaya menjadi lebih simpel dan jelas.

Coba cek deh tabelnya di bawah ini:

NTFS FAT32
Mendukung banyak sistem operasi.Mendukung banyak sistem operasi dan perangkat, termasuk selain PC dan laptop.
Bisa salin file dengan ukuran besar.Salin file maksimal 4GB untuk tiap file.
Punya fitur enkripsi.Baru punya fitur enkripsi di versi 3.0.
Bisa membuat partisi sesuai keinginan.Partisi maksimal 2TB.

Yuk, kita bahas lebih detail lagi:

1. Dukungan Sistem Operasi

Sekarang ini, format NTFS sudah didukung hampir di semua perangkat komputer. Sistem operasi Windows, Mac OS, serta Linux, sebagian besar sudah bisa memakai format NTFS.

Kemudian FAT32 juga demikian. Hanya saja, FAT32 ini dukungannya lebih universal lagi, karena bisa juga dipakai untuk perangkat selain komputer.

Misalnya konsol seperti PlayStation, penyimpanannya memakai FAT32. Selain itu, memori internal smartphone juga ternyata demikian.

2. Ukuran Maksimum untuk Salin File

NTFS bisa menyalin file dengan ukuran berapa pun yang kita mau. Misalnya 20GB. Bahkan sampai 1TB sekalipun juga nggak masalah.

Sedangkan pada FAT32, untuk menyalin file maksimalnya hanya sekitar 4GB saja. Lebih dari itu akan muncul pesan “too large“.

Begitu juga dengan jumlah file yang bisa kita simpan. Untuk NTFS ini mendukung sampai 4 miliar file, sedangkan FAT32 maksimal penyimpanan sekitar 65 ribu file.

3. Fitur Enkripsi

Sebenarnya sih kedua format ini sudah mendukung fitur enkripsi.

Untuk NTFS sendiri fiturnya sudah bisa kita pakai langsung. Tinggal setting saja melalui sistem.

Namun untuk FAT32 kita harus cek dulu, karena versi minimalnya 3.0. Setelah itu, proses setting-nya baru bisa kita lakukan.

4. Ukuran Partisi yang Didukung

Perbedaan lainnya antara NTFS dan FAT32 ialah ukuran partisi yang didukung. FAT32 mendukung penyimpanan hingga 2TB, sedangkan NTFS mendukung penyimpanan hingga sekitar 16EB.

Apa itu EB? EB ini singkatan dari Exabytes. 1 Exabytes ini setara dengan 1 miliar GB. Jadi bisa kebayang kan segimana besarnya?

Cek Slot RAM Laptop? Gak Harus Bongkar, kok. Baca Ini.

Format Apa yang Paling Cocok Dipakai untuk Perangkat Kita?

Nah, untuk pertanyaan ini tentu balik lagi ke kebutuhan masing-masing, serta tergantung dari perangkat yang dipakai, ya.

Misalnya untuk komputer, bisa pakai NTFS atau FAT32. Sedangkan kalau ingin main game di konsol misalnya, tentu harus pakai FAT32 biar support penyimpanannya.

Kalau saya sendiri sih, di flashdisk saya biasanya pakai FAT32, namun untuk harddisk eksternal saya biasanya pakai NTFS. Tapi kadang saya balik juga sih.

Akhir Kata

Begitulah pembahasan singkat mengenai perbedaan antara NTFS dan FAT32. Buat yang sebelumnya bingung soal ini, diharapkan sekarang sudah paham, ya. 😀

Penjelasan ini saya buat simpel saja, dan lebih ke bahasan umum saja. Oleh karena itu, tentu masih ada beberapa perbedaan lain yang belum saya sebut di sini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like