√ 20+ Biaya Servis HP Android Rusak (+Jenis Kerusakannya) | Lengkap!

Biaya Servis Android

Berapa sih biaya servis HP rusak? HP Android bisa memiliki kerusakan yang beragam. Mulai dari masalah pada aplikasi, hingga kondisi HP mati total yang nggak bisa dinyalakan sama sekali.

Pastinya kita nggak mau HP kita rusak dong, apalagi sampai nggak bisa dipakai seperti itu.

Iya. Ini semua mengingat harga smartphone yang nggak bisa dibilang murah.

Memperbaiki sendiri HP yang rusak sebenarnya mungkin-mungkin saja dilakukan. Pun di situs ini, ada banyak sekali tutorial perbaikan HP yang bisa Anda pelajari.

Sayangnya, hal itu tidak mencakup semua masalah. Terkadang, kita mau nggak mau harus membawa HP yang rusak tersebut ke tempat servis HP.

Berapa Sih Biaya Servis HP Rusak?

Biaya perbaikan HP sangat variatif di setiap tempat. Bisa hanya 50 ribu rupiah saja, dan bisa pula menyentuh angka jutaan rupiah. Semuanya tergantung dari tipe HP yang dipakai, harga komponen, serta biaya jasa.

Secara garis besar, kerusakan pada HP sendiri bisa dibagi menjadi dua, yakni sistem dan komponen.

  • Sistem: Adalah kerusakan yang berasal dari data Android eror. Contoh sederhananya seperti bootloop, muncul pesan berhenti pada suatu aplikasi, hingga HP yang suka hang sendiri.
  • Komponen: Adalah kerusakan yang asalnya dari salah satu bagian komponen HP. Misalnya IC power, touchscreen bergerak sendiri, speaker HP suaranya nggak jernih, dan lain-lain.

Nah, biaya perbaikannya pun berbeda.

Kalau dari sistem, biasanya sih relatif murah. Paling hanya 50 sampai 200 ribu rupiah saja.

Beda halnya jika komponen yang rusak. Ini lebih sulit sehingga harganya pun cenderung mahal. Untuk tipe komponen tertentu (seperti touchscreen), harganya bisa sampai setengah dari harga HP-nya sendiri.

Daftar Biaya Servis HP Android (+Komponen)

Berikut ini akan saya jelaskan rincian biaya HP rusak dan jenis perbaikannya dalam tabel berikut. Silakan dicatat, ya!

Jenis PerbaikanEstimasi Biaya Perbaikan
Ganti speakerKisaran biayanya 200-300 ribu (tergantung tipe HP).
Ganti IC powerKisaran 100-300 ribu (tergantung tipe HP).
Ganti IC sinyalKurang lebih 70 ribu sampai 200 ribu rupiah.
Ganti IC chargerBerkisar 100 sampai 200 ribu (sudah termasuk jasa).
Ganti konektorSekitar 50 sampai 150 ribuan.
Ganti touchscreen (layar)Harga ganti touchscreen mulai dari 400 ribu hingga 800 ribu rupiah.
Ganti port headsetNggak jauh dengan ganti konektor, sekitar 50 sampai 100 ribu.
Ganti tombol powerKisaran 50 sampai 80 ribu.
Ganti konektor bateraiSekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah.
Ganti EMMCAntara 200-400 ribuan.
Ganti bateraiSekitar 100 sampai 200 ribu (baterai original).
Lupa polaBiasanya 100 ribuan.
Biaya resetBiasanya 50-100 ribuan.
Perbaiki bootloopMulai dari 50 ribu sampai 150 ribu rupiah.
Perbaiki HP konsletMinimal 400 ribu, dan maksimal bisa mendekati harga HP baru.
Perbaiki HP mati totalAntara 100 ribu sampai 500 ribu.
Flash ulang HPSekitar 50 ribu hingga 200 ribu.
Perbaiki IMEI hilangKurang lebih 50 ribu sampai 150 ribu.
Backup dataBiasanya 75 ribu sampai 150 ribu.
Restore dataAntara 75 ribu sampai 150 ribu.

PS: Ingat! harga biaya servis di atas hanya secara garis besar saja. Jadi, mungkin saja bisa lebih murah, dan bisa juga lebih mahal. Semuanya kembali ke tipe HP yang dipakai, harga komponen, dan biaya jasa.

Persis seperti yang sempat saya bilang sebelumnya, daftar biaya tersebut berlaku untuk semua merk HP, ya. ASUS, OPPO, Xiaomi, Lenovo, Huawei, Samsung, Lenovo, Vivo, Coolpad, dan lain-lain.  

Jenis Kerusakan Android + Metode Perbaikannya

Apa yang dibahas tadi baru sebatas daftar harganya saja.

Nah, kemudian apa saja sih jenis kerusakannya? Lalu bagaimana metode perbaikannya?

Sesuai judul artikel ini, saya akan coba jelaskan lagi secara lebih rinci. Barangkali Anda juga bisa memperbaikinya sendiri bukan?

1. HP Tidak Keluar Suara

Kerusakan ini dicirikan dengan HP yang tidak mengeluarkan suara. Baik sewaktu kita coba putar musik atau melakukan panggilan telepon.

Masalahnya bisa disebabkan dari sistem, atau speaker-nya yang rusak.

Oleh karena itu, metode perbaikannya sendiri bisa coba lakukan reset HP dulu, atau langsung coba ganti speaker.

Nah, untuk biaya ganti speaker HP, rata-rata berkisar antara 200 sampai 300 ribu rupiah. Walau bisa saja lebih murah lagi.

2. IC Power Rusak

IC Power. Sederhananya komponen ini berfungsi untuk menghantarkan daya HP, terutama saat baru dinyalakan.

Jika komponen IC power ini rusak, dampaknya bisa membuat HP jadi tidak bisa menyala, tidak ada respon, dan tidak ada getar sama sekali.

Kalau ini rusak, biasanya mau nggak mau harus diganti.

Harga komponennya sekitar 50 sampai 150 ribu rupiah. Sedangkan untuk biaya ganti IC power HP secara keseluruhan, maksimal bisa mencapai 300 ribu rupiah (tergantung tipe HP-nya juga).

Biar lebih jelas, bisa baca dulu artikel: IC Power HP Android + Biaya Ganti Kalau Rusak.

3. IC Sinyal Rusak

IC sinyal (atau biasa disebut juga IC PA), kerusakannya akan ditandai dengan HP yang tidak bisa menangkap jaringan. Sinyal HP akan kosong terus, meskipun kita sudah ganti kartu provider dan mengubah-ubah jaringan ke 2G atau 3G.

Jika IC ini rusak, solusinya ya harus diganti. Harga IC sinyal berkisar 70 ribu sampai 200 ribu rupiah. Total jika ditambah dengan biaya perbaikannya pun nggak akan berbeda jauh.

4. IC Charger Rusak

IC charger ini berfungsi sebagai perantara untuk menghantarkan daya dari charger ke baterai saat HP sedang dicas. Kalau rusak, maka nantinya baterai jadi tidak bisa terisi.

Harga IC charger biasanya 50 ribu sampai 120 ribuan (tergantung tipe HP). Kalau dengan jasa pasangnya, mungkin antara 100 sampai 200 ribuan.

5. Konektor Charger Rusak

Jika konektor charger yang rusak, cirinya baterai HP tidak akan bisa dicas. Juga ketika disambungkan ke komputer, HP tidak bisa terbaca.

Biaya ganti konektor charger ini sekitar 100 sampai 150 ribuan. Tapi sebenarnya harga konektornya sendiri nggak terlalu mahal.

6. Touchscreen Bergerak Sendiri, Layar Blank, dan Masalah LCD Lainnya

Masalah LCD ini ada banyak sekali macamnya. Mulai dari layar blank, touchscreen tidak bisa disentuh, layar bergerak sendiri, dan masih banyak lagi.

Biasanya, kalau bukan dari faktor sistem, maka layar HP yang harus diganti.

Kisaran ganti layar touchscreen ini sekitar 400 ribu, hingga bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Ini pun tergantung tipe HP yang dipakai dan jenis layarnya.

7. Port Headset Tidak Berfungsi

Terjadi ketika headset disambungkan, tapi HP tidak ada respon apa-apa, bahkan tetap mendeteksi speaker saja sebagai metode pengeluaran suara utamanya.

Sebenarnya, masalah headset ini masih bisa diperbaiki sendiri jika masalah tak seberapa. Namun kalau komponennya sudah rusak, barulah mungkin port-nya yang harus diganti.

Biaya komponennya nggak begitu mahal. Bahkan yang hanya 20 ribuan pun ada. Tapi dengan jasa pasang mungkin jadi sekitar 50 ribu sampai 70 ribuan.

8. Ganti Tombol Power

Tombol power memang suka rusak. Sulit ditekan, bahkan nyangkut ke dalam. Biasanya ini suka terjadi di HP-HP lama.

Kita juga bisa menggantinya kalau perlu. Biayanya sendiri sekitar 50 sampai 80 ribu rupiah. Tapi bisa juga lebih mahal untuk beberapa tipe HP.

9. Ganti Konektor Baterai

Konektor untuk menghantarkan daya baterai ke HP. Kalau rusak, bisa membuat HP tidak bisa nyala alias mati total.

Sebenarnya, rata-rata untuk sebagian besar jenis HP jarang yang jual komponennya, namun biaya gantinya tetap ada.

Rata-rata sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah.

10. EMMC Rusak

EMMC rusak bisa terjadi akibat merupakan efek samping karena sering diinstal Custom ROM dan sejenisnya.

Cirinya, HP jadi tidak bisa di-reset, bahkan tidak bisa di-flash ulang.

Biaya ganti IC EMMC rata-rata 200 sampai 400 ribu rupiah. Tergolong mahal karena memang agak sulit juga sih untuk memperbaikinya.

11. Baterai Bermasalah

Jika baterai HP cepat sekali habisnya, atau saat HP dicas memakan waktu yang lebih lama dari semestinya, biasanya kerusakan ada pada baterai itu sendiri, dan mengharuskannya untuk diganti.

Sebagian besar baterai HP harganya berkisar antara 100 sampai 200 ribu rupiah.

Baterai tipe removable mungkin mudah untuk diganti sendiri. Tapi jika HP Anda menggunakan tipe non-removable, Anda bisa minta untuk sekalian dipasang, dan mungkin ada tambahan sekitar 20 ribu rupiah.

12. Lupa Pola

Pola kunci berguna dalam hal keamanan HP. Sayangnya, nggak sedikit pengguna yang lupa polanya sendiri, sehingga HP nggak bisa dibuka dan tetap terkunci.

Nggak cuma pola sih, termasuk juga password, pin, bahkan fingerprint.

Biaya perbaikannya sangat bervariasi. Biasanya sih sekitar 100 ribuan, tapi bisa juga lebih dari itu.

Untuk mengatasi masalah ini, direkomendasikan untuk membawanya langsung ke service center resmi.

13. Reset HP

Reset HP ini fungsinya untuk memperbaiki kerusakan sistem. Jadi, ada banyak jenis-jenisnya yang nggak mungkin saya sebutkan satu per satu.

Untuk reset biasa sih sebenarnya bisa kita lakukan sendiri.

Tapi jika dilakukan di Service Center, biasanya mereka pakai metode lain, misalnya melalui Recovery. Biayanya sendiri nggak terlalu mahal kok, sekitar 50 sampai 100 ribuan saja.

14. HP Bootloop

Sudah tahu belum, apa itu bootloop?

Bootloop ini cirinya, ketika HP dinyalakan cuma terhenti loading di tampilan logo saja. Misalnya di logo Xiaomi, Samsung, dan lain-lain ketika HP dinyalakan.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi rata-rata dikarenakan sistem yang eror.

Biaya perbaikannya sekitar 50 ribu sampai 150 ribu rupiah. Rata-rata di bawah 100 ribu sih.

15. HP Konslet

HP konslet bisa dikarenakan charger yang tidak benar atau karena HP terkena air. Ini menurut saya yang biaya perbaikannya paling mahal.

Gimana nggak? Paling murah saja biaya perbaikan rata-rata minimalnya 400 ribu. Dan bahkan paling mahal bisa sampai mendekati harga HP baru.

Kebayang kan kalau HP yang dipakai kelas flagship?

Kenapa bisa mahal? Alasannya karena kalau konslet ini biasanya yang kena mainboard. Dan mainboard tersebut biasanya sudah 1 paket dengan HP-nya.

16. HP Mati Total

HP mati total bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dari sistem maupun komponen. Namun umumnya sih memiliki ciri yang sama, yaitu HP tidak ada respon sama sekali ketika baru dinyalakan.

Karena penyebabnya macam-macam, biaya perbaikannya juga kadang murah dan kadang juga mahal. Biasanya sih sekitar 100 ribu, dan paling mahal itu kalau ada komponen yang harus diganti.

Kalau mau perbaiki sendiri, bisa coba baca Cara Mengatasi HP Mati Total.

17. Flash HP

Saya nggak bisa menjelaskan jenis kerusakannya, karena flash HP ini memang metode yang biasa dipakai untuk memperbaiki berbagai kerusakan sistem. Misalnya bootloop, hingga mati total.

Well, berkaitan dengan biayanya, estimasi sih kurang lebih sekitar 50 sampai 200 ribuan. Atau kalau mau lebih hemat, flash sendiri juga bisa kok.

18. IMEI Hilang

Di HP Android itu terdapat IMEI. Salah satu fungsinya ialah agar HP bisa menerima telepon hingga browsing di internet.

Nah, kalau IMEI hilang, kedua fungsi tersebut tidak bisa aktif. Bahkan biasanya muncul juga pesan “IMEI invalid“.

Anda bisa memperbaikinya sendiri sebenarnya. Tutorialnya ada di situs ini, atau bisa search kata kunci “IMEI Invalid”di Google.

Kalau mau dibawa ke tempat servis saja, biaya perbaikannya sekitar 50 sampai 150 ribu.

19. Backup Data

Backup data yang dimaksud di sini bukan backup data seperti biasa. Melainkan backup HP dalam keadaan bootloop, bahkan mati total.

Saya sendiri pernah, lho, mencobanya. Dulu itu backup data kontak kalau nggak salah.

Kalau di tempat servis, kurang lebih sekitar 75 ribu sampai 150 ribu. Tapi nggak semuanya bisa, ya.

20. Restore Data

Restore data, maksudnya adalah mengembalikan data yang hilang. Well, harga yang saya cantumkan pada tabel di atas (75 ribu sampai 150 ribu) hanya rata-rata untuk dasar saja.

Kenapa? Sama seperti backup, restore data hilang ini nggak semua tempat bisa melakukannya. Kadang juga tergantung dari tingkat kesulitan.

Jadi, nggak heran kalau ada yang memasang harga hingga 500 ribu rupiah.

Akhir Kata

Demikian, sedikit informasi tentang biaya perbaikan HP. Harga di atas bersumber dari grup-grup teknologi, yang pastinya bisa Anda percaya.

Sekali lagi, harga di atas hanya sebagai patokan saja. Sebab, ini masih dipengaruhi banyak hal, seperti daerah, tempat servis, dan biaya jasa, karena mungkin saja memasang harga yang berbeda-beda. Bisa lebih murah, dan bisa pula lebih mahal.

Jika Anda ada kerusakan lain dan bingung berapa biaya reparasinya, Anda bisa menanyakan lewat kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
10 comments
  1. kalo hpnya habis kecemplung air trus jadi ‘save mode’ trus biasanya diperbaiki apanya? dan kira-kira biayanya berapa?

    1. Biasanya mainboardnya. Berbeda-beda sih, kalau ringan, biasanya hanya sekedar dibersihkan dan dikeringkan saja. Biayanya sih mungkin 50.000

      Tapi kalau kena komponen, bisa setengah atau mendekati harga HP kak

  2. kalo hp samsung s9 ga bisa dicas itu kenapa ya? ada tulisan ponsel lembab padahal ga pernah kena air, udh coba ganti casan juga sama aja. kira2 kalo dibenerin kena berapa?

  3. Hp saya redmi not 5 pro.Karena dicolok ke speaker aktif.kalo pake headset suaranya kresek sebelah,sebelahnya sih masih bening.Kira” itu yg diganti apanya ya om.Terus biaya kisarannya berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like