√ [Akurat] Cara Cek Sensor HP Samsung dengan Kode Rahasia

Bagaimana cara cek sensor di HP Samsung Android

7 dari 10 orang akan melakukan pengecekan secara mendetail saat membeli HP bekas.

Saya juga demikian. Mulai dari layar, body, atau apapun yang memang kira-kira terlihat secara fisik. Barulah kemudian dilanjut ke segi sistem.

Alasannya sederhana. Tentu kita tidak mau membeli HP yang sudah bermasalah, apalagi rusak, bukan?

Nah, cara cek kondisi HP sebenarnya sudah umum diketahui. Namun bagaimana dengan cara cek fungsi sensornya? Belum tahu kan?

Kalau begitu, yuk, kita bahas kali ini. Kita ulas sedikit mulai dari penjelasan soal sensornya terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Sensor HP

Di HP Android -khususnya keluaran sekarang- setidaknya ada 6 jenis sensor yang tertanam dengan fungsi yang berbeda-beda.

Sebagai contoh mudahnya, coba Anda menelepon atau terima telepon dari seseorang. Kemudian dekatkan HP ke tangan misalnya, maka layar akan mati.

Namun tidak jika Anda menjauhkan layar dari tangan, maka layar akan kembali menyala.

Atau Anda gunakan GPS di HP. Ini sebenarnya merupakan bagian dari fungsi sensor yang tertanam di HP juga.

Dan masih banyak lagi. Intinya, bisa dibilang kalau sensor ini juga merupakan salah satu bagian komponen penting, yang mana akan membuat HP Android menjadi canggih seperti yang biasa orang-orang pikirkan.

Ketahui Kode Rahasia Samsung untuk Jaringan (Setting Sinyal dengan Mudah).

Cara Cek Sensor di HP Samsung

Karena sensor di HP berbentuk komponen, maka ini sangat mungkin mengalami kerusakan.

Nah, kerusakan sensor pastinya akan membawa masalah tertentu pada HP. Tentu saja hal ini harus dihindari, agar kita tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan usia membeli HP bekas.

Khusus buat Anda yang ingin membeli HP Samsung bekas, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada kode rahasia yang bisa kita manfaatkan untuk mengecek sensor di HP Samsung dengan sangat mudah.

Ingin tahu seperti apa? Berikut ini tutorial singkatnya:

  1. Pertama-tama, buka Telepon (Dial) di HP Samsung yang ingin dicek kondisinya.
  2. Kemudian, silakan ketik kode *#0#*.
  3. Maka, akan muncul sebuah halaman pengecekan HP tersebut.
  4. Pilih menu Sensor.
Menu Sensor Samsung Android

Di sini, kita bisa melakukan pengecekan sensor HP Samsung secara lebih mendalam, dan tentunya akurat.

Fungsi Sensor HP Samsung

Di menu pengecekan sensor akan terdapat banyak sekali pilihan. Nah, sebagian besar di antaranya mungkin belum Anda pahami, bukan?

Jika belum, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini mengenai fungsi dari sensor-sensor HP Samsung.

Berikut nama dan penjelasan fungsi sensornya:

Nama SensorFungsi Sensor
AccelerometerBerfungsi untuk mendeteksi percepatan dari gravitasi bumi. Sederhananya, sensori ini berperan sebagai salah satu fungsi dasar kompas dan dalam pemakaian GPS pada HP.
GyroscopeBerguna dalam mendeteksi posisi HP. Contohnya membedakan mana arah atas, bawah, dan seterusnya. Biasanya aktif saat sedang membuka game tertentu, seperti PUBGM misalnya.
Ambient LightFungsinya untuk menyesuaikan sorotan cahaya layar HP secara otomatis dengan keadaan sekitar. Contohnya saat terang, maka layar HP akan otomatis mengatur kecerahan layar, agar tampilannya mudah terlihat.
ProximityIni adalah sensor yang sempat tadi saya sebut. Untuk membuat HP mati ketika sedang menelepon (Supaya baterai hemat).
Magnet SensorSeperti namanya, ini berguna untuk mendeteksi magnet. Digunakan sebagai komponen fungsi dasar dari kompas.
Temperature SensorAda dua jenis sensor temperatur. Namun yang dimaksud di sini adalah untuk mengetahui suhu dari komponen HP Samsung itu sendiri. Berapa derajat suhunya sekarang, nanti kita bisa tahu.
FingerprintSensor sidik jari yang biasanya terletak di bagian belakang HP, depan, bahkan dikembangkan deteksi di layar. Fungsinya mungkin sudah tahu -atau bisa dibayangkan- sendiri, ya.
SoundAtau lebih tepatnya sensor suara. Fungsinya lebih ke penyesuaikan volume suara HP. Misalnya mengatur tingkat volume suara ketika telepon di tempat yang ramai atau kondisi lainnya.

Nah, beberapa contoh sensor di atas tadi baru sebagian saja, ya. Mungkin saja ada jenis sensor lain di HP Samsung yang Anda pakai, atau sebaliknya. Sebab, spesifikasi tiap HP tentunya berbeda.

Contohnya sensor Fingerprint. Ini kebanyakan hanya ada di HP Samsung keluaran baru. Setidaknya sekitar tahun 2016 atau 2017 ke atas. Karena memang baru dipopulerkan pada tahun-tahun tersebut.

Bagaimana Kalau Sensor di HP Bermasalah?

Kalau Anda mendapati masalah pada salah satu sensor di HP Samsung, sebenarnya ini bisa saja diperbaiki. Caranya yakni dengan mengganti komponen sensor lama yang mengalami kerusakan tersebut dengan komponen yang baru.

Supaya lebih jelas, Anda harus membawanya ke tempat service HP, untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki atau diganti.

Biayanya mungkin berbeda-beda. Kecuali jika HP Anda masih ada garansi, bisa saja gratis tanpa biaya, tergantung kebijakannya nanti.

Akhir Kata

Begitulah penjelasan tentang cara cek sensor di HP Samsung. Ke depannya jangan hanya mengecek layar, body, atau yang nampak secara fisik saja pada HP, ya.

Anda juga harus mau sedikit repot dengan mengecek sensornya juga, demi mendapatkan kualitas terbaik.

Dengan menggunakan kode rahasia tadi, Anda bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Tidak perlu cek secara manual satu per satu.

Sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat, dan silakan tinggalkan komentar kalau perlu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like