Cara Memperbaiki Printer 5B00

Cara Memperbaiki Printer 5B00

Pemakaian printer sekarang semakin meningkat. Untuk pembuatan dokumen contohnya, yang paling sering dibutuhkan.

Printer sendiri termasuk mudah cara untuk memakainya. Setelah disambung dan driver diinstall, maka printer bisa langsung dipakai.

Nah, meski demikian, terdapat juga masalah-masalah tertentu yang membuat proses cetak terganggu, bahkan tidak bisa berjalan.

Tapi biasanya kita bisa mengetahuinya melalui error code yang muncul. Seperti yang akan saya bahas di sini, yakni 5B00.

Penyebab Error 5B00 Pada Printer

Pada dasarnya pesan error 5B00 pada printer terjadi dikarenakan waste ink sudah hampir penuh. Ini akan membuat proses print menjadi berhenti. Error ini memberi isyarat kalau kita harus segera memperbaiki masalah tersebut.

Penyebab Error 5B00 Pada Printer

Ciri dari kode 5B00 ini ialah ketika pesan muncul, proses cetak yang harusnya berjalan akan berhenti. Kemudian pada lampu led di printer juga biasanya akan kedip-kedip.

Error ini bisa terjadi di semua jenis printer tanpa terkecuali. Misalnya pada Canon IP2700, 2770, Canon MG2870, Canon G2000 dan lain-lain.

Cara Mengatasi Pesan Error 5B00 Pada Printer

Cara mengatasinya gimana? Nah, ada beberapa yang bisa dilakukan. Kebanyakan sih dari error ini bisa kita perbaiki melalui software khusus, yang nanti akan saya jelaskan.

Tapi terkadang kita harus membersihkan juga printer secara manual. Terutama pada bagian ink pad-nya. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Reset Printer

Paling mudah untuk dilakukan ialah mereset printer. Dengan cara ini kita bisa mengatur ulang printer agar pesan error 5B00 tersebut hilang.

Cara ini bisa dibilang lumayan efektif sih. Saya sendiri sudah beberapa kali coba, dan bisa membantu mengatasi masalah printer. Langkah-langkahnya begini:

  1. Pertama silakan lepas dulu kabel USB printer
  2. Selanjutnya lepas juga kabel power printer
  3. Buka casing printer kemudian tekan tombol power
  4. Sambil tekan tombol power, lanjut pasang kabel power printer
  5. Masih tekan tombol power, cek lampu led, kalau sudah menyala semua lepas tombol power
  6. Nanti lampu led hijau akan menyala. Nah, kalau sudah mati led-nya silakan tekan tombol power 2 kali

Terakhir silakan tutup casing printer. Maka sekarang printer sudah dalam posisi default. Di sini Anda bisa coba sambungkan kembali printer ke komputer untuk mengetesnya.

2. Menggunakan Resetter

Resetter ini merupakan tool service yang berfungsi untuk reset printer tapi dalam mode software. Sederhananya sih kita tidak perlu melakukan langkah-langkah yang saya sebut tadi.

Resetter ini bisa dibilang cukup efektif juga. Malah saya sendiri merekomendasikan Anda untuk coba reset printer memakai resetter.

Untuk caranya bisa coba cari dulu resetter sesuai dengan tipe printer yang Anda pakai (Biasanya beda-beda). Nah, untuk contoh pemakaiannya bisa coba baca artikel ini.

3. Bersihkan Printer Secara Manual

Terakhir Anda harus membersihkan printernya secara manual, kalau memang du acara sebelumnya belum berhasil.

Untuk pembersihannya sendiri yakni pada pad tinta. Anda bisa menggunakan kain atau barang sejenisnya, untuk menghilangkan kotoran-kotoran pada pad tinta tersebut.

Kalau sudah, Anda bisa memasang kembali komponennya kemudian lakukan metode reset seperti yang saya jelaskan di poin pertama tadi.

Untuk cara membersihkannya tidak saya jelaskan detail. Bisa coba cek Youtube ya, sesuai dengan tipe printer yang dipakai.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi error 5B00 pada printer. 3 poin di atas harus Anda coba satu-satu supaya printer bisa normal lagi.

Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like