√ Driver Power State Failure: Penyebab dan Solusinya

Cara Mengatasi Driver Power State Failure

Driver Power State Failure. Sebuah pesan error di Windows yang bisa disebabkan dari berbagai masalah yang terkait dengan driver.

Maksud dari pesan ini adalah driver yang sedang bekerja di Windows tiba-tiba berhenti karena suatu hal. Yang kemudian biasanya akan disertai dengan error bluescreen. Tampil layar biru pada komputer atau laptop.

Banyak orang yang sudah coba memperbaiki ini tapi masih belum berhasil. Nah, di sini ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba.

Penyebab Driver Power State Failure

Driver Power State Failure adalah salah satu masalah bluescreen yang disebabkan karena terpasangnya suatu driver yang kurang cocok dengan sistem.

Selain itu, pesan ini biasanya juga muncul dikarenakan suatu pengaturan terkait dengan daya yang tidak sesuai.

Pesan ini munculnya ada yang sering ada juga yang jarang. Sebagian ada yang cukup direstart ulang, maka komputer bisa dipakai seperti biasa. Tapi ada juga sebagian yang tidak.

Cara Mengatasi Driver Power State Failure

Berikut ini akan dibahas beberapa cara mengatasi Driver Power State Failure, yang semoga bisa membantu Anda memperbaiki errornya.

1. Hapus Driver Terakhir yang Terinstall

Tentu saja yang pertama cek dulu Driver terakhir yang terinstall. Apalagi kalau pesan errornya muncul secara tiba-tiba.

Untuk caranya sangat mudah. Pada kolom search Windows > Ketik Control Panel > Buka > Lalu masuk ke menu Uninstall a Program.

Lanjut, silakan geser (scroll) ke bawah dan cari driver yang terakhir terinstall di sistem. Atau lebih simpelnya klik kanan > lalu pilih opsi Installed on.

2. Ganti Pengaturan Power Plan

Power Plan merupakan pengaturan daya Windows bawaan. Umumnya terkait dengan Display.

Pengaturan Power Plan ini harus di cek juga. Karena Driver Power State Failure salah satu penyebab paling umumnya memang terkait dengan daya yang tidak.

Di kolom search Windows > Ketik Edit Power Plan > Buka > Kemudian klik Restore Default Plan Power Settings. Opsi tersebut dipakai untuk mengembalikan pengaturan Power Plan agar kembali ke semula (sebelum error).

3. Restore Pengaturan Daya di Driver

Masih sehubungan dengan Power Plan, hanya saja ini khusus di driver.

Sebenarnya sih tidak banyak driver yang menyediakan pengaturan Power Plan pada sistem. Contoh yang paling mudah ditemui ada di driver processor dan driver VGA.

Pengaturan daya di driver ini lebih wajib lagi untuk dikembalikan ke default.

Mengapa? Karena untuk beberapa driver seperti CPU atau VGA, jika pengaturannya salah akan membuat penghantaran daya komponen menjadi tidak stabil. Sehingga cenderung dapat memunculkan suatu error.

Untuk caranya sendiri silakan masuk ke driver yang ingin di cek. Misalnya driver processor atau VGA. Kemudian masuk ke pengaturan Power Plan, lalu kembalikan ke pengaturan default.

Baca Juga: Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

4. Update Driver di Device Manager

Semua driver yang terinstall di komputer, pasti akan terdeteksi di Device Manager.

Nah, di Device Manager ini driver-driver tersebut bisa diubah beberapa pengaturannya. Atau lebih tepatnya diatur sedemikian rupa agar bisa berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

Di sana juga terdapat beberapa opsi yang memungkinkan kita dapat mengupdate driver. Ini bisa membantu untuk memperbaiki driver Device Manager yang bermasalah. Caranya gini:

  • Ketik Device Manager di kolom search
  • Klik kanan driver yang diinginkan
  • Kemudian klik update driver

Ikuti panduannya sampai selesai. Kalau sudah restart komputer supaya efeknya bisa diterapkan.

5. Nonaktifkan Sementara Antivirus

Driver merupakan program yang terus berjalan saat sistem sedang aktif.

Menonaktifkan sementara Antivirus, sedikit banyak dapat membantu kita untuk mengatasi komputer yang sering bluescreen dan muncul error Driver Power State Failure.

Caranya sendiri berbeda-beda ya, tergantung dari Antivirus yang dipakai. Tapi umumnya, Antivirus dapat dimatikan dengan cara cek bagian kanan taskbar Windows > kemudian disable.

Cara Mengatasi Windows Update Error – Solusi Supaya Normal Lagi

6. Pakai System Restore

Saya selalu merekomendasikan pengguna Windows yang mengalami masalah untuk melakukan System Restore. Mengapa?

Karena System Restore ini mirip dengan install ulang. Yakni mengembalikan pengaturan Windows (semua pengaturannya) ke default. Sehingga masalah yang sedang terjadi pasti akan hilang.

Kita bisa memakai System Restore menggunakan langkah-langkah di video berikut ini. Silakan di cek:

7. Install Ulang Windows

Belum berhasil? Barulah coba install ulang.

Lewat install ulang semua driver yang ada di Windows otomatis semuanya akan terhapus. Mulai dari yang kita install sendiri sampai yang bawaan. Begitu juga dengan semua driver yang bermasalah.

Install ulang juga sangat direkomendasikan buat Anda yang memang punya masalah di kompabilitas driver.

Coba deh pakai Windows dengan versi yang lebih baru. Kemungkinan masalah seperti pesan Driver Power Failure harusnya bisa teratasi.

[Tambahan] Cek Komponen, Apakah Bermasalah?

Cara-cara diatas hanya solusi terkait sistem. Diluar itu, komponen bermasalah juga bisa menyebabkan driver tidak bekerja secara sempurna.

Karena itu, direkomendasikan untuk mengecek komponen, apakah bermasalah atau tidak? Kalau bermasalah, coba ganti komponennya dengan yang baru.

Contoh komponen yang paling sering menyebabkan Driver Power State Failure adalah Motherboard, CPU (Processor) dan Graphic Card (VGA).

Akhir Kata

Begitulah pembahasan mengenai cara mengatasi Driver Power State Failure di Windows. Masalah yang umumnya sering muncul tiba-tiba.

Oh ya, biasanya waktu bluescreen selain pesan Power State Failure, itu mungkin ada tambahan pesan lain juga. Kalau ada, coba tanyakan deh lewat kolom komentar di bawah artikel ini detailnya. Supaya nanti bisa saya bantu.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like