√ Gampang! Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon Melalui WhatsApp

WhatsApp telah menyediakan banyak sekali fitur-fitur menarik, yang didesain sedemikian rupa guna meningkatkan kenyamanan, serta menunjang kebutuhan para penggunanya.

Di samping peruntukannya sebagai aplikasi chatting, WhatsApp juga mampu menjadi media berkirim foto, dokumen, hingga alternatif melakukan panggilan suara, alias telepon.

Yup, kita tentu saja bisa melakukan panggilan telepon menggunakan aplikasi ini, baik itu hanya panggilan suara biasa, hingga panggilan video (video call).

Bicara soal telepon melalui WA, kita juga pasti tahu bukan, bahwa sewaktu WhatsApp digunakan untuk menelepon, layar akan mati secara otomatis.

Hal ini sebenarnya punya maksud dan tujuan sendiri. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang malah merasa terganggu dengan fitur ini. Bisa jadi karena merasa ribet, atau punya alasan lainnya.

Tapi tahukah Anda? Pada dasarnya, kondisi layar yang mati ketika sedang melakukan panggilan telepon, sebenarnya bukan hanya terjadi pada WhatsApp saja, melainkan pada panggilan konvensional, serta aplikasi-aplikasi lainnya pula.

Penyebab Layar Mati Saat Melakukan Panggilan WhatsApp

Penyebab layar mati dan gelap saat melakukan panggilan telepon di WhatsApp ini diakibatkan karena adanya sensor. Sensor ini dikenal sebagai Proximity.

Tujuan utama dari penggunaan sensor ini adalah untuk menghemat baterai ketika HP digunakan untuk menelepon, khususnya dalam jangka waktu yang lama.

Coba bayangkan, jika Anda menggunakan HP paling sedikit 30 menit hanya untuk melakukan panggilan telepon, tentu saja akan lebih baik untuk mematikan layar HP ketimbang membiarkannya menyala bukan?

Jika Anda menelepon selama itu dalam keadaan layar menyala, baterai tentu akan habis terkuras sia-sia, bahkan HP mungkin akan terasa panas digenggam, sebab adanya aktifitas berat seperti itu.

Itulah sebabnya sensor ini ditanamkan, nyaris di tiap smartphone Android.

Lebih dari itu, sensor ini juga sangat berguna untuk menghindari sentuhan kulit wajah kita ke layar saat melakukan panggilan. Dengan begitu, tombol-tombol pada layar akan aman dari sentuhan yang tidak disengaja.

Misalnya, tidak sengaja end call, padahal kita masih dalam pembahasan inti di dalam telepon.

Nah, sensor ini akan melindungi juga dari hal-hal yang demikian.

Sebab adanya sensor inilah, layar akan mati saat kita melakukan panggilan telepon, baik itu di WhatsApp, panggilan konvensional, maupun melalui aplikasi lainnya.

Baca Juga: Buat Anda yang sedang sibuk, sudah pernah coba Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp?

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon WhatsApp

Buat yang kurang suka dengan fitur ini, Anda bisa kok menonaktifkannya. Setelannya terdapat di pengaturan smartphone Anda.

Caranya seperti ini:

  1. Buka Setelan di HP Android Anda.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Setelan Panggilan.
  4. Kemudian, ketuk menu Setelan Panggilan Masuk.
  5. Nonaktifkan opsi Sensor Jarak.

Untuk detilnya, akan saya jelaskan di bawah ini:

Langkah 1: Pertama, tarik ke bawah bar notifikasi, lalu ketuk icon roda gerigi (setelan/pengaturan) di pojok kanan atas.

Buka Setelan Android

Langkah 2: Setelah masuk ke setelan, silakan geser ke bawah, lalu cari menu Aplikasi.

Untuk beberapa HP, letaknya bisa berada di Aplikasi Sistem, Xiaomi salah satunya.

Menu Pengaturan Aplikasi Sistem

Langkah 3Scroll lagi ke bawah, dan cari aplikasi Setelan Panggilan Masuk atau Pengaturan Panggilan.

Aplikasi Pengaturan Panggilan

Langkah 4: Setelah itu, cari menu Setelan Panggilan Masuk.

Pengaturan Panggilan Masuk Android

Langkah 5: Silakan matikan fitur Sensor Jarak, untuk menghilangkan fitur matikan layar selama panggilan.

Sensor WhatsApp

Sebagian besar HP Android, pengaturan panggilan ini letaknya memang ada di bagian Aplikasi. Namun, mungkin ada juga beberapa perangkat yang letaknya berbeda, bahkan cenderung sulit ditemukan.

Nggak usah dibikin ribet, deh. Gunakan saja fitur Pencarian yang yang saat ini sudah ada di setelan Android semua tipe HP.

Tinggal ketik “setelan panggilan” atau “pengaturan panggilan” pada kolom pencarian, maka menu tersebut akan langsung bisa Anda temukan.

Cari Setelan Panggilan WhatsApp

Langkah-langkah berikutnya kurang lebih sama, kok.

Dengan mengikuti langkah-langkah tadi, layar HP akan tetap menyala ketika Anda melakukan panggilan telepon, khususnya melalui aplikasi WhatsApp.

Bagaimana Kalau Cara di Atas Belum Efektif?

Jika cara yang saya bagikan tadi belum work, maka kemungkinan sumber masalahnya terletak pada sensornya, bukan pada pengaturannya.

Terlebih lagi kalau layar HP Anda mati secara terus menerus sewaktu digunakan untuk melakukan panggilan telepon, dan kemudian tidak menyala sama sekali.

Ini kemungkinan karena bug, atau sensor yang tertutup kotoran/debu.

Buat Anda yang belum tahu, letak sensor tersebut sendiri, umumnya berada pada bagian atas layar, seperti pada gambar berikut:

Sensor Smartphone

Untuk mengatasinya:

  • Silakan bersihkan dulu bagian sensornya. Bisa pakai tisu atau lap lembut lainnya.
  • Kemudian, kalau HP Anda menggunakan tempered glass, baiknya coba dilepas dulu sementara.

Jika masih belum bisa juga, coba reset HP Anda. Barangkali penyebabnya berasal dari sistem. Caranya:

  1. Buka Setelan HP Android.
  2. Kemudian buka menu Cadangkan Dan Setel Ulang.
  3. Setelah itu, pilih menu Kembalikan HP Ke Setelan Pabrik.

Nah, nanti tinggal tes saja lagi. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Kenapa sih panggilan WA suka error nggak bisa menelepon? Buat yang ingin solusinya bisa baca Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Memanggil.

Akhir Kata

Kesimpulannya, penyebab WhatsApp yang layarnya mati ketika sedang dalam panggilan telepon, disebabkan karena adanya sensor. Fungsi utamanya sendiri ialah agar baterai tetap hemat, meskipun HP digunakan untuk menelepon untuk waktu yang lama.

Namun kalau ternyata Anda malah terganggu dengan fitur tersebut, entah itu bikin ribet atau apa, Anda juga bisa menonaktifkannya melalui pengaturan yang tersedia di setelan HP Anda.

Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat ya! Khususnya buat Anda yang memang membutuhkan tema ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like