Cara Mematikan Firewall Windows 10

Cara Mematikan Firewall di Windows

Cara Mematikan Firewall Windows 10 – Semenjak dirilis beberapa tahun lalu, Windows 10 kini telah menjelma menjadi versi Windows yang paling populer digunakan, mengalahkan versi-versi sebelumnya.

Memang banyak sekali kelebihan yang dimiliki versi Windows ini. Salah satunya adalah kompabilitas aplikasi dan hardware yang semakin baik.

Nah, meskipun telah hadir beragam fitur baru yang tersedia di Windows, tidak serta-merta membuat pihak Microsoft menghapuskan kehadiran fitur-fitur lama, yang sudah ada dari versi Windows sebelumnya.

Seperti Windows Firewall di antaranya.

Sekilas Tentang Windows Firewall

Windows Firewall sendiri adalah fitur Windows yang berfungsi untuk memblokir akses koneksi aplikasi atau software tertentu, dengan tujuan mengamankan PC atau laptop yang digunakan, supaya tidak mudah terkena serangan virus.

Dalam kata lain, bisa disimpulkan bahwa Firewall ini memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga keamanan komputer.

Apalagi jika komputer atau laptop Anda selalu terhubung ke internet. Wah, jika seperti ini, saya pikir Firewall di kompoter Anda sudah seharusnya senantiasa terus dalam kondisi menyala.

Walaupun begitu, tetap saja kadang ada kondisi tertentu yang mana mengharuskan kita untuk mematikan fungsi dari Windows Firewall ini, setidaknya untuk sementara waktu saja.

Contoh, ketika kita ingin menjalankan software yang butuh akses koneksi lebih. Karena memang Firewall akan membatasi atau bahkan memblokir akses koneksi, sehingga software tersebut jadi tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Cara Mematikan Firewall di Windows 10

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin membuat sebuah artikel singkat tentang cara mematikan fitur Firewall di Windows 10.

Artikel ini ditujukan untuk Anda, yang barangkali sedang kebingungan soal bagaimana cara menonaktifkannya.

Langsung saja, berikut ini tutorialnya:

1. Cara Pertama untuk Mematikan Windows Firewall

  • Langkah 1. Buka kolom search bar, ketikkan “Firewall” di sana, lalu buka Windows Firewall.
Windows 10 firewall
  • Langkah 2. Selanjutnya, silakan klik menu Turn Windows Firewall On or Off yang ada di bagian kiri.
Cara matikan firewall
  • Langkah 3. Terakhir, tinggal ubah saja Private Network Settings dan Public Network Settings menjadi Off, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturannya.
Cara mematikan fitur firewall

Selesai deh. Dengan begitu, status Windows Firewall di komputer atau laptop Anda sudah berhasil dimatikan.

Sekarang, Anda bisa tes kembali software yang ingin Anda jalankan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir.

2. Cara Kedua untuk Menonaktifkan Windows Firewall

  • Langkah 1. Pertama, silakan buka kolom search bar, lalu ketikkan “Firewall” dan buka Windows Firewall yang muncul sebagai hasilnya.
Firewall Windows
  • Langkah 2. Di tahap ini, kita akan pilih menu Advanced Settings.
Advanced settings
  • Langkah 3. Klik tab Action pada bagian atas, lalu pilih Properties.
Properties
  • Langkah 4. Ubah Firewall State menjadi Off, lalu klik Apply untuk menerapkan perubahan pengaturannya.
State firewall
  • Langkah 5. Pergi ke tab Private Profile dan Public Profile. Di sini, silakan lakukan hal yang sama seperti pada nomor 4. Jika sudah semua, klik OK untuk mengakhirinya.

Selesai deh.

Ketahui Juga ya, Cara Melihat IP Router.

Kesimpulan

Seperti apa yang kita lihat, meski sama-sama bermaksud untuk menonaktifkan fungsi Windows Firewall, cara kedua sebenarnya justru memiliki langkah-langkah yang lebih panjang.

Lantas, apa sih perbedaan antara cara pertama dengan cara kedua? Apakah hanya dimaksudkan sebagai varian cara, atau bagaimana?

Jadi, pada dasarnya sih sama saja. Akan tetapi, di sini sengaja saya lengkapi juga dengan cara kedua, karena cara kedua tersebut bersifat lebih advanced, dan memiliki opsi-opsi yang lebih banyak ketimbang cara pertama.

Dengan begitu, Anda bisa mengatur kembali opsi-opsi lain yang barangkali bisa diubah juga, agar Anda tidak perlu mematikan Firewall secara keseluruhan.

Selanjutnya, untuk mengaktifkan kembali Firewall tersebut, Anda hanya perlu mengulangi lagi cara-cara di atas, kemudian silakan ubah opsi pengaturannya ke mode On.

Maka otomatis, Windows Firewall di komputer Anda akan langsung menyala kembali.

Saya juga menyarankan untuk me-restart PC atau laptop Anda terlebih dahulu, supaya Firewall tersebut benar-benar bisa bekerja secara sempurna.

Baca Juga: Pernah Dengar Jaringan Nirkabel?

Akhir Kata

Begitulah kira-kira cara untuk mematikan Firewall di Windows 10. Mudah bukan?

Jika Anda masih punya pertanyaan terkait pembahasan ini, atau ada hal-hal lainnya yang ingin disampaikan, Anda bisa mengirimkan komentar melalui kota yang telah disediakan.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like