Perbedaan MAN LAN WAN PAN

Perbedaan Koneksi WAN MAN PAN LAN

Berbicara soal teknologi jaringan, ada beberapa hal mendasar yang setidaknya perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah perbedaan jenis jaringan.

Untuk jenisnya sendiri, sebenarnya tidak begitu banyak. Tapi khusus di sini, saya ingin membahas 4 jenis di antaranya, yaitu MAN, LAN, WAN, dan PAN.

Sebetulnya, beberapa waktu lalu, saya pernah membagikan penjelasan singkat tentang hal ini, tepatnya pada artikel “Apa Itu Jaringan Nirkabel”.

Nah, tapi ternyata saya malah jadi kepikiran lagi untuk membuat versi lebih lengkapnya. Oleh karena itulah saya menulis artikel ini.

Perbedaan MAN, LAN, WAN, PAN

Untuk pembahasan awal, kita akan mulai dari pengertian jenis-jenis jaringan tersebut, kemudian dilanjut ke kesimpulan utamanya.

Dengan begitu, diharapkan penjelasannya akan lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Langsung saja, silakan disimak pembahasannya:

1. Pengertian LAN

Apa Itu LAN

Mungkin istilah LAN adalah jenis jaringan yang paling sering kita dengar.

LAN adalah singkatan dari Local Area Network. LAN diketahui memiliki jangkauan area yang relatif pendek. Misalnya, hanya sebatas untuk kebutuhan rumahan saja.

Meski begitu, untuk jarak maksimal yang bisa didapat melalui LAN ini sebenarnya cukup jauh, lho. Kurang lebih bisa mencapai hingga 1KM. Tapi tentu tergantung pemasangnya juga, ya.

Karena itulah kita lebih sering melihat instalasi jaringan ini di ruangan, rumah, atau kelas sekolah.

Sedangkan untuk teknologi yang diusung LAN adalah Ethernet IEEE 802.3 (memakai perangkat switch). Tapi saat ini kita lebih umum melihat instalasi LAN dalam jenis jaringan 802.11b atau biasa dikenal sebagai WiFi.

Kegunaan LAN umumnya dipakai untuk membagi resource tertentu. Misalnya, sharing data, sharing printer, dan lain-lain.

Kalau tertarik membuat LAN, Anda bisa coba baca Cara Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN.

2. Pengertian PAN

Apa Itu PAN

PAN adalah singkatan dari Personal Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang hanya bisa dipakai untuk jarak yang sangat pendek. Misalnya dalam ruangan kecil.

Contoh paling umum untuk menggambarkan PAN sendiri adalah Bluetooth. Bluetooth memiliki fungsi untuk melakukan komunikasi nirkabel dengan jarak maksimal beberapa meter saja.

Untuk contoh lainnya, headset Bluetooth juga bisa diartikan menggunakan jaringan jenis PAN. Selain itu, PAN juga meliputi keyboard USB wireless, printer, dan lain-lain.

3. Pengertian MAN

Apa Itu MAN

MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network. Jaringan ini memiliki jangkauan yang lumayan luas, dengan jangkauan maksimal bisa mencapai hingga 50 KM.

Untuk jaringan jenis, ini kita bisa menemukannya di lokasi-lokasi yang terkenal besar. Misalnya kampus, sekolah, gedung, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

MAN bisa juga digunakan untuk menghubungkan lokasi tertentu. Misalnya jaringan pada gedung fakultas A terkoneksi pada jaringan gedung fakultas B.

Kalau kita bicara soal speed data transfer, karena areanya luas dan penggunanya pun banyak, MAN ini terkenal sangat cepat. Namun, biasanya instalasi jaringan hanya bisa dilakukan oleh pihak provider saja.

4. Pengertian WAN

Apa Itu WAN

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network. Jaringan ini dikenal dengan jangkauannya yang paling luas. Bisa tembus hingga 1.000 KM, atau bahkan lebih dari itu.

Sebenarnya ada banyak definisi dari WAN, tapi kurang lebih sih begitu.

Untuk contoh penggunaan jenis jaringan WAN adalah koneksi yang Anda pakai untuk membuka situs ini. Yup, internet.

Sama seperti MAN, pemasangan WAN biasanya hanya bisa dilakukan oleh provider. Itu pun biasanya membutuhkan satu komputer sebagai servernya.

Kesimpulan

Perbedaan di antara keempat jaringan tersebut, bisa dengan mudah kita kenali dengan melihat jarak maksimal jangkauannya.

Di mana PAN adalah jaringan dengan jangkauan paling pendek (hanya beberapa meter saja), disusul dengan LAN, MAN, kemudian WAN dengan jangkauan yang bisa menghubungkan jaringan hingga jarak 1.000 KM.

Berikut akan kami rangkum kesimpulan perbedaannya:

  • LAN: Singkatan dari Local Area Network. Jarak jangkauan dari LAN bisa mencapai 1 KM. Biasanya digunakan di tempat seperti rumah atau ruangan. Fungsi yang paling umum adalah dipakai untuk berbagi resource data.
  • PAN: Singkatan dari Private Area Network. Jaringan ini memiliki jarak jangkauan paling pendek, hanya sekitar beberapa meter saja. Untuk contoh PAN ialah Bluetooth, perangkat USB wireless, dan lain-lain.
  • MAN: Singkatan dari Metropolitan Area Network. Jarak maksimal yang bisa dijangkau jaringan ini mencapai 50 KM, dan biasanya digunakan di tempat-tempat besar untuk menghubungkan lokasi-lokasi tertentu.
  • WAN: Singkatan dari Wide Area Network. Jaringan ini memiliki jangkauan paling luas, yang bisa mencapai hingga 1.000 KM. Contoh jaringan PAN yang bisa kita ketahui adalah internet.

Kurang lebih sih seperti itu. Semoga mudah dipahami, ya.

Baca juga: Cara Mengatasi Tanda Seru Pada Koneksi LAN.

Tambahan: Pengertian CAN

Umumnya, 4 jenis jaringan tersebut adalah yang paling banyak diketahui. Namun, ada satu jenis jaringan lagi yang ingin saya tambahkan di sini, yakni CAN.

CAN adalah singkatan dari Cluster Area Network. CAN adalah jenis jaringan yang memiliki jangkauan yang luas, meski tidak seluas MAN, sehingga diberi istilah tersendiri.

Akan tetapi, penggunaannya masih mirip layaknya MAN, di mana CAN bisa kita jumpai di lokasi-lokasi seperti perumahan atau sekolah.

Akhir Kata

Demikian sedikit informasi tentang penjelasan perbedaan antara LAN, WAN, PAN, MAN, dan CAN sebagai tambahan.

Informasi ini saya tujukan untuk Anda yang mungkin sedang mencarinya, karena ini merupakan hal mendasar dan nggak sedikit orang yang ingin mengetahuinya.

Artikel ini saya bahas semudah mungkin untuk dipahami. Tapi kalau masih ada yang belum/kurang dimengerti, jangan ragu untuk menanyakannya lewat kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like