4 Cara Perbaiki Speaker HP Bunyi Kresek Dan Pecah (Jitu!)

Fungsi speaker pada HP memang penting sekali. Buat mendengar musik, buat menelepon, pastinya hampir selalu menggunakan Speaker.

Tapi apa jadinya, kalau Speaker HP bunyi kresek? Suara pecah dan tidak jelas? Wah, sudah pasti dong bakal mengganggu pemakaian.

Well, masalah Speaker tersebut sangat mungkin terjadi semua HP Android. Xiaomi, Samsung, ASUS, Oppo, Vivo, Huawei dan lain-lain.

Cara Mengatasi Speaker Bunyi Kresek Rusak

Penasaran darimana kerusakannya? Sebenarnya hampir 80% masalah ini berasal dari komponen HPnya sendiri. Entah Speakernya, IC Audio atau mungkin IC Power HP.

Sedangkan untuk penyebabnya, contohnya ya.. HP kena air (Kehujanan, kemasukan air), efek gara-gara menyambung Speaker aktif yang punya tegangan tinggi, HP sering kepanasan, atau karena umur HP yang sudah tua.

Nah, pada artikel berikut ini saya ingin sedikit membahas bagaimana caranya untuk mengatasi masalah ini.

Cara Memperbaiki Speaker HP Bunyi Kresek

1. Perbaiki Lewat Sistem

Pengaturan Audio Sistem

Oke, pertama perlu saya beri tahu, sebenarnya metode perbaikan yang paling efektif, adalah dengan langsung mengganti komponen yang rusaknya.

Karena kalau diperbaiki lewat sistem, kebanyakan hampir tidak bisa.

Nah, tapi kalau HP Anda biasanya hanya dipakai untuk mendengarkan musik, coba cara berikut :

  • 1. Pertama silakan install terlebih dahulu Aplikasi MXPlayer.
  • 2. Setelah itu klik menu dibagian kanan atas > Pilih Pengaturan > Audio > Kemudian centang Pemutar Audio.
Setting Pemutar Audio MXPlayer
  • 3. Coba putar musik menggunakan MXPlayer. Klik logo Audio > Kemudian centang opsi Gunakan Dekoder Audio SW.
Setting Dekoder Audio SW
  • 4. Atur Volumenya sampai kira-kira suara kreseknya sudah nggak begitu terdengar.

Yap, tujuan cara diatas, hanyalah untuk meminimalisir suara kresek, dengan mengatur Volumenya sampai pas.

Jadi bukan menghilangkan ya.

2. Memindahkan Speaker Utama Ke Speaker Kedua

Speaker Samsung Rusak

Sebelumnya perlu saya beri tahu, Speaker HP Android itu sebenarnya ada dua. Speaker utama (Untuk dengar musik), dan Speaker kedua (Untuk telepon).

Kalau suara kresek yang muncul berasal dari Speaker utama, sebenarnya kita hanya tinggal menonaktifkannya kemudian memindahkan fungsi suara ke Speaker kedua.

Caranya begini :

  • 1. Install terlebih dahulu aplikasi SoundAbout
  • 2. Buka Aplikasinya.
  • 3. Pilih opsi SoundAbout Service ke ON – With Status.
Mengaktifkan SoundAbout
  • 4. Kemudian klik menu Media Audio > Ganti pengaturan dari Speaker ke Earpiece.
Memperbaiki Speaker bunyi pecah

Jika sudah, coba cek dengan dengar musik. Kok suaranya kecil?

Yap.. Karena seperti yang tadi saya bilang, Speaker kedua tersebut berfungsi dipakai untuk telepon, dengan bentuknya lebih kecil dari Speaker utama. Sehingga suara yang dihasilkan jauh lebih kecil.

Disini ada sedikit tips sebenarnya, yakni dengan menyambungkan Speaker kedua > ke Speaker utama. Fungsinya agar seolah-olah Speaker utama berfungsi, padahal tidak.

Solusinya mudah, ada di Youtube. Coba cari : Memindahkan speaker utama ke speaker kedua.

3. Ganti Komponen Yang Rusak

Cara Ganti Speaker HP

Kalau belum berhasil, mungkin memang Anda harus mengganti komponen yang rusaknya. Terutama jika memang umur HPnya yang sudah terhitung lama.

Untuk harga komponen, baik IC Audio, IC Power, maupun komponen Speakernya sebenarnya nggak begitu mahal. Biasanya dibawah 100 ribu, Anda sudah bisa mendapatkannya secara online (Tapi tergantung HP juga ya).

Nah, sedangkan untuk menggantinya Anda harus membongkar HP tersebut. Namun disini tentu butuh sedikit pengalaman, agar waktu dinyalakan HP tidak ada masalah.

Karena itu, Anda bisa juga coba solusi bawa ke tempat Service, supaya diganti komponennya. Biasanya hanya perlu waktu 1 sampai 2 hari.

4. Rendam Ke Beras Jika HP Kena Air

Speaker HP Kena Air

Ini sebagai tambahan saja sih..

Khusus untuk HP yang bunyinya pecah setelah kehujanan atau kemasukan air, Anda harus merendam dulu HP kedalam beras. Tujuannya, agar air atau Speaker yang lembab, bisa dikeringkan. Karena ini sangat berpengaruh.

Untuk caranya, Anda cukup lepas Casing, Baterai, Slot SIM, dan lain-lain. Masukkan HPnya kedalam beras kering, lalu tunggu beberapa hari.

Jika sudah, pasang kembali komponen yang dilepas tadi, nyalakan HP, kemudian tes Speakernya. Biasanya suara yang kresek akan jadi normal kembali.

Penutup…

Demikian, sedikit informasi dari saya tentang bagaimana cara untuk memperbaiki Speaker HP bunyi kresek, pecah, tidak jelas.

Solusinya memang sedikit agak sulit ya untuk diterapkan. Tapi saya harap masalah tersebut bisa Anda selesaikan, dan Speaker HP Anda bisa jadi normal kembali.

Kalau ada pertanyaan dari yang belum dibahas di artikel ini, silakan kirimkan saja komentar Anda, lewat kolom yang tersedia dibawah. Biar nanti bisa saya jawab.

Semoga bermanfaat.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *