√ 6 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan | Berhasil!

Kalau bicara soal aplikasi chatting yang paling stabil, saya kira WhatsApp adalah salah satu yang terbaik. Aplikai ini jarang sekali mengalami yang namanya pending atau gangguan bawaan lainnya. Meskipun ada, paling hanya terjadi sesekali saja.

Walaupun begitu, ada juga sebagian pengguna yang mengeluhkan aplikasi WhatsAppnya tidak bisa mengirim pesan. Pesan obrolan yang mereka ketik tidak bisa tersampaikan ke penerima karena masalah tertentu.

Pastinya, hal ini sangat mengganggu bukan?

Saat ngobrol basa basi sama teman saja bisa terganggu, jika hal ini terjadi. Apalagi jika kita sedang memerlukan kirim pesan penting, seperti tugas atau harus menyampaikan informasi tertentu misalnya.

Nah, karena itu, yuk kita bahas mengenai permasalahan ini. Mulai dari apa penyebabnya, hingga bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirimkan pesan.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Jaringan Bermasalah: Saat kita ingin mengirim sebuah pesan chat, kita harus memastikan bahwa jaringan yang digunakan normal, berjalan dengan baik meski tak cepat, dan tidak sedang mengalami gangguan. Jika tidak, maka pesan tersebut tentu saja tidak akan bisa terkirim.

Nomor Anda Diblokir: Saat nomor yang ingin kita kirimi pesan memblokir kita, maka pesan tersebut tidak akan pernah bisa terkirim kepadanya. Tampilannya pun tidak bisa centang dua, apalagi berwarna biru.

Nomor Penerima Salah: Anda harus memastikan nomor penerima benar, serta memastikan juga bahwa nomor tersebut masih aktif di WhatsApp.

WhatsApp di HP Anda Bermasalah: Yang dimaksud bermasalah di sini adalah karena bug atau semacamnya.

WhatsApp Mengalami Gangguan: Sedangkan untuk gangguan yang dimaksud di sini ialah down secara global. Maksudnya, gangguan langsung dari WhatsAppnya, bukan hanya di perangkat kita saja.

Penyebab masalah WhatsApp tidak bisa kirim pesan yang saya sebutkan di atas tadi, sebagian ada yang berasal dari pengalaman saya pribadi, dan sebagian lainnya berasal dari salah satu halaman resmi WhatsApp, berjudul “Masalah Dalam Menerima dan Mengirim Pesan“.

Masalah penerimaan dan mengirim pesan situs WA

Baca juga: WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto? Ini Cara Mengatasinya (+Penyebab)

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk cara mengatasinya, saya rasa tidak begitu sulit. Karena saya sendiri juga hampir selalu berhasil setiap mengatasi masalah ini, saat tidak bisa mengirim pesan via WhatsApp ke kontak saya.

Langsung saja, berikut caranya:

PS: Sebelumnya, saya ingatkan jangan lupa untuk memberikan WA izin akses ke kontak. Ini penting! Caranya bisa baca di artikel cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak.

1. Restart HP

Restart Ulang HP

Hanya dengan memuat ulang (restart) HP, terkadang bisa membantu mengatasi masalah pada berbagai aplikasi Android. Tak terkecuali aplikasi WhatsApp, khususnya dalam mengatasi masalah ini.

Cara ini bukan tanpa alasan, lho. Di website resmi WhatsApp sendiri juga disebutkan bahwa cara restart HP disarankan ketika pengguna mengalami masalah dalam penerimaan atau pengiriman pesan.

Ada dua cara restart di sini. Yang pertama bisa dilakukan seperti biasa, dan yang kedua dengan melepas baterai juga:

  1. Matikan HP terlebih dahulu.
  2. Lepas baterainya, lalu tunggu beberapa menit.
  3. Masukkan kembali baterai, kemudian nyalakan kembali HP.

Demikian caranya. Setelah itu, bisa coba tes lagi kirim pesan.

2. Pastikan Koneksi Internet Berjalan Lancar

Logo jam WA

Banyak pengguna WA mengeluh karena chat mereka tidak terkirim. Sayangnya, mereka tidak menyadari kalau koneksi internet mereka memang sedang mengalami gangguan.

Walaupun penggunaannya ringan, namun tentu saja Whatsapp tetap membutuhkan koneksi internet yang berjalan cukup baik, agar proses pengiriman pesan bisa berjalan dengan semestinya.

Bagaimana pesan bisa terkirim, jika jaringan internetnya saja tidak ada? Tentu saja pesan akan tertahan di HP kita, sampai koneksi internet hadir kembali.

Cara mengatasinya seperti berikut:

  • Periksa browsing. Kalau loading-nya nggak selesai-selesai, berarti jaringan internetnya memang lagi lemot.
  • Pastikan di jaringan seluler HP tidak terdapat tanda silang, yang menandai tidak adanya sinyal di tempat Anda.
  • Pastikan tidak ada pesan “masuk ke jaringan”
  • Kalau memakai kartu SIM, cek kuota. Barangkali habis tanpa kita sadari.

Hal yang paling umum terjadi pada WA di saat koneksi internet sedang mengalami gangguan, pesan akan menjadi tertunda, serta muncul logo jam di pojok balon chat.

Dengan solusi-solusi tersebut, semoga bisa normal lagi.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Solusi WhatsApp yang Tidak Mau Menerima Gambar (Lengkap).

3. Lakukan Clear Cache dan Data WhatsApp

Clear Cache WA

Menghapus cache dan data WhatsApp, biasanya bisa membantu untuk mengatasi beragam masalah pada WhatsApp yang biasa disebut dengan istilah bug.

Di beberapa artikel tentang cara mengatasi WhatsApp yang error, trik ini selalu saya sarankan. Termasuk dalam masalah pesan WhatsApp yang tidak bisa terkirim, Anda bisa coba pakai cara ini:

  1. Buka Setelan HP Anda.
  2. Kemudian masuk ke Aplikasi.
  3. Di menu aplikasi, geser ke bawah untuk cari WhatsApp.
  4. Kemudian masuk ke menu Penyimpanan.
  5. Klik tombol Hapus Cache dan Hapus Data (kalau tidak ada, cukup hapus data saja).

Yang perlu diingat, cara ini akan membuat akun WhatsApp Anda menjadi keluar (logout). Jadi, jangan lupa cadangkan data-data di akun WhatsApp dan nomor WhatsAppnya harus masih aktif untuk login ulang nanti

Setelah data dihapus, silakan login ulang ke akun WhatsApp Anda, kemudian periksa apakah cara ini sudah efektif atau belum.

4. Update WhatsApp

Update WA

Update WhatsApp itu wajib, lho. Kenapa? Karena pada setiap versi terbaru, WhatsApp selalu memperbarui data-data di dalamnya.

Ini bisa menjadi solusi ketika muncul error pada WhatsApp Anda, dan salah satunya adalah chat yang selalu pending tidak terkirim.

Caranya sama seperti update aplikasi lainnya kok:

  1. Buka Google Playstore.
  2. Kemudian cari WhatsApp.
  3. Jika ada tombol Update, silakan diklik.

Sudah, begitu saja. Simpel bukan?

Bukan hanya bisa memperbaiki error, memperbarui WhatsApp juga akan meningkatkan stabilitas. Jadi nanti WhatsApp akan menjadi semakin ringan.

5. Pastikan Nomor Anda Tidak Diblokir

Indikator Nomor WA diblokir

Seperti yang Anda tahu, WA memiliki fitur blokir kontak. Fungsinya untuk mencegah kontak yang diblokir tersebut menghubungi pengguna yang memblokirnya.

Nah, pada poin ini, pastikan bahwa nomor Anda tidak diblokir oleh orang yang ingin Anda kirimi pesan, ya.

Kenapa?

Karena jika Anda mengirim pesan, sedangkan nomor Anda sendiri sudah diblokir olehnya, maka pesan yang Anda kirim tidak akan pernah tersampaikan ke penerimanya.

Di tampilannya, pesan akan ditandai dengan tanda centang pertama, yang menandakan bahwa pesan berhasil dikirim dari HP Anda.

Namun, pesan tersebut tidak akan mendapat tanda centang kedua, yang menandakan bahwa pesan tersebut tidak tersampaikan ke pihak penema. Karena jika berhasil diterima, maka tanda centang akan berubah menjadi dua buah.

Seperti yang ditulis WhatsApp pada halaman ini.

Untuk cara memastikannya, seperti yang telah tertulis pada gambar di atas, coba cek semua ciri-ciri yang sudah dijelaskan pada gambar tersebut.

Jika semua ciri tersebut dapat Anda temukan, kemungkinan besar nomor Anda memang sudah diblokir.

6. Pastikan Nomor yang Dituju Sudah Benar

Periksa Nomor WA Dituju

Sepele, namun sangat berpengaruh. Ya, salah nomor.

Salah nomor juga bisa menyebabkan kenapa WA Anda suka pending, muncul tanda jam pada balon obrolan, dan tidak bisa terkirim sama sekali.

Penyebabnya adalah karena nomor yang Anda tuju itu bisa jadi belum terdaftar di WA atau memang sudah tidak aktif lagi.

Selain nomor yang belum terdaftar, bisa jadi juga nomor tersebut malah tertuju ke orang lain, namun orang tersebut tidak tahu siapa kita, dan akhirnya mengabaikan pesan kita.

Untuk itu, pastikan nomor yang Anda tuju sudah benar, ya. Jangan sampai typo, lho. Beda satu digit saja akan fatal akibatnya.

Update Tambahan 

Pembahasan di atas, khusus untuk faktor dari aplikasi WA saja. Kalau belum berhasil juga, maka ada kemungkinan WhatsApp sedang mengalami gangguan.

Ini bisa terjadi sesekali, dan biasanya bukan hanya Anda yang mengalami, melainkan satu atau beberapa negara sekaligus.

Misalnya berita dari Kompas, dimana WA sempat down selama beberapa jam.
Untuk ini saya pernah membagikan beberapa trik untuk mengetahui WhatsApp down.

Silakan dibaca, ya.

Penutup

Jika faktor masalah internal sudah diperbaiki, harusnya masalah pesan WA yang susah dikirim bisa jadi normal lagi. Apalagi 6 cara di atas juga sudah terbukti bisa mengatasi masalah ini.

Selain itu, sebenarnya masih ada beberapa cara lain lagi. Misalnya, menghapus WA dulu kemudian memasangnya kembali, atau coba login akun WA Anda di HP lain, juga bisa cek penyebabnya dulu untuk mencari solusi yang lebih tepat.

Jika Anda mengalami error lainnya, Anda bisa menanyakannnya lewat kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like