√ WhatsApp Sedang Down? Begini Cara Mengetahuinya (Akurat)

WhatsApp down memang tidak begitu sering terjadi. Namun begitu hal ini sedang dialami, pasti saja bikin penggunanya kerepotan. Apalagi buat orang-orang yang banyak menggunakan aplikasi ini dalam pekerjaannya.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Di WA juga terdapat berbagai macam fitur menarik.

Namun saat sedang down, banyak pengguna yang mengeluh mengalami beberapa masalah, misalnya kesulitan untuk chatting, hingga tidak bisa menggunakan fitur-fitur tertentu.

Misalnya gangguan pada izin kontak WhatsApp, masalah WA tidak bisa kirim pesan, tidak bisa menerima gambar, dan lain sebagainya.

Masalahnya, ada sebagian pengguna yang belum tahu, apa bedanya WhatsApp yang memang mengalami down, dengan WhatsApp yang hanya error disebabkan karena masalah internal dari HP.

Keduanya memang agak sulit sih untuk dibedakan.

Cara Mengetahui WhatsApp Sedang Gangguan Atau Tidak

Walaupun sulit dibedakan, sebenarnya ada beberapa tips untuk mengetahui WA memang mengalami gangguan secara global (down), atau gangguan karena masalah sistem dari HP kita sendiri.

Di sini saya akan coba membahasnya. Karena saya pikir, penting untuk Anda yang barangkali sering sekali menggunakan WhatsApp.

Berikut pembahasannya:

Jangan lupa baca juga artikel WhatsApp Error. Pembahasan Dari A Sampai Z – Penting!

1. Tanyakan Beberapa Teman Terdekat Anda

Tanya Teman WhatsApp

Ketika WhatsApp error, ada beberapa teman yang menanyakan ke saya tentang masalahnya. Nah, kemudian saya konfirmasi lagi ke teman kontak WhatsApp saya lainnya, dan ternyata ia juga mengalami masalah yang sama.

Di sini bisa disimpulkan, kalau ini termasuk gangguan dari WhatsApp.

Kenapa? Karena kalau gangguan internal itu nggak akan semua orang mengalaminya dalam waktu yang sama dan dalam masalah yang sama.

Misalnya, kita tidak bisa verifikasi nomor, dan kalau ternyata di waktu itu teman kita bisa, berarti masalahnya ada di HP kita sendiri.

Jadi intinya begini. Ketika WA error, coba tanyakan ke beberapa teman WhatsApp Anda, apakah mereka mengalami masalah yang sama atau nggak.

Kalau hanya Anda yang mengalami, berarti kemungkinan masalah terletak pada HP. Sedangkan kalau teman Anda pun mengalaminya, berarti WhatsApp memang sedang dalam kondisi down.

2. Tes Melalui HP yang Berbeda

Tes Beberapa HP Berbeda

Kalau Anda ingin mengkonfirmasinya sendiri, apakah WA memang mengalami gangguan atau tidak, bisa coba tes menggunakan beberapa perangkat HP yang berbeda.

Misalnya, WhatsApp Anda gangguan tidak bisa buat status, nih. Maka, coba gunakan HP lain dan buat status di sana. Dari sini kita bisa tahu jawabannya.

Agar lebih akurat hasilnya, pastikan Anda memenuhi dua hal berikut:

  • HP yang dipakai minimal tiga perangkat atau lebih.
  • Jaringan yang digunakan berbeda provider.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat.

3. Cek Melalui Situs Berita

Cek Situs Berita

Cara inilah yang paling akurat saat ingin mengetahui WA down secara global, yakni dengan memanfaatkan situs berita.

Kalau WhatsApp down sampai viral, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu di tahun ini, maka nggak heran kalau pasti ada sebagian situs berita yang menginfokannya.

Anda bisa mencarinya di Google dengan menuliskan “WhatsApp Down” atau “WhatsApp Gangguan”, maka nanti akan muncul hasil pencariannya.

Namun ada sedikit catatan, cara ini biasanya hanya berlaku ketika gangguannya terjadi secara bersamaan dalam skala nasional atau global.

Selain itu, kalau gangguannya hanya sebentar saja, kemungkinan tidak ada berita yang infokannya, atau bisa juga berita baru muncul di saat WhatsApp sudah kembali normal.

4. Cek Melalui Situs Downdetector.com

Cek Situs Downdetector

Di internet, ada banyak sekali situs yang bisa ditemukan. Namun, tidak semuanya selalu bisa diakses.

Nah, Downdetector inilah yang bisa menganalisa apakah suatu website mengalami gangguan atau tidak. Sehingga, kita bisa mendapatkan informasi melalui situs ini.

Bukan hanya situs saja, lho. Saat ini, Downdetector juga telah menyediakan opsi WhatsApp. Anda bisa melakukan pengecekan memakai cara berikut:

  1. Buka situs Downdetector.com.
  2. Kemudian cari logo WhatsApp.
  3. Pada kolom kanan, Check Status In The Orther Country, pilih Indonesia.
  4. Di sana Anda akan melihat Report WhatsApp gangguan.

Report tersebut berasal dari para pengguna WhatsApp langsung. Anda juga bisa lihat kolom diskusi untuk mengetahui perkembangannya secara langsung.

Berapa Lama WhatsApp Gangguan?

Berapa lama WhatsApp mengalami gangguan tidak bisa diprediksi secara pasti. Tergantu seberapa cepat pihak WhatsApp mengatasi masalah ini.

Kadang hanya dalam hitungan sekian jam, kadang juga ada yang sampai bisa beberapa hari (walaupun sangat jarang terjadi).

Saran saya, jangan terlalu terburu-buru. Terus coba saja pakai fitur yang error dalam jangka beberapa waktu. Kalau sudah bisa, pasti bakal normal lagi, kok.

Atau Anda juga bisa sambil terus menanyakan teman Anda untuk memeriksa apakah sudah optimal kembali atau masih dalam keadaan down.

Gimana Cara Mengatasi Masalah Ketika WhatsApp Sedang Down?

Caranya mengatasinya nyaris tidak ada.

Kalau masalah internal, seperti karena kesalahan sistem atau jaringan, kita masih bisa mengatasinya sendiri. Sedangkan kalau dari WhatsAppnya, yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu.

Sebenarnya ada juga opsi-opsi lain seperti menggunakan VPN. Tapi cara ini tidak selalu berhasil, tergantung dari jenis gangguannya.

Walau begitu, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba.

Akhir Kata

Begitulah cara mengetahui WhatsApp yang sedang down atau gangguan.

Kesimpulannya, ternyata sangat mudah ya untuk mengeceknya. Namun karena masih banyak yang belum tahu, cara ini terasa sangat sulit untuk dilakukan.

Sayangnya, kita tidak bisa berbuat apa-apa jika aplikasi ini bermasalah secara global. Mau bagaimana lagi, itu sudah di luar kemampuan kita.

Tutorial pengecekan yang saya bagikan di sini, merupakan cara yang biasa saya lakukan.

Namun nggak menutup kemungkinan, masih ada cara lain yang mungkin bisa Anda terapkan. Mungkin suatu saat artikel ini akan saya update jika ada informasi lainnya yang lebih akurat.

Kalau ada yang ingin ditanyakan seputar WhatsApp, silakan langsung kirimkan memakai kolom komentar yang tersedia di bawah ini, agar bisa saya jawab nanti.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like