Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung

WiFi sering putus, lalu tersambung kembali. Ini merupakan masalah yang nggak jarang lagi ditemui. Sebab, saya sendiri yang setiap hari menggunakan WiFi, cukup sering mengalami hal ini.

Buat saya, masalah ini lumayan mengganggu sih.

Coba bayangkan. Misalnya sewaktu browsing, chat, atau bahkan main game. Tiba-tiba koneksi internet terputus gara-gara ini. Pasti menyebalkan bukan?

Apalagi kalau WiFi tersebut disconnect berulang kali.

Bagaimana cara melihat password WiFi HP yang Lupa? Bisa banget, kok! Berikut cara mengetahui password WiFi HP Android yang lupa tanpa root.

Penyebab WiFi Suka Disconnect Sendiri, Lalu Tersambung Lagi

Penyebab WiFi sering putus nyambung, kebanyakan disebabkan karena sistem yang rusak (bug), hingga kesalahan dalam pengaturan WiFI.

Lebih lengkapnya, berikut penyebab WIFI suka putus nyambung:

  • Bug sistem.
  • Kesalahan pengaturan WiFi.
  • Efek samping root.
  • Sinyal yang terlalu lemah.
  • Masalah komponen.

Nah, untuk masalah komponen sendiri sebenarnya cukup jarang terjadi. Jadi, kalau Anda ingin mengatasi masalah ini, bisa fokus dulu ke sistem saja.

Cara Mengatasi WiFi Sering Putus Nyambung di HP Android

Karena kebetulan saya sendiri juga kadang mengalami masalah WiFi seperti ini, di sini saya ingin sedikit berbagi mengenai solusi-solusinya.

Solusi yang akan saya bagikan di sini, bisa diterapkan untuk semua merk HP Android. Samsung, ASUS, Xiaomi, OPPO, Vivo, Lenovo, Huawei, dan lain-lain.

Juga cocok untuk WiFi dari router maupun WiFi ID.

Silakan disimak pembahasannya:

1. Restart HP

Restart Ulang HP

Restart HP merupakan solusi yang terkadang bisa membantu mengatasi masalah WiFi sering terputus dan tersambung sendiri.

Kenapa bisa demikian? Seperti yang tertulis di atas tadi, salah satu penyebab masalah ini ialah dikarenakan faktor bug sistem.

Buat yang belum tahu, bug ini kadang-kadang bisa kita hilangkan dengan cara me-restart HP saja.

Sudah tahu kan langkah-langkahnya?

  1. Tekan tombol power beberapa detik.
  2. Ketuk opsi Mulai Ulang atau Restart.
  3. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Kemudian coba tes lagi WiFi-nya.

Tapi sekedar saran saya, bisa juga coba restart dulu HP sebelum sambung ulang WiFi.

2. Atur Fitur Mode Tidur WiFi

Mode Tidur WIFI

Di pengaturan WiFi, terdapat satu fitur yang dinamakan mode tidur. Fitur ini berfungsi untuk menonaktifkan (disconnect) WiFi ketika sedang tidak digunakan, kemudian menyalakannya kembali ketika HP hidup.

Oleh karena itulah direkomendasikan untuk menonaktifkan fitur ini:

  1. Buka Setelan HP Android.
  2. Kemudian buka WiFi, lalu masuk ke Pengaturan WiFi.
  3. Ketuk opsi Biarkan Wi-Fi Nyala Saat Mode Tidur.
  4. Ubah pengaturannya menjadi Selalu.

Selanjutnya, silakan coba sambungkan kembali jaringan WiFi Anda. Nah, setelah itu Anda nggak perlu khawatir lagi koneksinya terputus sendiri.

Ngomong-ngomong, selain WiFi, kalau Anda menggunakan HP sebagai hotspot, jangan lupa juga untuk mengatur pengaturan sejenis:

Batas hotspot

Pengaturan tersebut bisa ditemukan di konfigurasi hotspot yang letaknya bisa Anda cek di Setelan.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung Sama Sekali

3. Cek Pengaturan Energy Saving Router/Modem

Periksa Pengaturan Energy Saving

Mirip dengan sebelumnya, pengaturan energy saving ditujukan untuk meminimalisir penggunaan daya ketika data WiFi sedang dalam keadaan tidak digunakan, meskipun memang ada perangkat yang tersambung.

Ketika itu, maka koneksi WiFi akan otomatis diputus. Kemudian akan otomatis menyala kembali ketika HP mulai menggunakan akses internet lagi.

Jadi, jangan heran kalau WiFi di HP tiba-tiba terputus dan nyambung sendiri. Mungkin pengaturan ini jadi sebabnya.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatasinya:

  1. Langkah pertama, buka Browser.
  2. Kemudian buka halaman admin WiFi. Bisa ketik alamat IP 192.168.1.1, lalu enter.
  3. Kemudian, cari pengaturan Energy Saving.
  4. Ubah pengaturannya menjadi Never atau Off.

Nanti tinggal matikan modem, kemudian nyalakan kembali. Setelah itu bisa langsung sambungkan HP ke WiFi seperti biasa.

Terkait alamat admin WiFi, alamat yang saya berikan di atas adalah yang paling sering dipakai.

Namun, perlu diketahui bahwa alamat IP tersebut berbeda. Misalnya 192.168.0.1 dan lain sebagainya. Silakan sesuaikan dengan modem yang dipakai.

4. Cek Sinyal WiFi Anda

Periksa Sinyal WIFI

Sinyal WiFi sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi. Oleh karena itu, hal ini pun erat kaitannya dengan masalah WiFi yang suka putus nyambung sendiri.

Ketika sinyal WiFi lemah, maka HP memang masih bisa tersambung ke jaringan internet.

Akan tetapi, sesekali mungkin komponen HP tidak bisa menangkap sinyal dengan baik, dan harus mencari ulang jaringan. Alhasil, WiFi jadi suka terputus sendiri.

Karena itulah direkomendasikan untuk mengecek kualitas sinyal router yang Anda pakai. Ikuti beberapa tips berikut:

  • Pastikan sinyal WiFi bagus, setidaknya ada 3 bar. Tentu semakin tinggi semakin baik.
  • Simpan router atau modem di tempat yang terbuka dan tidak terhalang tembok. Pengalaman saya, ini bisa mengakibatkan sinyal WiFi lebih buruk.
  • Solusi mudah lainnya, bisa juga coba dekatkan HP ke router. Maka otomatis sinyal akan menjadi lebih kuat.

Oh ya, WiFi suka putus sendiri adalah salah satu tanda gangguan koneksi yang tidak merespon. Anda bisa coba tes browsing atau buka aplikasi YouTube untuk mengeceknya.

Baca juga: WiFi tersambung, tapi tidak bisa browsing dan malah muncul pesan autentifikasi? Baca Cara Mengatasi Autentifikasi WIFI

5.  Unroot HP Anda

Unroot Android Solusi WIFI Disconnect

HP yang berada dalam keadaan root, bisa mengakibatkan sistem menjadi tidak stabil, dan cenderung bisa memicu munculnya bug tertentu. Terutama jika penggunanya belum begitu paham cara mengoptimalisasinya.

Oleh karena itu, root ini saya sebutkan sebagai salah satu penyebab dari masalah WiFi yang suka putus nyambung di awal tadi.

Untuk poin ini, saya sarankan Anda untuk coba melakukan unroot. Sedangkan mengenai caranya, Anda bisa coba gunakan aplikasi seperti:

  • KingRoot.
  • SuperSU.
  • Magisk.
  • Dan lain-lain.

Sebenarnya, cara unroot pernah saya bahas di salah satu artikel situs ini. Anda bisa cari menggunaakn kolom search, dengan kata kunci “Cara Unroot“.

Atau, bisa juga coba Googling sesuai tipe HP yang Anda pakai.

6. Reset HP Kalau Belum Bisa

Reset HP Android WIFI Error

Kalau belum bisa, masih dalam lingkup kemungkinan sistem bermasalah, dan berpengaruh ke WiFi. Hanya saja, kita nggak tahu penyebab pastinya dari mana.

Hal ini sebenarnya nggak susah untuk diatasi. Anda bisa coba melakukan factory reset sebagai solusinya. Biasanya cukup efektif untuk membuat WiFi HP jadi normal lagi.

Yang pertama harus Anda lakukan ialah menyimpan terlebih dahulu data-data penting yang ada di HP, supaya nggak hilang setelah proses reset dilakukan.

Sedangkan reset-nya bisa ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Setelan HP.
  2. Masuk ke Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Ketuk opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Lalu ikuti panduan reset yang tertera selanjutnya.

Setelah selesai di-reset, maka HP Anda harus diatur ulang, termasuk pengaturan awal WiFi pun ada. Nah, sekalian saja tes lagi WiFi-nya, apakah sudah normal atau belum.

7. Reset Router

Ini sebagai langkah tambahan. Kalau sampai reset HP belum bisa, ada juga kemungkinan masalahnya dari router.

Hampir semua router sekarang sudah bisa kita reset. WiFi IndiHome atau modem MIFI misalnya.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka halaman Admin WiFi (192.168.1.1)
  2. Cari dan buka pengaturan Modem
  3. Cari opsi Restore to Defaults
  4. Restart modem

Sekarang coba tes lagi WiFinya.

Akhir Kata

Masalah WiFi suka disconnect sendiri, kemudian tersambung lagi, seharusnya sudah bisa teratasi dengan 7 cara di atas. Sebab, saya sendiri pun sudah mencobanya dan terbukti berhasil.

Langkah-langkahnya sendiri sudah saya buat urut. Namun kalau mau coba salah satunya pun sah-sah saja. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Ngomong-ngomong, kalau masih belum berhasil atau ada masalah lain, coba deh tanyakan lewat kotak komentar di bawah. Barangkali saya bisa bantu.

Semoga berhasil.

1 Shares:
8 comments
  1. Saya mau bertanya… soal kendala putus sinyal horspot.

    Sy menggunakan komputer PC dan untuk ber-internet sy menggunakan hotspot dr hp android dengan menggunakan paket data 1m3

    Masalahnya selalu putus sinyal hotspot.. padahal setting di hp selalu "menyala" dan paket data masih banyak. Herannya klo meminta hotspot dari orang lain dengan paket data yg sama yaitu im3 sinyal wifi-nya selalu on…

    Mohon solusi.

  2. Berarti intinya WIFI sumber dari HP lain normal ya mas? Sedangkan dari HP sendiri nggak bisa?

    Sebenarnya bukan masalah paket Datanya, biasanya masalah HP, Setting, atau Driver dari Komputernya.

    Ada pengaturan khusus dari perangkat adapter yang harus disetting? Coba di cek-cek dulu hehe..

    Kebetulan saya juga setiap hari pakai PC + WIFI dari HP dan MIFI

  3. Saya ada dua device HP Oppo dan Sony Xperia,di Oppp saya wifi aman tanpa putus nyambung, tapi di sony terkadang suka putus nyambung sendiri. Tolong solusinya. Terima kasih

  4. Kak,kalo cara pengaturan energy saving router gmna kak.

    Temen aku juga kluar dari wifi,tapi dia udah dilog in sendiri,dan gak mau kasih tau caranya gimana.
    Aku gk bisa kak

  5. Kak, mau tanya, kalo wifi nya tiba tiba ilang sendiri tuh gmna ya? Biasanya di ruang tamu di kamar juga bisa, trus tiba tiba suka ilang sendiri jaringannya, udh aku coba lupakan jaringan,matiin hp, mode pesawat, tapi susah, padahal hp yg lainnya bisa bisa aja, saya pake Oppo, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like