Bisakah Cek Resi JNE dengan Nama? Ketahui di Sini

Mengecek Resi JNE Memakai Nama

Zaman sekarang, orang-orang sudah semakin nyaman dalam berbelanja online. Bahkan nggak sedikit juga yang sudah jadi hobi, lho.

Alasannya macam-macam. Kalau saya sih, salah satu alasannya karena murah, serta bisa mendapatkan barang yang terbilang sulit jika dicari secara offline.

Jarak yang jauh bukan lagi masalah. Karena ketika kita belanja online, maka barang yang kita pesan bisa dikirim dengan mudah lewat jasa pengiriman, seperti JNE misalnya.

JNE Sebagai Jasa Pengiriman Paket

Yup, JNE merupakan salah satu jasa pengiriman yang paling populer.

Lama proses pengiriman JNE sendiri bervariasi. Namun rata-rata sih hanya butuh waktu 1 sampai 3 hari saja.

Kita juga nggak perlu khawatir tentang paketnya, karena JNE telah menyediakan fitur cek resi. Dengan demikian, kita bisa melacak lokasi terkini dari paket yang dinanti.

Buat yang belum tahu, resi ini adalah sebuah nomor unik yang bisa kita gunakan untuk melacak serta memuat data paket, seperti:

  • Nama penerima.
  • Alamat penerima.
  • Nama pengirim.
  • Nomor telepon (penerima atau pengirim).
  • Dan lain-lain.

Wah, penting juga ya ternyata fungsi resi itu?

Bicara soal resi dan pelacakan paket, di sini ada sedikit pertanyaan, nih. Bisa nggak ya kira-kira kita mengecek resi JNE menggunakan nama?

Saya yang kebetulan cukup sering menggunakan ekspedisi ini, tentu merasa tertarik dengan pertanyaan tadi.

Yuk, kita bahas sama-sama.

Bisakah Cek Resi JNE dengan Nama?

Meski terdengar menarik, sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan.

Mengapa demikian? Alasannya begini. Nama itu bukanlah suatu unsur yang bersifat unik. Bukankah tidak sedikit orang yang memiliki nama serupa antara satu sama lain?

Jadi, bisa dibayangkan. Misalnya saya melacak posisi paket saya menggunakan nama. Tanpa disengaja, ternyata ada orang lain juga yang kebetulan namanya sama dengan saya.

Lantas apa yang akan terjadi? Mungkin sistem akan error, paket yang dilacak salah, lokasi tidak akurat, atau bahkan tertera banyak paket sekaligus dengan nama yang sama.

Beda halnya dengan nomor resi. Resi sudah didesain agar bersifat unik, di mana setiap paketnya memiliki kombinasi nomor yang berbeda.

Dengan begitu, resiko paket tertukar atau error dalam pelacakan sangat kecil kemungkinannya terjadi, kecuali kalau memang ada kesalahan input.

Baca Juga: Status Pengiriman JNE Super Lengkap. Nggak perlu bingung lagi deh waktu cek resi JNE.

Selain Resi, Adakah Alternatif Lain?

Cek-Resi-JNE-Dengan-Nama-2019

Pada dasarnya, resi merupakan nomor unik yang menjadi standar untuk dipakai dalam melacak posisi paket kita.

Namun perlu diketahui, pelacakan paket juga ternyata bisa kita lakukan dengan metode lain, lho.

Contohnya seperti yang sempat saya bahas di artikel “Cara Cek Resi JNE yang Error“, yaitu:

#1. Melalui Facebook JNE

Ketika saya ingin mengecek posisi paket, kadang saya juga menghubungi pihak JNE melalui Facebook. Karena langsung dari stafnya, maka data posisi yang didapat biasanya jauh lebih akurat dan update.

Caranya begini:

  1. Silakan buka Facebook Anda.
  2. Kemudian cari dan buka halaman resmi (fanspage) JNE.
  3. Di halaman tersebut, Anda bisa mengirim pesan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait paket Anda.
  4. Dengan begitu, pihak JNE akan langsung membantu.

Biasanya memang harus pakai resi. Tapi kalau Anda memiliki kendala terkait resinya, coba kirim dulu pesan berisi alamat, nama penerima, nama pengirim, dan ciri-ciri paket lainnya. Barangkali mereka bisa bantu.

#2. Melalui Call Center JNE

JNE juga punya call center. Hal ini tentu saja akan berguna ketika kita perlu mengetahui suatu informasi, atau bahkan mengadukan suatu masalah yang dialami.

Nah, Anda bisa juga coba menghubungi call center ini, untuk mendapatkan informasi paket Anda.

Nomornya (021) 29278888. Jangan lupa siapkan pulsa juga, karena layanan ini berbayar 1.500 rupiah per menitnya.

Sudah Tahu Belum? Ini Arti Received at Warehouse JNE.

Saya Ingin Komplain JNE, Resi Saya Error, Bagaimana Caranya?

Kenapa sih Anda mencari cara cek resi JNE dengan nama? Apa karena kode resi yang Anda dapatkan bermasalah akibat salah input?

Jika iya, sebenarnya kita bisa komplain ke pihak JNE terkait hal ini, lho. Misalnya, untuk mendapatkan perbaikan nomor resi.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda meminta terlebih dahulu kepada pihak pengirim/penjual, untuk mengecek dan mengirimkan ulang resi dari paket Anda kembali. Siapa tahu memang salah di pihak pengirim, kan?

Nah, tapi kalau memang error dari sistem JNE, maka Anda bisa komplain melalui sosial media atau call center, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Ceritakan saja masalah yang Anda alami.

Lebih lengkapnya, Anda bisa membacanya di artikel “Cara Komplain JNE yang Bermasalah”. Silakan cari artikelnya, karena di sana sudah saya bahas secara lebih detail dan lengkap.

Akhir Kata

Hal yang paling ditunggu-tunggu saat membeli barang secara online memanglah paketnya.

Makanya nggak heran kalau banyak orang yang selalu update, ketika mengecek posisi paketnya. Apalagi kalau barangnya mahal.

Padahal, asalkan data yang tertulis di paket lengkap (utamanya alamat), dari pengalaman saya dari dulu sampai sekarang, paket pasti sampai, kok.

Jadi, sebenarnya nggak perlu terburu-buru.

Terlepas dari hal tersebut, semoga saja pembahasan tentang pertanyaan cek resi JNE dengan nama ini bisa memperjelas, ya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like