Cara Membuat Headset Jadi Mic di Komputer

Cara Membuat Headset Menjadi Mic di Windows

Dulu, fungsi mic pada headset memang tidak begitu diperhatikan, karena memang jarang sekali dipakai. Mentok, paling hanya untuk sebatas telfonan saja.

Namun lain lagi dengan saat ini. Fungsi mic rasaya sudah menjadi sangat dibutuhkan untuk banyak keperluan. Mulai dari sebatas hiburan, hingga tuntatan pekerjaan.

Contoh paling mudah ialah untuk menunjang keperluan bermain game online menggunakan mic, agar bisa berkomunikasi antar teman dalam sebuah tim.

Mengubah Headset Jadi Mic, Apa Bisa?

Pada dasarnya, harga mic atau headset dengan mic sendiri dibanderol dengan harga yang bervariasi. Jadi, jika Anda ingin mencari yang murah sekalipun, sebenarnya mudah-mudah saja.

Tapi tahukah Anda? Anda juga bisa membuat headset tanpa mic jadi sebuah mic, lho. Ya, seperti yang ingin saya bahas di sini.

Untuk menjadikan headset sebagai mic ini bukanlah suatu hal yang baru. Hal ini sudah cukup sering dibahas di website-website teknologi, baik dalam maupun luar negeri.

Bahkan saya sendiri kalau tidak sudah mengetahuinya sejak tahun 2012 lalu, atau mungkin malah lebih lama lagi dari itu.

Selain itu, trik ini juga bisa digunakan untuk semua komputer dan laptop, baik itu yang menggunakan versi OS Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Oke, langsung saja kita bahas caranya, yuk!

Baca Juga: Cara Mengatasi Tanda Silang Merah Audio Windows.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Contoh Earphone

Sebelum mulai, tentunya Anda harus menyiapkan apa-apa yang dibutuhkan terlebih dahulu, bukan?

Sebenarnya kita nggak perlu perlengkapan yang aneh-aneh kok di sini. Cukup siapkan sebuah headset atau earphone saja. Bisa menggunakan yang biasa dipakai untuk HP.

Kalau belum punya, bisa beli dulu di toko aksesoris gadget atau konter HP. Nggak perlu beli yang mahal. Paling terjangkau mungkin sekitar 10 ribu sampai 20 ribuan.

Baca Juga: Cara Merekam Suara di Windows 10.

Cara Mengubah Headset Jadi Mic

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengubah headset menjadi mic:

Langkah 1. Pertama, silakan sambungkan terlebih dahulu mic yang tadi sudah disiapkan ke port mic yang ada di PC atau laptop Anda.

  • Untuk laptop, biasanya ada 2 port, nih. Satu port untuk headset dan satu lagi untuk mic. Pilihlah port yang ditandai dengan logo mic. Tapi kalau tidak ada, cukup coba sambungkan ke port yang berwarna merah.
Jac Mic LAPTOP
  • Nah, tadi itu kan baru untuk laptop. Sedangkan untuk PC, biasanya terdapat 3 port. Tapi nggak usah ribet, coba sambungkan ke port yang berwarna merah saja.
Jack MIC PC

Langkah 2: Setelah disambung, lanjut pergi ke Control Panel > Hardware And Sounds > Sounds.

Selanjutnya, silakan geser ke bawah. Jika headset sudah tersambung dengan benar, maka seharusnya akan terbaca sebuah mic di jendela tersebut. Seperti ini contohnya:

Mic Headset HP di PC

Selain itu, ingat juga bahwa mic tersebut harus menampilkan tanda centang hijau (lihat pada gambar di atas). Tanda ini menunjukan bahwa mic sudah siap digunakan.

Langkah 3. Sekarang, kita lanjut untuk mengaturnya.

Pertama, pergi dulu ke tab Recording, kemudian klik kanan pada Microphone, lalu klik Properties.

Properties setting mic

Selanjutnya, klik tab Listen, kemudian centang Listen to This Device.

Setting Listen To this device

Di tempat yang sama, selanjutnya pergi ke tab Levels. Atur pengaturan Microphone dan Microphone Boost hingga maksimal. Tujuannya supaya suara Anda bisa lebih mudah terdeteksi dan terdengar:

Setting microphone

Setelah itu, klik Apply, lalu Klik OK.

Silakan tutup semua jendela tadi, dan tes bicara atau tiup headset Anda. Kalau pengaturannya sudah benar, maka seharusnya headset tersebut sudah berubah menjadi mic.

Baca Juga: Cara Mengatasi No Audio Output Device is Installed.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi tentang trik cara menjadikan headset sebagai mic di PC atau laptop.

Untuk kualitas suara yang dihasilkan sendiri, menurut saya sih tidak buruk. Akan tetapi, terus terang memang masih kalah dibanding dengan headset yang sudah satu set dengan mic.

Meski demikian, trik ini tetap bisa menjadi solusi alternatif. Jika Anda belum ada dana untuk membeli headset yang dilengkapi mic, maka gunakanlah cara ini.

Selanjutnya, agar penangkapan suara menjadi lebih lancar, saya sarankan untuk melepaskan earbud pada headset, supaya suara jadi tidak teredam.

Atau kalau bisa, gunakan langsung saja headset yang modelnya memang tidak menggunakan earbud. Sebab, headset semacam ini bisa menghantarkan suara Anda dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like