Cara Mengatasi Start Menu Hilang di Windows

Cara Mengatasi Start Menu Windows Hilang

Cara Mengatasi Start Menu atau Taskbar Hilang di Semua Versi Windows – Start menu dan taskbar, merupakan salah satu fitur penting dari Windows yang sudah ada sejak zaman Windows lama.

Para pengguna Windows juga kebanyakan sudah terlanjur ‘menyukai’ fitur ini. Terbukti, saat perilisan Windows 8 yang taskbar-nya sempat hilang, banyak pengguna protes agar fitur ini dikembalikan.

Taskbar maupun Start menu sendiri memiliki fungsi utama sebagai navigasi, guna mempermudah penggunaan Windows, seperti dalam mencari shortcut aplikasi, hingga mencari fitur tertentu pada Windows.

Start Menu dan Taskbar Hilang

Tahukah Anda? Taskbar sejatinya erat sekali kaitannya dengan Windows Explorer, lho. Bahkan bisa dibilang sudah satu paket.

Hal ini dibuktikan dengan keterkaitan antar masalah yang bisa terjadi. Seperti pada salah satu artikel yang pernah saya buat misalnya, yaitu “Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working“.

Di artikel tersebut, saya membahas penyebab serta kerusakan yang dapat terjadi akibat Windows Explorer yang mengalami force close.

Nah, salah satu akibat yang dapat terjadi karena kerusakan tersebut, adalah taskbar menghilang.

Masalah ini sudah pasti merepotkan bukan? Kita yang biasanya menggunakannya, jadi harus membuka aplikasi tertentu secara manual, sehingga tentunya bakal memakan waktu lebih lama.

Start menu atau taskbar yang hilang ini juga kadang bisa terjadi ketika Windows baru startup. Biasanya ditandai dengan icon Windows yang tidak tampil, dan Windows hanya menampilkan background polos saja.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kursor Windows yang Hilang (Balik Lagi).

Cara Mengatasi Start Menu atau Taskbar Tidak Muncul

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas cara mengatasi taskbar atau Start menu yang hilang tersebut, supaya balik lagi seperti semula dan normal kembali fungsinya.

Berdasarkan pengalaman saya, solusi ini harusnya sih work, karena saya sendiri sering menggunakannya.

Nah, langsung saja, berikut ini caranya:

1. Cara Mengatasi Start Menu atau Taskbar yang Hilang, Melalui Task Manager

Cara berikut ini, adalah cara untuk menampilkan explorer.exe yang hilang karena memang tidak berjalan. Maka kita harus menjalankannya kembali melalui Task Manager.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Langkah 1. Silakan buka Task Manager terlebih dahulu. Caranya, bisa dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.
  • Langkah 2. Setelah Task Manager sudah terbuka, klik File, lalu klik Run New Task.
Task manager
  • Langkah 3. Ketikkan “explorer.exe” pada kolom yang tersedia, kemudian klik OK jika sudah.
Explorer.exe

Beres deh. Dengan begitu, taskbar atau Start menu di komputer Anda yang hilang sebelumnya, kini telah muncul kembali.

Kalau di poin nomor 3 explorer.exe tidak terbuka, Anda bisa mencarinya secara manual melalui C:Windows, lalu buka explorer.exe di sana.

2. Cara Mengatasi Start Menu atau Taskbar yang Hilang, Melalui Control Panel

Selain seperti pada kondisi pertama tadi, kadang masalah taskbar atau Start menu yang hilang juga bisa terjadi akibat salah pengaturan, sehingga fitur ini tersembunyikan dan tidak ditampilkan.

Nah, untuk mengatasinya, kita bisa menonaktifkan opsi autohide pada pengaturan taskbar melalui Control Panel, sehingga taskbar yang hilang akan ditampilkan lagi.

Seperti ini caranya:

  • Langkah 1. Silakan buka Control Panel terlebih dahulu.
  • Langkah 2. Di Control Panel, silakan lanjut masuk ke Appearance and Personalization.
  • Langkah 3. Lalu masuk ke menu Taskbar and Navigation.
start menu rusak
  • Langkah 4. Di sini, Anda akan melihat beberapa opsi pengaturan. Silakan hilangkan centang pada opsi Autohide Taskbar, juga pastikan Taskbar Location memilih opsi Bottom.

Beres deh. Taskbar dan Start menu di komputer Anda sudah tampil lagi, bukan?

Baca Juga: Cara Mengatasi Start Menu Tidak Bisa Diklik.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial singkat tentang cara mengatasi taskbar atau Start menu yang tidak muncul.

Tutorial ini sebenarnya saya buat sebagai pelengkap artikel sebelumnya saja (yang saya bagikan di atas tadi). Karena kebetulan, saya hanya membahas tips-tips pencegahan, bukan cara mengatasinya.

Nah, semoga saja dengan tutorial ini, masalah Start menu dan taskbar hilang yang Anda alami, bisa dinormalkan kembali seperti sedia kala lagi.

Jika Anda masih punya pertanyaan-pertanyaan terkait masalah ini, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah nanti.

Semoga bermanfaat.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like