Ini Dia Pengertian Ebook, Fungsi Dan Cara Buatnya (Lengkap!)

Pengertian Ebook – Siapa yang nggak tahu jenis buku digital ini? Hampir semua orang, terutama dari kalangan pelajar, mahasiswa dan dosen, menggunakan E-book sebagai referensi untuk keperluan mereka.

Dan alasan kebanyakan orang mulai beralih ke buku digital ini pun bermacam-macam.
Namun kebanyakan karena lebih praktis, serta lebih mudah dibaca
dimana-mana.

Ebook juga sekarang mudah sekali ditemukan. Dan bahkan toko-toko buku offline juga mulai menjual buku mereka dalam bentuk digital.

Apa itu Ebook

Tapi.. bukan itu yang ingin saya bahas. Disini saya ingin membuat sedikit pembahasan tentang Ebook. Dari pengertian, jenis, fungsi dan formatnya.

Tujuannya?

Untuk sharing ke Anda, yang barangkali punya tugas, atau sekedar penasaran soal E-book ini. Karena pembahasan seperti ini masih tidak banyak.

Langsung saja :

Pengertian Ebook

Ebook merupakan singkatan dari electronik book, yang kalau diterjemahkan artinya buku elektronik. Berbeda dengan buku fisik, Ebook bisa kita buka dimanapun, asalkan kita memiliki perangkat gadget seperti HP, Tablet, Laptop atau Komputer.

Dan untuk membukanya, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang namanya reader. Aplikasi ini berfungsi untuk membuka jenis-jenis format Ebook yang akan saya bahas nanti.

Oh iya, secara garis besar, baik itu buku fisik maupun digital dari sisi isi sebenarnya sama. Bedanya, kalau buku fisik berasal dari lembaran kertas, kalau Ebook berasal dari kumpulan data yang telah dibuat sebelumnya.

Fungsi Ebook

Fungsinya sebenarnya sama saja seperti buku biasa. Yakni untuk sarana atau media pembelajaran atau hiburan.

Hampir semua orang bisa membuat Ebook sendiri, dan isi yang kita dapat juga akan memiliki banyak sudut pandang berbeda. Kelebihannya disini kita bisa mendapat ilmu baru, yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Oh ya, bukan hanya orang lain, Anda juga tentu saja bisa membuatnya sendiri. Saya sendiri juga pernah membuat Ebook beberapa kali, walau hanya sekedar untuk mencoba 😃

Sejarah Ebook

Kapan Ebook ada
Sebenarnya, para penulis selama satu abad terakhir telah memikirkan ide tentang Ebook (Jadi sudah lama sekali).
Nah, tapi baru pada tahun 1971, project gutenberg membuat Ebook, seperti yang biasa kita lihat sekarang. 
Dulu orang-orang baru bisa membaca Ebook ketika perangkat Ebook Reader mudah ditemukan.

Tapi seperti yang diketahui, dengan perkembangan teknologi sekarang Ebook sudah mudah kita buka di perangkat-perangkat terbaru saat ini.

Cara Pembuatan Ebook

Pada dasarnya baik Ebook maupun buku fisik punya tatacara pembuatan yang sama. Apalagi penulis sekarang juga sudah banyak yang membuat buku mereka melalui Laptop.
Dan untuk pembuatannya, kita membutuhkan sebuah software tertentu untuk mengetik. Misalnya seperti Microsoft Office Word.
Disini kita akan membuat terlebih dahulu Ebook. Mulai dari isi, dan elemen pendukungnya secara lengkap.
Setelah itu kita tidak mencetaknya, melainkan menyimpannya kedalam format tertentu, yang nantinya bisa dibuka di Aplikasi reader.
Jika PC atau Laptop Anda sudah memiliki Office, Anda bisa melihat contoh cara menyimpan format dokumen menjadi Ebook di artikel berikut ini.

Jenis Format Ebook

Setiap file digital, selalu memiliki format atau ekstensi tersendiri. Termasuk Ebook. Sebagai tambahan, disini saya juga ingin membahas hal ini :

PDF : Singkatan dari Portable Document Format yang dibuat oleh Adobe, untuk produk aplikasi Acrobat. Ebook jenis ini sangat umum kita temukan, dan rata-rata dosen atau guru, juga ketika memberikan Ebook biasanya formatnya PDF.

Text : Format .txt atau teks, sebenarnya jarang ditemukan. Namun masih ada sebagian orang yang membuat Ebook jenis ini, terutama jika isinya simpel dan tidak membutuhkan elemen tambahan seperti gambar atau sejenisnya.

JPEG : File ini adalah file gambar. Mungkin Anda baru terpikir, bagaimana bisa file gambar jadi Ebook? Nah, ini bisa. Dan biasanya, format ini adalah hasil pengubahan dari format tertentu seperti PDF. Contohnya bisa Anda baca di cara mengubah PDF ke JPG.

Lit : Format ini ditujukan untuk Microsoft Reader, dan sudah mendukung varian elemen tambahan seperti pada umumnya (Misalnya gambar). Format ini terkenal dengan fontnya yang enak dilihat dan mudah dibaca.

Docx : Docx adalah format khusus untuk aplikasi Microsoft Word. Well, sebenarnya ini bisa dikatakan Ebook, bisa juga tidak. Namun tidak sedikit orang-orang yang menjadikan format ini untuk Ebook mereka.

iBook : iBook umumnya bisa kita temukan di produk Apple (Seperti iOS). iBook secara garis besar sudah mendukung banyak elemen tambahan didalamnya, dimana kita juga bisa menambahkan video.

HTML : HTML adalah jenis bahasa program dasar yang umum ditemukan di Internet. Untuk Ebook jenis ini, biasanya isi didalamnya adalah sebuah informasi, entah itu berisi tulisan panjang ataupun pendek.

Itu hanya sebagian saja dan yang umum saja. Untuk lengkapnya, bisa baca di salah satu artikel Wikipedia.

Tujuan Ebook

Tujuan Ebook
Tujuan Ebook sama saja seperti buku pada umumnya, yakni sebagai media informasi, terutama untuk mereka yang sudah familiar dengan teknologi. Berikut sedikit pembahasannya :
Media belajar : Untuk mereka yang masih pelajar atau mahasiswa, bisa mendapatkan informasi tentang bidang yang mereka pelajari melalui Ebook.
Media bisnis : Untuk orang-orang kalangan bisnis, Ebook juga bisa dibuat sebagai media informasi produk yang mereka jual. Apalagi pembuatannya juga mudah, dan tidak memerlukan banyak biaya (Bahkan gratis).
Media promosi : Sama seperti sebelumnya, namun disini konteksnya lebih luas. Bisa sebagai promosi tempat / sekolah dan lain-lain.
Media ide baru : Kalau punya ide menarik tapi bingung harus ditulis dimana, Ebook bisa menjadi salah satu media yang bisa digunakan, karena Anda bebas menuliskan apapun.
Media menyimpan data : Data-data yang telah Anda kumpulkan sebelumnya, bisa disimpan juga kedalam format Ebook. Terutama jika sebagian besar berisi tulisan dan gambar.
Dan masih banyak lagi..

Penutup…

Demikian sedikit informasi tentang pengertian Ebook. Pembahasan ini saya buat selengkap mungkin untuk menambah pengetahuan bagi Anda yang barangkali ingin tahu.
Artikel ini juga mungkin bisa dijadikan referensi, jika Anda ingin menulis hal yang sama di website yang Anda miliki.
Dan jika ada tambahan yang kira-kira perlu, kirimkan saja saran Anda melalui form komentar yang tersedia dibawah.
Semoga bermanfaat.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like